Pengembangan Game Edukasi Berbasis Unity Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)
Abstract
Mata pelajaran matematika yang cenderung membosankan mengakibatkan siswa–siswi kurang mampu dalam memahami materi–materi yang diajarkan khususnya pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan GDLC (Game Development Life Cycle) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu initation, design, production, alpha testing, beta testing, realese. Instrumen penelitian berupa angket atau kuesioner. Hasil pengujian penelian ini ialah 1) pengujian blackbox dan pengujian media oleh dosen dan mendapatkan hasil bahwa Tampilan serta fitur telah sesuai dengan hasil yang diharapkan. 2) Pada pengujian phli materi oleh guru dan dosen mendapatkan hasil yang sesuai dengan indikator penilaian. 3) Pengujian Angket respon oleh dosen mendapatkan hasil 87,5% dan masuk pada kategori sangat layak. 4) Hasil pengujian System Usability Scale (SUS) mendapatkan skor 77 dengan skala nilai SUS bernilai “C”, game dapat dikategorikan “Excellent” dan dapat termasuk acceptable atau “Layak”. 6) Pada pengujian guru mata pelajaran matematika mendapatkan nilai 100% dan masuk dalam kategori sangat layak. Dapat diketahui dari beberapa uji coba yang dilakukan bahwa Game Edukasi dapat masuk ke dalam kategori layak digunakan.
Full Text:
PDFReferences
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10.
Hidayat, F., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis kemampuan berfikir kritis matematik serta kemandiriaan belajar siswa smp terhadap materi SPLDV. Journal on Education, 1(2), 515–523.
Kadry, S., & Roufayel, R. (2017). How to use effectively smartphone in the classroom. 2017 IEEE Global Engineering Education Conference (EDUCON), 441–447. https://doi.org/10.1109/EDUCON.2017.7942884
Mardita, M., Alim, J. A., Hermita, N., & Wijaya, T. T. (2022). Pengembangan LKPD Stem Berbasis Mikir Materi Periskop. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 398. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4676
Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Pratama, L. D., & Setyaningrum, W. (2018). Game-Based Learning: The effects on student cognitive and affective aspects. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012123
Sharfina, Z., & Santoso, H. B. (2016). An Indonesian adaptation of the system usability scale (SUS). 2016 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS), 145–148.
Susilo. (2019). Cara Menggunakan system usability scale (SUS) Pada evaluasi usability. .
Zippert, E. L., & Rittle-Johnson, B. (2020). The home math environment: More than numeracy. Early Childhood Research Quarterly, 50, 4–15.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Education and Informatics Research
Pendidikan Informatika
Universitas Trunojoyo Madura
Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162
jedumatic@trunojoyo.ac.id
Tlp. 085226190457