Balanced Scorecard Sektor Publik: Sebuah Pelajaran Berharga
Abstract
This research aims to understand and examine the application of the balanced scorecard as performance measurement tools. BSC is a performance measurement tool that combines financial and nonfinancial performance measurements. This research object is a public sector organization, the Directorate General of Financing and Risk Management (DJPPR) Ministry of Finance. The method used in this research is qualitative descriptive methods. The steps taken in this study are collection, classification, presentation, and tabulation of data obtained. Subsequently performed a systematic, accurate, and factual description regarding the facts of the object being inspected. This study uses DJPPR’s Performance Reports in 2018 and 2017. The results of the study indicate that the application of a balanced scorecard and DJPPR’s performance as a whole is good, which is shown by determining the perspective that has been aligned with the organization's strategy and its implementation encourages the achievement of performance targets.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengkaji penerapan balanced scorecard sebagai alat pengukuran kinerja. Balanced scorecard merupakan alat pengukuran kinerja yang mengkombinasikan pengukuran kinerja keuangan maupun kinerja nonkeuangan. Objek penelitian adalah organisasi sektor publik yaitu Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan, pengklasifikasian, penyajian, dan pengolahan data. Setelah itu melakukan deskripsi yang sistematis, akurat, dan faktual mengenai fakta-fakta dari peristiwa objek yang diteliti. Penelitian ini menggunakan Laporan Kinerja DJPPR tahun 2018 dan tahun 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan balanced scorecard secara keseluruhan baik yang ditunjukkan dengan penentuan perspektif telah diselaraskan dengan strategi organisasi dan penerapannya mendorong pencapaian target kinerja.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Blocher, Edward J., Chen, Kung H., and Lin, Thomas W. 2005. Cost Management: A Strategic Emphasis. 3 rd Edition. McGraw Hill.
Ciptani, Monika Kussetya. 2000. Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Masa Depan: Suatu Pengantar. Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol. 2, No. 1, Mei 2000: 21 – 35.
DJPPR. (2018). Laporan Kinerja DJPPR. Jakarta: Kementerian Keuangan.
Effendi, Rizal. 2012. Pengukuran Kinerja Sektor Publik Dengan Menggunakan Balanced Scorecard (Studi Kasus Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel). Palembang: Jurnal Ilmiah STIE MDP.
Hadiyati, Nuniek. (2014). Pengukuran Kinerja Dengan Metode Balanced Scorecard (Studi Empiris Pada Ru-mah Sakit PKU Muhammadiyah Delanggu Klaten). Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurusan Akuntansi. Universitas Surakarta.
Handayani, Lestari dan Hudaya. 2002. Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada Kantor Cabang Madu Nusantara Solo). TEKNOIN, Vol. VII, No. 4, Desember.
Hansen, D. R., & Mowen, M. M. (2007). Management Accounting. USA: Thomson South-Western.
Kaplan, R.S & Norton, D.P. (2001). The Strategy-focused organization: How balanced scorecard companies thrive in the new business environment. Boston: Harvard Business School Press.
Kaplan, S. Robert dan David, P. Norton. 1992. The Balanced Scorecard: Measures that Drive Performance, Harvard Business Review. Boston, United States of America: Harvard Business School Press.
Kaplan, S. Robert, dan David, P. Norton. 1996. The Balanced Scorecard: Translating Strategy into Action, Edi-si Satu. Boston, United States of America: Harvard Business School Press.
Koesomowidjojo, Suci R.M. (2017). Balanced Scorecard Model Pengukuran Kinerja Organisasi dengan Empat Perspektif. Jakarta: Raih Asa Sukses.
Lexy J. Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles & Huberman
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.). USA: SAGE Publications, Inc.
Mulyadi. 2007. Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Niven, P.R. 2003. Balanced Scorecard Step by Step for Governmental and Nonprofit Agencies. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Oemar, Abrar. 2010. Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Organisasi Sektor Publik. Sema-rang: Jurnal Universitas Pandanaran.
Rahardjo, Mudjia. (2010). Triangulasi Dalam Penilaian Kualitatif. Retrieved From http://mudjiarahardjo.uin-malang.ac.id/materi-kuliah/270-triangulasi-dalam-penelitian-kualitatif.html
Soebroto, Sunu. (2010). Tesis: Evaluasi atas Penerapan Balanced Scorecard pada Inspektorat Jenderal Kemen-terian Keuangan. Retrieved from http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/136479-T%2028302-Evaluasi%20atas-full%20text.pdf
Soebroto, Sunu. 2010. Evaluasi atas Penerapan Balanced Scorecard pada Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. Jakarta: Universitas Indonesia.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Yassin, Aqli dkk. 2016. Pengaruh Balanced Scorecard dan Knowledge Management terhadap Kinerja Karya-wan dan Kinerja Perusahaan (Studi pada Karyawan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Malang: Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).
DOI: https://doi.org/10.21107/infestasi.v16i2.8570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ali Tafriji Biswan, Wahyu Andika
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.