Kesediaan Micro Merchants Membayar Merchant Discount Rate dan Biaya Settlement Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS): Studi Eksplorasi pada Usaha Mikro Kecil Menengah
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afandi, A., Rukmana, L., & R., W. W. (2022). Efektivitas dan Efisiensi Sistem Pembayaran Non Tunai Quick Response Indonesian Standard (QRIS) dalam Mempengaruhi Inklusi Keuangan Mahasiswa. Jurnal, 73-83.
Afiyanti, Y. (2008, Maret). Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) Sebagai Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58-62.
Arens, A., Elder, R., Beasley, M., & Hogan, C. (2017). Auditing and Assurance Services: An Integrated Approach 16th Edition. USA: Pearson.
ASPI. (2022, Desember 15). Satu QRIS untuk seluruh pembayaran. Retrieved from Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia: https://www.aspi-indonesia.or.id/standar-dan-layanan/qris/
Bank Indonesia. (2022, Desember 30). QR Code Indonesian Standard (QRIS), Apa itu QRIS? Retrieved from Kanal dan Layanan: https://www.bi.go.id/QRIS/default.aspx
Basmantra, I. N., & Liman, N. (2022). Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Educational. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Bisnis Bali. (2020, Oktober 21). MDR QRIS Nol Persen Bagi Merchant UMI dan UMKM Diperpanjang. Denpasar, Bali, Indonesia. Retrieved from http://bisnisbali.com/mdr-qris-nol-persen-bagi-merchant-umi-dan-umkm-diperpanjang/
Breidert, C., Hahsler, M., & Reutterer, T. (2015). A Review of Methods for Measuring Willingness-To-Pay. Innovative Marketing.
Carera, W. B., Gunawan, D. S., & Fauzi, P. (2022). Analisis Perbedaan Omset Penjualan UMKM Sebelum dan Sesudah Menggunakan QRIS di Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA), 24(1), 48-57.
CNN. (2021, Februari 18). Gratis MDR QRIS Usaha Mikro Diperpanjang ke 31 Desember 2021. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210218180158-78-608057/gratis-mdr-qris-usaha-mikro-diperpanjang-ke-31-desember-2021
Creswell, J. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage.
Damanik, D. (2019). WILLINGNESS TO PAY (WTP) PENGUNJUNG MUSEUM SIMALUNGUN DI KOTA PEMATANGSIANTAR. Jurnal IKRA - ITH Ekonomi, 2(3), 9-16.
Febrian, A. (2022, Mei 30). Dilarang keras menyalin, memodifikasi, produksi ulang, menerbitkan ulang, upload ulang, serta mendistribusikan ulang semua konten Business Insight dalam bentuk apa pun tanpa izin tertulis terlebih dahulu dari Kontan. Semua konten dalam Business Insight ad. Retrieved from https://insight.kontan.co.id/news/mendorong-transaksi-usaha-mikro-bi-perpanjang-relaksasi-biaya-qris-1
Karniawati, N., Darma, G. S., Mahyuni, L. P., & Sanica, I. (2021). Community Perception of using QR Code Payment in Era New Normal. ParArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 18(1), 3986-3999.
Katadata. (2021, November 18). BI Perpanjang Tarif QRIS 0% untuk Usaha Mikro Hingga Juni 2022. Retrieved from https://katadata.co.id/
Lehoux P., B. P. (2006). Focus group research and "the patient's view". Social Science and Medicine, 63, 2091-2104.
Mahyuni, L. P., & Setiawan, I. A. (2021). Bagaimana QRIS menarik minat UMKM? sebuah model untuk memahami intensi UMKM menggunakan QRIS. Forum Ekonomi, 23(4), 735-747.
Marina, S., Kartini, D., Sari, D., & Padmasasmita, S. (2016, December). Customer Loyalty as the implication of price fairness determined by relationship marketing and service quality of airline services. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 11(2), 43-51.
Mayanti, R. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penerimaan User Terhadap Penerapan Quick Response Indonesia Standard Sebagai Teknologi Pembayaran Pada Dompet Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(2), 123-135.
MBN. (2022, Desember 30). Willingness to pay – definition and meaning. Retrieved from Market Business News: https://marketbusinessnews.com/financial-glossary/willingness-pay-definition-meaning/
Nisa, Y. (2019). Customer Loyalty - Does pricing matter? A study of the managers’ perspective. Lulea: Lulea University of Technology, Department of Business Administration.
Paydia. (2021, November 5). Daftar QRIS Merchant Meningkat, BI Perpanjang Tarif 0%. Retrieved from https://paydia.id/daftar-qris-merchant-meningkat-bi-perpanjang-tarif-0/
Riana, E. T., Mukson, & Roessali, W. (2019). ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) KONSUMEN TERHADAP BERBAGAI JENIS BERAS ORGANIK DI KOTA SEMARANG (KASUS DI PASAR MODERN GELAEL SIGNATURE). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 3(4), 689-700.
Saputri, O. B. (2020). Preferensi konsumen dalam menggunakan quick response code indonesia standard (qris) sebagai alat pembayaran digital. KINERJA, 17(2), 237-247.
Seputri, W., & Yafiz, M. (2022). QRIS Sebagai Alat Transaksi Digital Generasi Z: Analisi Faktor. ADZKIYA: Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah, 10(02), 139-148.
Setyowati, D. (2019, September 18). BI: Biaya Transaksi Kode QR 0,7% Tergolong Murah. Retrieved from Digital: https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5e9a4e6d6b217/bi-biaya-transaksi-kode-qr-07-tergolong-murah
Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020, April). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287-297.
Silalahi, P. R., Tambunan, K., & Batubara, T. R. (2022). Dampak Penggunaan QRIS Terhadap Kepuasan Konsumen Sebagai Alat Transaksi. Jurnal Ilmah Multidisiplin, 1(2), 122-128.
Stobierski, T. (2020, Oktober 20). WILLINGNESS TO PAY: WHAT IT IS & HOW TO CALCULATE. Retrieved from Harvard Business School Online: https://online.hbs.edu/blog/post/willingness-to-pay
Suheriadi. (2022, Desember 23). BI Perpanjang Relaksasi Pengguna Kartu Kredit hingga 30 Juni 2023. Retrieved from https://www.fortuneidn.com/finance/suheriadi/bi-perpanjang-relaksasi-pengguna-kartu-kredit-hingga-30-juni-2023
Universitas Pattimura. (2020, Maret 12). SOSIALISASI IMPLEMENTASI QR CODE INDONESIA STANDAR (QRIS). Retrieved from https://www.unpatti.ac.id/2020/03/sosialisasi-implementasi-qr-code-indonesia-standar-qris/
Wiratmini, N. P. (2020, Februari 5). Implementasi QRIS: Merchant Keluhkan Biaya 0,7 Persen. (A. S. Rini, Editor) Retrieved from Bisnis.com: https://finansial.bisnis.com/read/20200205/90/1197655/implementasi-qris-merchant-keluhkan-biaya-07-persen
Yuliati, T., & Handayani, T. (2021). Pendampingan Penggunaan Aplikasi Digital QRIS Sebagai Alat Pembayaran Pada UMKM. Community Development Journal, 2(3), 811-816.
DOI: https://doi.org/10.21107/infestasi.v19i1.19695
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Made Irma Lestari
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.