Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Penguasaan Konsep Framework Bagi Peserta Didik di SMK Negeri 2 Bangkalan

Insiyatul Fikriyah, Sigit Dwi Saputro

Abstract


Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi framework di SMK Negeri 2 Bangkalan; 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep framework di SMK Negeri 2 Bangkalan; 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada penguasaan konsep framework di SMK Negeri 2 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan quasi eksperimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI PPLG yang berjumlah 42 peserta didik. Pengumpulan data berupa instrumen tes, observasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, (1) Keterlaksanaan pembelajaran ini berdasarkan observasi aktivitas guru memperoleh presentase 89,75% berkategori “Sangat Baik”, sedangkan observasi aktivitas peserta didik memperoleh presentase 81,25% berkategori “Sangat Aktif”. (2) Model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh  terhadap penguasaan konsep kelas XI PPLG. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh thitung = 3,854 > ttabel = 2,0221. (3) Respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berdasarkan hasil angket respon peserta didik memperoleh presentase 72,15% dalam kategori “Baik”.


Full Text:

PDF PDF

References


Abadi, S., & Arman, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuri Terhadap Penguasaan Konsep Dan Sikap Ilmia Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. JBES, 2(2), 329. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2365

Albert. (2023). International Education Database. NJ MED. worldtop.org

Aprilia, W. (2020). Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum. Islamika. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.711

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Kemdikbud. (2021). Kemendikbud Luncurkan Merdeka Belajar Kedelapan: SMK Pusat Keunggulan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/03/kemendikbud-luncurkan-merdeka-belajar-kedelapan-smk-pusat-keunggulan

Kusdiastuti, M., Harjono, A., Gunawan, & Nisyah, M. (2019). Respon guru dan peserta didik terhadap pembelajaran fisika dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu advance organizer. Estuarine, Coastal and Shelf Science, 5(1), 150–155. https://doi.org/http://doi.org/10.29303/jpft.v5il.1174

Nahak, R. L., & Bulu, V. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran InkuiriTerbimbingBerbantu Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 230. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2369

Rahmah, S., Yuliati, L., & Irawan, E. B. (2017). Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM Vol. 3 No. 1 PENGUASAAN KONSEP IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. 3(1), 35–40.

Rahman (2022). Upaya Peningkatan Standar Kompetensi Lulusan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 122–132.

Sarumaha, M., & Harefa, D. (2023). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27–36. https://doi.org/10.57094/ndrumi.v5i1.517

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sukarno, Kafrita, N., Hasanah, S., & Farisi, S. Al. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Di SMK. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 3(Agustus), 1–9.

Sunni, M. A., & Islami, A. V. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Fisika SMK Kelas X. 3, 510–520. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq Jurnal

Yulistiani, A. I. (2024). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Mata Pelajaran Fisika Siswa Kelas X SMKN 1 Mlarak Info Artikel : 04(April), 1–5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457