Mengulik Makna Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Bidik Misi
Abstract
This study aims to find out and deeply explore the meaning of Bidikmisi financial management. This type of research uses qualitative methods as a tool in the process of finding answers and a phenomenological approach as a key to observe the informants' awareness. This research required four informants. Based on the description of the phenomenon related to informants' awareness in financial management, Then the result is that Informant Nindy chooses a priority scale in managing his personal finances because it is an easy way. Informant Aidan regrets that he did not manage his personal finances so he did not clearly know his expenses
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggali secara mendalam makna pengelolaan keuangan mahasiswa bidikmisi. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai alat dalam proses penemuan jawaban dan menggunakan pendekatan fenomenologi sebagai kunci untuk mengulik makna kesadaran para informan. Penelitian ini menggunakan empat informan. Berdasarkan hasil deskripsi terhadap fenomena yang berkaitan dengan kesadaran informan dalam melakukan pengelolaan keuangan, maka hasilnya yaitu Informan Nindy memilih skala perioritas dalam melakukan pengelolaan keuangan pribadinya karena hal tersebut merupakan cara yang mudah. Informan Aidan menyesal tidak melakukan pengelolaan keuangan pribadinya sehingga tidak mengetahui secara jelas pengeluarannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gitman, L. J, 2002. Principle of Finance, (11th ed). Prentice Hall, New Jerse.
Hajaroh, M. (2010). Paradigma, Pendekatan dan Metode Penelitian Fenomenologi. Bidang keahlian penelitian dan evaluasi pendidikan. FIP UNY.
Hardiansyah, A (2013). Teori Pengetahuan Edmund Husserl. Jurnal Substantia,
Vol. 15 No.2 Hal. 236
Herlindawati, Dwi, 2015. Pengaruh Kontrol Diri, Jenis Kelamin, dan Pendapatan Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol. 3, No. 1.
Kamayanti, A. (2016). Metodelogi Penelitian Kualitatif Akuntansi: Pengantar Religiositas Keilmuan. Jakarta: Yayasan Rumah Peneleh.
Kemendikbud, 2014. Pedoman Penyelenggaraan Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi Tahun 2014. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi – Kementeriaan Pendidikan dan Kebudayaan
Kemenristekdikti, 2019. Pedoman Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi. Bidikmisi menggapai asa, memutus mata rantai kemiskinan. Ditjen Belmawa kemenristekdikti.
Kharismayanti, Shandi I, 2017. Pola Penggunaan Dana Dan Gaya Hidup Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Volume 6, Nom
Liana, Sri (2017). Pengelolaan Keuangan Bagi Mahasiswa Asrama yang tinggal di Sekitar Kampus Universitas Riau Panam Pekanbaru. JOM FISIP. Vol. 4, No. 2.
Miswari, 2017. Mengelola Self Efficacy, Perasaan dan Emosi dalam Pembelajaran Melalui Manajemen Diri. Cendekia Vol. 15 No. 1.
Perry, VG dan Morris, M.D. 2015. Who Is In Control? The Role and Income In Explaining Consumer Financial Behavior. The Journal of Consumer Affairs, Vol.39, No 2, pp 299-313.
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. EQUILIBRIUM, 1-8 Vol. 5, No. 9.
Senduk. 2001. Manajemen Keuangan, konsep, dan aplikasi. Yogyakarta: Mediacom.
Warsono. 2010. Prinsip-Prinsip dan Praktik keuangan Pribadi. Journal of Science, volume 13 Nomor 2.
www. ristekdikti.go.id di akses pada Selasa, 26 Februari 2019. Pukul 11:18:10 WIB
DOI: https://doi.org/10.21107/infestasi.v16i2.8508
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Rakhmad Hidayat, Robiatul Auliyah
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.