Pengembangan Modul Ajar Arduino pada Materi Dasar-Dasar Mikrokontroler di SMK Darul Istiqomah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat modul ajar arduino serta mengkaji kesesuaian modul ajar arduino dengan KI KD pada materi dasar-dasar mikrokontroler di SMK Darul Istiqomah. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE yang tersusun dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tahap analysis dilakukan dengan menganalisis kurikulum, analisis peserta didik dan analisis kebutuhan perangkat lunak maupun perangkat keras. Tahap design dilakukan dengan merancang kebutuhan perangkat Arduino kit dan perancangan modul ajar arduino. Tahap development dilakukan dengan membuat modul ajar arduino dan pengemasan Arduino kit. Tahap implementation meliputi uji coba ahli media, ahli materi, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Tahap evaluation meliputi penilaian dari subjek uji coba, hasil yang diperoleh yaitu: (1) ahli media diperoleh nilai sebesar 95.5%, menunjukkan modul ajar sangat valid , dan layak digunakan; (2) ahli materi diperoleh nilai sebesar 97.5%, menunjukkan materi modul ajar sangat valid dan layak digunakan; (3) uji coba kelompok kecil memperoleh nilai sebesar 96.6% menunjukkan modul ajar layak digunakan; (4) uji coba kelompok besar nilai sebesar 96.5% menunjukkan modul ajar Arduino layak digunakan. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa modul ajar Arduino pada materi dasar dasar mikrokontroler sangat valid dan layak digunakan.
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran (5th ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Atika, A., Sudana, I. M., & Basyirun, B. (2017). Analisis Kesenjangan Pelaksanaan Standar Proses pada Pembelajaran Produktif di SMK. 2017, 02(01), 9–14.
Chung, C.-C., & Lou, S.-J. (2021). Physical Computing Strategy to Support Students’ Coding Literacy: An Educational Experiment with Arduino Boards. 2021, 11(4)(1830), 1–18.
Dharmawan, H. A. (2017). Mikrokontroler: Konsep Dasar dan Praktis. UB Press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=GQJODwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=mikrokontroler&ots=oCTiBXR_sW&sig=WjV12Tc03MSVDxhG6ScjwbLiPg&redir_esc=y#v=onepage&q=mikrokontroler&f=false
Hafidhin, M. I., Saputra, A., Rahmanto, Y., & Samsugi, S. (2020). Alat Penjemuran Ikan Asin Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. 1.1, 59–66. https://doi.org/10.33365/jtikom.v1i2.210
Novianto, A. (2017). SISTEM KOMPUTER. 2017.
Papadakis, S., & Orfanakis, V. (2018). Comparing novice programing environments for use in secondary education: App Inventor for Android vs. Alice. 2018, 10(1–2), 44–72.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa Sma. 7(01), 17–25
Ramansyah, W. (2018). Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran. Pondok Pesantren Jagad ’Alimassirry.
Roumen, G. J. (2020). Arduino Action: Arduino Action is a collaborative tool for understanding and creating with physical computing in high school. [UmeåUniversity]. https://www.diva-portal.org/smash/record.jsf?pid=diva2%3A1452656&dswid=-3873
Roumen, G. J., & Farnaeus, Y. (2021). Envisioning Arduino Action A collaborative tool for physical computing in educational settings. 2021, 29(100277), 1– 14. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2021.100277
Setyawan, A. A., & Wahyuni, P. (2019). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan. 12(01), 94–102.
Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. 10(3), 231 243.https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (23rd ed.). ALFABETA: Yogyakarta
Suharsimi Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. RINEKA CIPTA: Yogya Karta
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. GRAHA ILMU: Yogya Karya
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Education and Informatics Research
Pendidikan Informatika
Universitas Trunojoyo Madura
Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162
jedumatic@trunojoyo.ac.id
Tlp. 085226190457