Menelisik Pajak Penghasilan Atas Bisnis Online Shop

Elisabeth Ria Viana, Paulina Margareth, - Serly

Abstract


This research is motivated by the large number of online shops these days which make question about the entrepreneur of online shop’s obedience onto their tax obligation. This study aims at exploring the entrepreneur of online shop’s tax comprehension and how it is applied for their income. In order to interpret and understand the relationship between income tax and online shop business form used interpretative paradigm as a research methodology. Interpretative paradigm is considered able to interpret the experience and the awareness on the income tax of online shop. From this study it was found that tax is considered as an obligation, deadweight, and a complicated case. There is an opinion that owning convensional shop give more awareness to the entrepreneurs to pay the tax rather than owning online shop. In addition this study successfully traced that some of the interviewees with their knowledge and their realiziation using online shop to avoid tax that might leads to be applied on their income. Online shop is used as a way to hide their income due to the unmonitored and there is no specific constitution about this case.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya usaha online shop saat ini yang juga menimbulkan pertanyaan tentang ketaatan pengusaha online shop atas kewajiban pajaknya. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pemahaman pajak bagi pengusaha online shop dan aplikasinya dalam penghasilan mereka. Dalam rangka memaknai dan memahami kembali keterkaitan antara pajak penghasilan dan usaha online shop, digunakan paradigma interpretatif sebagai metodelogi penelitian. Paradigma interpretatif dianggap mampu memaknai pengalaman dan kesadaran atas pajak penghasilan dan usaha online shop. Dari penelitian ini ditemukan bahwa pajak dianggap sebagai kewajiban, beban, dan hal yang sulit. Ada pandangan bahwa kepemilikan toko secara konvensional jauh lebih mendorong pengusaha untuk membayar pajak jika dibandingkan dengan kepemilikan online shop. Selain itu, penelitian ini berhasil menemukan bahwa ada beberapa informan yang dengan pengetahuan dan kesadaran mereka menggunakan online shop untuk menghindari pajak yang bisa dikenakan atas penghasilan mereka. Online shop digunakan sebagai cara untuk menyembunyikan penghasilan mereka karena pengenaan paj aknya yang belum ketat dan belum ada Undang-Undang khusus terkait hal itu.


Keywords


Pajak Penghasilan, Online Shop, Pengusaha, Toko, Interpretatif

Full Text:

PDF

References


Almira, S. (2015). Apa Itu E-Commerce?. Retrieved September 24, 2015, from http://veryfund.co/blog/jenis-jenis-e-commerce-dan-contohnya/.

Ariana, T. (n.d.). Planned Behaviour Terhadap Wajib Pajak. Retrieved September 19, 2015, from Universitas Sumatera Utara web site: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/43562/4/Chapter%20II.pdf.

Bruce, J. and Fox, W. (2004). The Role of Taxation Problems on the Development of E-Commerce. Retrieved September 13, 2015 from http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042815036241.

Deputi Perundang-undangan Bidang Perekonomian. (2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2013 Tentang Pajak Penghasilan Atas Penghasilan Dari Usaha Yang Diterima Atau Diperoleh Wajib Pajak Yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu. Retrieved October 1, 2015, from http://www.ortax.org/ortax/?mod=aturan&page= show&id=15293.

Febrianto, V. (2014, April 12). Kemendag prioritaskan penyelesaian aturan e-commerce pada 2014. AntaraNews. Retrieved September 7, 2015, from http://www.antaranews.com/berita/429049/kemendag-prioritaskan-penyelesaian-aturan-e-commerce-pada-2014.

Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2015). Pemerintah Akan Tingkat Transaksi E-Commerce. Retrieved September 13, 2015, from http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/4540/Pemerintah+Akan+Tingkat+Transaksi+E-Commerce/0/berita_satker#.Vhw3rPmqqko.

Nurmalitasari, S. (n.d.). Pengaruh Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Retrieved September 23, 2015, from Universitas Negeri Yogyakarta web site: http://eprints.uny.ac.id/17744/3/BAB%20II.pdf.

Viboonthanakul, S. (2009). Smuggling via e-commerce: effect on tax revenue. Retrieved September 5, 2015, from http://www.emeraldinsight.com/doi/pdfplus/ 10.1108/14770020910990650.




DOI: https://doi.org/10.21107/infestasi.v13i2.3515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Elisabeth Ria Viana, Paulina Margareth, - Serly

Creative Commons License

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.