Pengembangan Website Sekolah dengan Fitur Kegiatan P5 di SMPN 1 Modung
Abstract
Website merupakan salah satu media penyebaran informasi dan publikasi yang sederhana dapat diakses kapan pun dan dimana pun, berdasarkan wilayah geografis yang dapat berguna oleh sekolah yang mempunyai data akurat yang berkaitan dengan agenda, profil sekolah, dan identitas semua pihak yang terlibat proyek sekolah, galeri foto, dan kegiatan lainnya. SMPN 1 Modung merupakan salah satu sekolah yang belum memiliki website sekolah serta masih kurangnya media penyampaian informasi dan masih perlu berinteraksi serta bersosialisasi kepada masyarakat luas kemudian perlu adanya fitur kegiatan P5 pada website sekolah yang akan dikembangkan agar semua data terkait kegiatan P5 bisa terstruktur. Pengembangan website sekolah dengan fitur kegiatan P5 dapat menjadi rekomendasi dalam mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan model penelitian waterfall dengan 5 tahapan, yaitu analisis kebutuhan sistem, desain sistem, implementasi, pengujian sistem, serta pengoperasian dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini adalah website sekolah dengan fitur kegiatan P5. Selain itu, website ini juga memenuhi empat aspek kualitas sistem dari ISO 25010. Kualitas sistem pada penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) aspek functional suitability sistem ini dinyatakan “sangat baik” dengan persentase yang didapatkan dari ahli sistem sebesar 100%. 2) aspek portability sistem ini dapat beradaptasi dengan perangkat yang berbeda dan mendapatkan persentase sebesar 100% dari ahli sistem. 3) aspek performance efficiency memiliki hasil berupa rata-rata kecepatan yakni 3.286s yang dinyatakan “baik”, serta pada page speed mendapatkan persentase 69.6% dengan grade B dan pengujian YSlow sebesar 90.8% dengan grade A. 4) aspek usability sistem ini memperoleh persentase sebesar 90% setelah dilakukan uji coba pengguna yang dinyatakan “sangat layak”.
Full Text:
PDFReferences
Feladi, V., & Marlianto, F. (2023). Pengembangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web Di Sma Wisuda Pontianak. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 11(1), 61–67. https://doi.org/10.31294/jki.v11i1.14618
Lathif, M. A., & Suprapto, N. (2023). Analisis Persiapan Guru dalam Mempersiapkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JUPE2: Jurnal Pendidikan & Pengajaran, 1(2), 271–279. Retrieved from https://stikesbanyuwangi.ac.id/jurnal/index.php/JUPE2/article/view/169
Rapiyanta, P. T. (2020). Sistem Informasi Sekolah Berbasis Android sebagai Media Sosialisasi dan Promosi di TK Rumahku Tumbuh. Seminar Nasional Informatika 2020 (SEMNASIF 2020), 1(1), 247–257.
Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, (November), 1–5.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Education and Informatics Research
Pendidikan Informatika
Universitas Trunojoyo Madura
Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162
jedumatic@trunojoyo.ac.id
Tlp. 085226190457