Sistem Rekomendasi Program Studi Menggunakan Metode Hybrid Recommendation (Studi Kasus: MAN Sumenep)

Jamilatul Aisyiah, Medika Risnasari, Ana Tsalitsatun Ni’mah

Abstract


Pemilihan program studi menjadi hal yang krusial sebelum memasuki perguruan tinggi, karena kesalahan dalam memilih program studi berdampak buruk pada mahasiswa di masa depan. Sebagai upaya mencegah kesalahan pemilihan program studi, siswa biasanya berkonsultasi dengan wali kelas dan guru Bimbingan Konseling. Namun, pemberian rekomendasi masih dilakukan secara manual seperti pada MAN Sumenep. Pemberian rekomendasi secara manual memakan waktu lama namun hasilnya terkadang bersifat subjektif dan kurang akurat. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut agar dapat menghemat waktu dan rekomendasi yang dihasilkan sesuai. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sistem rekomendasi program studi menggunakan metode hybrid recommendation, dimana naïve bayes dikembangkan untuk mengelompokkan program studi berdasarkan nilai rapor, sementara metode item-based digunakan untuk menghitung kesamaan antar program studi yang dipilih oleh siswa. Hasil uji coba functional suitability menghasilkan nilai 1 yang berarti semua fitur sistem berfungsi dengan baik. Sedangkan hasil uji coba tampilan sistem memperoleh persentase 98,48% dengan tingkat kategori “sangat layak”. Pada hasil uji coba pada pengguna sistem, mendapatkan persentase sebesar 92,75% dengan tingkat kategori “sangat layak”. Uji coba metode naïve bayes pada penelitian ini tidak dapat dilakukan karena tidak memiliki data awal yang valid. Hasil uji coba pada Item-based menghasilkan akurasi MAE sebesar 0,038538.

Full Text:

PDF

References


Howay, S., & Rianto, R. (2021). Sistem Rekomendasi Jurusan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dengan Algoritma K-Means. Syntax Idea, 3(10), 2215–2222.

Ladaria, Y. . (2020). Kajian Sosiologi Tentang Tingkat Kesadaran Pendidikan pada Masyarakat Desa Labuan Kapelak Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut. Jurnal Holistik, 13(2), 1–15.

Nurhartanto. (2021). Edukasi Pemilihan Jurusan Kuliah Melalui Metode Pemetaan Bakat. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 33–39.

Rizky, M., & Murti, Y. . (2020). Sistem Rekomendasi Program Studi untuk Siswa SMA Sederajat Menggunakan Metode Hybrid Recommendation dengan Content Based Filtering dan Collaborative Filtering. E-Proceeding of Engineering, 7(2), 2776–2792.

Suryadi. (2015). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Informatika : Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, 3(2), 9–19.

Tommy, L., Novianto, D., & Japriadi, S. (2020). Sistem Rekomendasi Hybrid untuk Pemesanan Hidangan Berdasarkan Karakteristik dan Rating Hidangan. Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), 4(2), 137–145.

Wahyo, B., & Anggriawan, A. (2015). Sistem Rekomendasi Paket Wisata Se-Malang Raya Menggunakan Metode Hybrid Content Based dan Collaborative. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Informasi ASIA, 9(1), 6–13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457