Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Pendekatan Etnomatematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VII SMPN 3 Kamal

Kanzun Bahumatra, Muchamad Arif

Abstract


Penelitian ini membahas keterbatasan metode pengajaran tradisional berbasis ceramah dan fasilitas pembelajaran yang kurang lengkap di sekolah. Tujuannya adalah untuk mengembangkan dan menilai kelayakan media pembelajaran berbasis android untuk siswa kelas VII di SMPN 3 Kamal. Penelitian ini mengikuti model pengembangan ADDIE, yang melibatkan tahap-tahap seperti Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, serta menggunakan tekni k analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Motivasi di balik penelitian ini bermula dari kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam memahami materi yang disajikan melalui metode tradisional, yang menyoroti kebutuhan akan alat dan media pembelajaran yang inovatif. Dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis android, diharapkan siswa memiliki pengalaman belajar yang lebih baik dan lebih mampu memahami materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ahli materi 1 memperoleh skor 92% dan ahli materi 2 sebesar 99%, keduanya dengan kategori “sangat layak dan tidak perlu direvisi”, (2) ahli media 1 memperoleh skor 95% dan ahli media 2 sebesar 98% keduanya dengan kategori “sangat layak dan tidak perlu direvisi”, (3) uji coba perorangan pada siswa memperoleh skor 97% (sangat positif), uji coba kelompok kecil 96% (sangat positif), uji coba kelompok besar 98% (sangat positif). Dengan demikian, media pembelajaran Etnomatematika Bangun Ruang berbasis android ini “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran pada materi bangun ruang untuk kelas VII SPMN 3 Kamal dan memperoleh respon siswa yang dikategorikan “sangat positif”.

Full Text:

PDF

References


Dewi, S. I. K., & Wiryanto. (2022). Pengmbangan Media Arlogy Berbasis Etnomatika Untuk Pembelajaran Bangun Datar Dan Ruang Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 1726–1740. ejournal.unesa.ac.id

Huda, A. H., & Hakim, D. L. (2022). Respons Siswa Terhadap Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Aritmetika Sosial Escape From Home. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 79– 86. https://doi.org/10.33506/jq.v11i2.2038

Lisgianto, A., & Suhendri, H. (2021). Pengembangan Video Edukatif Volume Bangun Ruang Berbasis Etnomatematika Makanan Tradisonal Via Youtube. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 107–116.

Nafi’a, M. Z. I., Degeng, I. N. S., & Soepriyanto, Y. (2020). Pengembangan multimedia interaktif materi perkembangan kemajuan teknologi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 272–281.

Pathuddin, H., Kamariah, & Ichsan Nawawi, M. (2021). Buginese ethnomathematics: Barongko cake explorations as mathematics learning resources. Journal on Mathematics Education, 12(2), 295-312.

Putra, M. T. M., Sari, A. K., & Risnasari, M. (2018). Pengembangan game educative berbasis android pada materi bangun ruang untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 5(1), 39-47.

Ramansyah, W. (2018). Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cv. Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Remaja Rosdakarya.

Wahid, A., Handayanto, A., & Purwosetiyono, F. X. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Menara Kudus Menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 pada Siswa Kelas VIII. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 58–70. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i1.5765

Wijaya, T. T., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Konsep Tpack pada Materi Garis dan Sudut Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 205–214.

Winarni, E. W. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.

Zainul, R. (2018). Desain Geometris Sel PV. Cv. Berkah Prima.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457