Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian Berbasis Augmented Reality di SMKN 1 Labang

Khoirul Amin Abidin, Medika Risnasari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi perakitan komputer. Penelitian merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas X TKJ SMKN 1 Labang dengan sampel penelitian senbanyak 28 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 91,43% dengan keterangan sangat valid dan hasil validasi ahli materi sebesar 95,38% dengan keterangan sangat valid. Hasil uji coba media pembelajaran terhadap peserta didik mendapat persentase sebesar 94,17% dengan keterangan sangat tinggi pada uji perorangan, 78,89% dengan keterangan tinggi pada uji kelompok kecil dan 79,4% dengan keterangan tinggi pada uji kelompok besar. Hasil tersebut menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada materi perakitan komputer di SMKN 1 Labang dinyatakan layak dan dapat diterapkan dalam pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada: Yogyakarta

Budiman, R. D. A., & Verawardina, U. (2019). Pengembanganmedia

Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Augmented Reality. 3(1).

Damayanti, L., Suana, W., & Riyanda, A. R. (2021). Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmeneted Reality Pengenalan Perangkat

Keras Komputer. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer Dan

Informatika, 6(1), 10–19.

Detection (Skripsi). Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Enterprise,

Jubilee. 2016. Blender untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media

Komputindo

Fernando, Mario. 2013. Membuat Aplikasi Android Augmented Reality

Menggunakan Vuforia SDK dan Unity. Solo: Buku AR Online.

Hamdani, R., & Sondang Sumbawati, M. (2020). Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Kuliah Sistem Digital

di Jurusan Teknik Informatika UNESA. Jurnal IT-EDU, 04(52), 153–161.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/31700

Hamzah, S., & Kurniadi, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran

Perangkat Keras Jaringan Berbasis Augmented Reality Pada Platform

Android. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika),

(3), 146. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i3.105431

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu

Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irsyad, Mohamad Syahrofi. 2016. Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media

Junindar. 2022. Xamarin Android Mudah Membangun Aplikasi Mobile. Batam Ebookuid.

Moto, M. M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. 3(1), 20–28.

Rahmadhan A, P. A. S. A. (2021). Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakanaugmented Reality (Ar). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 24–31.

Simulasi Ikatan Kimia Berbasis Android Menggunakan Metode Fast Corner

Suputra, I. K. H. A., Kesiman, M. W. A., & Santyadiputra, G. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Berbasis Augmented Reality Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Pada Sub Pokok Bahasan Perakitan Komputer. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 2(2), 39–44.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457