Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Android pada Sistem Operasi

Moh Rofii, Muchamad Arif

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengambangkan media pembelajaran e-modul berbasis android pada materi sistem operasi (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran e-modul berbasis android pada sistem operasi. Meetode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas X jurusan TKJ SMK ASSUBKY, Aplikasi e-modul ini telah di uji cobakan kepada ahli materi, ahli media, dan siswa. pada media pembelajaran yang telah dibuat oleh peneliti. Hasil uji coba yang dilakukan peneliti terhadap beberapa ahli materi dan media. Berikut hasil uji coba ahli materi 1 mendapatkan 90%, ahli materi 2 mendapakan 80% total keseluruhan ahli materi 1 dan 2 mendapatkan 89% ahli media 1 mendapatkan 77,5%, ahli media 2 mendapatkan 87,5% total keseluruhan ahli media 1 dan 2 mendapatkan 89%, uji coba perorangan 84% uji coba kelompok kecil 80%, dan kelompok besar 84%. berdasarkan hasil presentase yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi e-modul memperoleh kualifikasi tinggi sehingga media pembelajaran ini layak digunakan.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (Revisi). PT RajaGrafindo Persada. www.rajagrafindo.co.id

Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 24. https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i1.868

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25. https://doi.org/10.24127/jpf.v5i1.741

Najuah, Lukitoyo, S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik Prosedur Penyusunan Dan Aplikasi. Yayasan Kita Menulis.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Rahmadhani, S., Efronia, Y., & Tasrif, E. (2021). Penggunaan E-modul Di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. 1(1).

Ramansyah, W. (2018). Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran. Pondok Pesantren Jagad Alimussirry (Anggota IKAPI).

Setyosari, P. (2020). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. KENCANA. www.prenadamedia.com

Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-modul Mata Kuliah StrategiI Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14 No 2, 221–230.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). ALFABETA.

Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021

Wulandari, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis android di SMA Negeri 3 Ngabang. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 9(1), 21. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1296


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457