Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Siswa kelas XI IPA Tingkat SMA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah membuat media pembelajaran interaktif berupa game berbasis android untuk siswa kelas XI SMA Jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) pada mata pelajaran Biologi khususnya Sistem Peredaran Darah. Hal ini dikarenakan masih banyak siswa yang masih mempelajari materi ini hanya dengan lewat video pembelajaran. Selain itu, siswa lebih suka bermain game di smartphone mereka daripada memperhatikan di kelas. Media pendidikan ini diyakini akan membangkitkan minat belajar siswa dan memberikan pengalaman belajar yang beragam. Model yang akan digunakan selama tahap perencanaan yaitu Model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sangat penting untuk menyelesaikan semua tahap paradigma pengembangan ADDIE. Berdasarkan hasil validasi para ahli didapatkan hasil persentase sebagai berikut: ahli media 87,5 persen dengan kualifikasi "Layak", ahli materi 93,3 persen dengan kualifikasi "Sangat Layak", uji coba perorangan 90,83 persen dengan kualifikasi "Sangat Layak", uji coba kelompok kecil 89 persen dengan kualifikasi "Layak"Media pembelajaran game edukasi berbasis android berbasis materi biologi dengan materi sistem peredaran darah ini valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan uji ahli media, uji ahli materi, dan uji coba kepada subjek siswa kelas XI dari SMA IPA. Peneliti telah menciptakan media pendidikan yang dapat digunakan untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa dan membangkitkan minat siswa terhadap materi.
Full Text:
PDFReferences
Agustin, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi “Carakan Madura” Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Bahasa Daerah Untuk Siswa SD. Universitas Trunojoyo Madura.
Astagina, A. A. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Ge-Ko” Berbasis Unity Materi Perakitan Komputer Pada Mata Pelajaran Produktif Untuk Siswa X TKJ SMK AL-Hikam. Universitas Trunojoyo Madura.
Ramansyah, W. (2017). Strategi Pembelajaran. UTM Pers.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Education and Informatics Research
Pendidikan Informatika
Universitas Trunojoyo Madura
Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162
jedumatic@trunojoyo.ac.id
Tlp. 085226190457