LKPD Digital Berbasis MIKiR pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas untuk Kelas XI TKJ
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD digital berbasis MIKiR pada mata pelajaran teknologi jaringan berbasis luas untuk kelas XI TKJ subjek penelitian di SMK Ki Hajar Dewantara Ponorogo. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian memperoleh data dari validasi ahli materi mendapatkan persentase 96,0%, validasi ahli media mendapatkan persentase 97,0% dan validasi ahli bahasa mendapatkan persentase 95%. LKPD dinyatakan valid oleh validator, dilakukan uji coba produk. Uji coba kelompok kecil berjumlah 6 siswa mendapatkan persentase 85% dan uji coba kelompok besar berjumlah 2 guru dan 20 siswa mendapatkan persentase rata-rata 83% dikategorikan sangat praktis. LKPD digital yang efektif dilakukan uji kelompok besar menggunakan soal pretest dan posttest menggunakan 2 uji yaitu uji n-gain mendapatkan 0,732988362 dikategorikan hasil belajar siswa terdapat perubahan sangat tinggi dan uji ketuntasan mendapatkan persentase 88% sehingga dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan data tersebut telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Asmaryadi, Yulia, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar e-LKPD Berbasis MIKiR dengan Menggunakan Live Worksheets Pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356.
Asri Fauzi, Rahmatih Nikmah Aisa, Indraswati Dyah, S. M. (2021). Penggunaan Situs Liveworsheet Untuk Mengembangkan LKPD interaktif Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 (3).
Budiana, H.R. Sjafirah, N. A., & Bakti, I. (2015). Pemanfaatan Teknologi
Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru Smpn 2
Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis. Dharmakarya, 4(1), 59–62.
https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v4i1.9042
Foundation, T. (2018). Modul Praktik yang baik.
Lavtania, N., Nulhakim, L., & Utari, E. (2021). Pengembangan Lkpd Digital Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Kreativitas Mata Pelajaran Kimia Materi Pembuatan Makanan Berupa Koloid. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(2), 172. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i2.11320
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD Berbasis Pendekatan Investigasi Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 86–96.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhandi, A., Pamela, I. S., Mubarok, M. A., Amri, K., & Oktavia, A. (2021). The Validation of the Development of MIKiR-based Student Worksheets on the Theme “ Always Saving Energy ” among the Fourth Graders of Elementary School Validasi Pengembangan Lembar Kerja berbasis MIKiR pada tema “ Selalu Hemat Energi ” untuk Siswa Kelas I. 7(1), 71–84. https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i1.1625
Sobri, M. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran
Berbasis Daring. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(4), 64–71.
Sundayana. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Education and Informatics Research
Pendidikan Informatika
Universitas Trunojoyo Madura
Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162
jedumatic@trunojoyo.ac.id
Tlp. 085226190457