Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Laboratorium Berbasis Android Pada Materi Gerbang Logika Dasar

Alfian Muflich Pratama, Wanda Ramansyah, Nuru Aini

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran VirtualrnLaboratorium Berbasis Android pada Materi Gerbang Logika Dasar”. Penelitianrndilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ditemukan oleh peneliti pada saatrnmelakukan observasi di lapangan. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti,rnterdapat beberapa materi pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa. Mayoritasrnmateri yang sulit dipahami merupakan materi yang membutuhkan kegiatanrnpraktikum. Keadaan tersebut semakin dipersulit dengan tidak seimbangnya jumlahrnsiswa dengan perangkat laboratorium yang digunakan. Sehingga untukrnmenyesuaikan alokasi waktu mengajar, pembelajaran cenderung berjalan kurangrnefektif. Dengan tingginya tingkat penggunaan smartphone oleh peserta didik, danrnmengacu pada permasalahan tersebut peneliti bertujuan untuk mengembangankanrnmedia pembelajaran berbasis android sebagai media pendamping kegiatanrnpraktikum. Penelitian pengembangan yang dilaksanakan menggunakan modelrnpengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) analyze, (2) design, (3)rndevelopment, (4) implementation, (5) evaluation. Dalam penelitian ini, ujirnkelayakan produk media pembelajaran dilakukan oleh ahli media, ahli materi,rnpeserta didik dan uji fungsionalitas media. Uji coba yang dilakukan terhadaprnpeserta didik dilakukan secara perorangan dengan jumlah 3 peserta didik, kelompokrnkecil dengan jumlah 6 peserta didik, dan kelompok besar dengan jumlah 20 pesertarndidik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ahli media diperoleh persentasern95,7%, menunjukan media ini valid digunakan; (2) ahli materi diperoleh persentasern92,7%, menunjukan media ini valid digunakan; (3) uji coba peserta didikrnperorangan diperoleh persentase 90%, (4) uji coba peserta didik kelompok kecilrndiperoleh persentase 87,3%, dan (5) uji coba peserta didik kelompok besarrndiperoleh persentase 89,3% yang menunjukkan media valid untuk digunakan. Hasilrntersebut menunjukan bahwa media pembelajaran tersebut valid dan layak untukrndigunakan

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada: Bandung

Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 186.

Lutfi, A. (2017). Pengembangan Media Laboratorium Virtual Bersarana Komputer untuk Melatih Berpikir Kritis pada Pembelajaran Asam, Basa, dan Garam. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains Unesa, 1(1), 27–33.

Manikowati, Nf., & Iskandar, D. (2018). Pengembangan Model Mobile Virtual Laboratorium Untuk Pembelajaran Praktikum Siswa Sma. Jurnal Kwangsan, 6(1), 23.

Nuryanti, S., Masykuri, M., & Susilowati, E. (2019). Virtual Laboratory Development with Student’s Worksheet to Improve Critical Thinking on Electrochemistry for Vocational School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1).

Rokhim, D., Asrori, M., & Widarti, H. (2020). Pengembangan Virtual Laboratory Pada Praktikum Pemisahan Kimia Terintegrasi Telefon Pintar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 216–226.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457