Hubungan Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Logika dan Algoritma di SMK Negeri 1 Labang

Muawiyah Muawiyah, Prita Dellia, Nuru Aini

Abstract


Keberhasilan dalam proses belajar dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa. ada beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa pada materi logika dan algoritma kelas X di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan yaitu masih rendahnya kecerdasan emosional dan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar, (2) hubungan minat belajar dengan hasil belajar, (3) hubungan kecerdasan emosional dan minat belajar dengan hasil belajar siswa SMK kelas X pada materi logika dan algoritma. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 yang terdiri dari 82 siswa, kemudian pengambilan sampelnya menggunakan teknik probability sampel dengan menggunakan cara simple random sampling sehingga yang dijadikan sampel pada penelitian ini sebanyak 68 siswa. data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner dan dilakukan uji tes untuk mendapatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1) thitung 3,7774 > ttabel 1,99656 menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar dengan koefisien determinasi sebesar 17,78%, 2) thitung 4,3623 > ttabel =1,99656 yang menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar dengan koefisien determinasi 22,38%, dan 3) Fhitung 36,5388 > Ftabel 3,14 menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan minat belajar dengan hasil belajar siswa dengan koefisien determinasi sebesar 28,01%.


Full Text:

PDF

References


Agustian, A. G. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi & Spiritual ESQ Emostional Spiritual Quotient The ESQ Way (Revisi). PT Arga Tilanta.

Akay, R. K. dkk. (2022). Hubungan Minat dengan Hasil Belajar KKPI Siswa SMK. 2, 52–64.

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran (A. Holid (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.

Amri, S. & A. J. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Prestasi Pustaka

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran (P. Latifah (ed.)). PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti (ed.)).

Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 19(2), 243–255.

Deriana. (2018). Konsep Kecerdasan Intelektual (IQ) dalam Buku "Rahasia Kecerdasan Orang Yahudi" Karya Eran Katz dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar (II). Rineka Cipta. Fathurrohman, Mu. & S. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Teras.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2021). Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4, 70–75.

Goleman, D. (2003). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara.

Keller, J. M. (2010). John M.Keller. In Angewandte Chemie International Edition (Vol. 6, Issue 11).

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Mitra Cendekia Press. Maudi, N., Muharam, L. O., & Aspin. (2017). Hubungan antara minat belajar dan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran kelas IX di SMP Negeri 5 Kendari. Jurnal Bening, 1(2), 1–10.

Mawardi, M. (2019). Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 292–304. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p292-304

Nindiani, P. V. (2016). Korelasi antara intensitas membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD di Kelurahan Jatirenggo Kecamatan Glagah-Lamongan. Trunojoyo-Madura.

Novianto, A. (2017). Simulasi dan Komunikasi Digital (S. dan D. N. Wulandhary (ed.)). Erlangga.

Priansa, D. J. & E. K. (2014). Manajemen Kelas. Alfabeta.

Purnama, I. M. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMAN Jakarta Selatan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 233–245. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.995

Ratnawulan, E. dan R. (2015). Evaluasi Pembelajaran. CV Pustaka Setia. Riduan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Siregar, S. (2019). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi (rev. Cet.). Rineka Cipta.

Sudaryono, G. M. dan W. R. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Graha Ilmu.

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo. Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Uno, H. (2012). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. PT Bumi Aksara. Wijaya, Y. (2021). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa

Kelas Xi.Ipa.2 Sman 1 Muaro Jambi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019- 2020. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(4), 267–272. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i4.609


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457