Kesediaan Micro Merchants Membayar Merchant Discount Rate dan Biaya Settlement Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS): Studi Eksplorasi pada Usaha Mikro Kecil Menengah

Made Irma Lestari

Abstract


Berangkat dari fenomena terkait kebijakan relaksasi oleh Bank Indonesia terkait penerapan biaya merchant discount rate 0,7% tiap transaksi pembayaran melalui  Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai kanal pembayaran untuk micro merchants. Peneliti bertujuan mengetahui kesediaan micro merchants membayar biaya Merchant Discount Rate (MDR) dan biaya settlement QRIS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data in-depth interviews, focus group discussion, dan studi literatur. Data dianalisis secara induktif dari fenomena khusus dan menarik kesimpulan secara general. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa, dalam praktinya, micro merchants bersedia membayar biaya 0,7% MDR dan biaya settlement yang telah distandarkan oleh BI dengan mempertimbangkan materialitas biaya tersebut terhadap pendapatan dan laba bersih usaha. Sampai saat ini, belum ada penelitian yang mengangkat terkait kesediaan dalam membayar biaya MDR dan biaya settlement penggunaan Quick Response Code (QR Code). Peneliti berharap penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan literasi riset terkait biaya dan kesediaan membayar biaya MDR dan settlement khususnya oleh micro merchants. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan BI dalam menerapkan kebijakan biaya MDR dan settlement penggunaan QRIS pada micro merchants di Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Afandi, A., Rukmana, L., & R., W. W. (2022). Efektivitas dan Efisiensi Sistem Pembayaran Non Tunai Quick Response Indonesian Standard (QRIS) dalam Mempengaruhi Inklusi Keuangan Mahasiswa. Jurnal, 73-83.

Afiyanti, Y. (2008, Maret). Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) Sebagai Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58-62.

Arens, A., Elder, R., Beasley, M., & Hogan, C. (2017). Auditing and Assurance Services: An Integrated Approach 16th Edition. USA: Pearson.

ASPI. (2022, Desember 15). Satu QRIS untuk seluruh pembayaran. Retrieved from Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia: https://www.aspi-indonesia.or.id/standar-dan-layanan/qris/

Bank Indonesia. (2022, Desember 30). QR Code Indonesian Standard (QRIS), Apa itu QRIS? Retrieved from Kanal dan Layanan: https://www.bi.go.id/QRIS/default.aspx

Basmantra, I. N., & Liman, N. (2022). Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Educational. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Bisnis Bali. (2020, Oktober 21). MDR QRIS Nol Persen Bagi Merchant UMI dan UMKM Diperpanjang. Denpasar, Bali, Indonesia. Retrieved from http://bisnisbali.com/mdr-qris-nol-persen-bagi-merchant-umi-dan-umkm-diperpanjang/

Breidert, C., Hahsler, M., & Reutterer, T. (2015). A Review of Methods for Measuring Willingness-To-Pay. Innovative Marketing.

Carera, W. B., Gunawan, D. S., & Fauzi, P. (2022). Analisis Perbedaan Omset Penjualan UMKM Sebelum dan Sesudah Menggunakan QRIS di Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA), 24(1), 48-57.

CNN. (2021, Februari 18). Gratis MDR QRIS Usaha Mikro Diperpanjang ke 31 Desember 2021. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210218180158-78-608057/gratis-mdr-qris-usaha-mikro-diperpanjang-ke-31-desember-2021

Creswell, J. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage.

Damanik, D. (2019). WILLINGNESS TO PAY (WTP) PENGUNJUNG MUSEUM SIMALUNGUN DI KOTA PEMATANGSIANTAR. Jurnal IKRA - ITH Ekonomi, 2(3), 9-16.

Febrian, A. (2022, Mei 30). Dilarang keras menyalin, memodifikasi, produksi ulang, menerbitkan ulang, upload ulang, serta mendistribusikan ulang semua konten Business Insight dalam bentuk apa pun tanpa izin tertulis terlebih dahulu dari Kontan. Semua konten dalam Business Insight ad. Retrieved from https://insight.kontan.co.id/news/mendorong-transaksi-usaha-mikro-bi-perpanjang-relaksasi-biaya-qris-1

Karniawati, N., Darma, G. S., Mahyuni, L. P., & Sanica, I. (2021). Community Perception of using QR Code Payment in Era New Normal. ParArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 18(1), 3986-3999.

Katadata. (2021, November 18). BI Perpanjang Tarif QRIS 0% untuk Usaha Mikro Hingga Juni 2022. Retrieved from https://katadata.co.id/

Lehoux P., B. P. (2006). Focus group research and "the patient's view". Social Science and Medicine, 63, 2091-2104.

Mahyuni, L. P., & Setiawan, I. A. (2021). Bagaimana QRIS menarik minat UMKM? sebuah model untuk memahami intensi UMKM menggunakan QRIS. Forum Ekonomi, 23(4), 735-747.

Marina, S., Kartini, D., Sari, D., & Padmasasmita, S. (2016, December). Customer Loyalty as the implication of price fairness determined by relationship marketing and service quality of airline services. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 11(2), 43-51.

Mayanti, R. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penerimaan User Terhadap Penerapan Quick Response Indonesia Standard Sebagai Teknologi Pembayaran Pada Dompet Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(2), 123-135.

MBN. (2022, Desember 30). Willingness to pay – definition and meaning. Retrieved from Market Business News: https://marketbusinessnews.com/financial-glossary/willingness-pay-definition-meaning/

Nisa, Y. (2019). Customer Loyalty - Does pricing matter? A study of the managers’ perspective. Lulea: Lulea University of Technology, Department of Business Administration.

Paydia. (2021, November 5). Daftar QRIS Merchant Meningkat, BI Perpanjang Tarif 0%. Retrieved from https://paydia.id/daftar-qris-merchant-meningkat-bi-perpanjang-tarif-0/

Riana, E. T., Mukson, & Roessali, W. (2019). ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) KONSUMEN TERHADAP BERBAGAI JENIS BERAS ORGANIK DI KOTA SEMARANG (KASUS DI PASAR MODERN GELAEL SIGNATURE). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 3(4), 689-700.

Saputri, O. B. (2020). Preferensi konsumen dalam menggunakan quick response code indonesia standard (qris) sebagai alat pembayaran digital. KINERJA, 17(2), 237-247.

Seputri, W., & Yafiz, M. (2022). QRIS Sebagai Alat Transaksi Digital Generasi Z: Analisi Faktor. ADZKIYA: Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah, 10(02), 139-148.

Setyowati, D. (2019, September 18). BI: Biaya Transaksi Kode QR 0,7% Tergolong Murah. Retrieved from Digital: https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5e9a4e6d6b217/bi-biaya-transaksi-kode-qr-07-tergolong-murah

Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020, April). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287-297.

Silalahi, P. R., Tambunan, K., & Batubara, T. R. (2022). Dampak Penggunaan QRIS Terhadap Kepuasan Konsumen Sebagai Alat Transaksi. Jurnal Ilmah Multidisiplin, 1(2), 122-128.

Stobierski, T. (2020, Oktober 20). WILLINGNESS TO PAY: WHAT IT IS & HOW TO CALCULATE. Retrieved from Harvard Business School Online: https://online.hbs.edu/blog/post/willingness-to-pay

Suheriadi. (2022, Desember 23). BI Perpanjang Relaksasi Pengguna Kartu Kredit hingga 30 Juni 2023. Retrieved from https://www.fortuneidn.com/finance/suheriadi/bi-perpanjang-relaksasi-pengguna-kartu-kredit-hingga-30-juni-2023

Universitas Pattimura. (2020, Maret 12). SOSIALISASI IMPLEMENTASI QR CODE INDONESIA STANDAR (QRIS). Retrieved from https://www.unpatti.ac.id/2020/03/sosialisasi-implementasi-qr-code-indonesia-standar-qris/

Wiratmini, N. P. (2020, Februari 5). Implementasi QRIS: Merchant Keluhkan Biaya 0,7 Persen. (A. S. Rini, Editor) Retrieved from Bisnis.com: https://finansial.bisnis.com/read/20200205/90/1197655/implementasi-qris-merchant-keluhkan-biaya-07-persen

Yuliati, T., & Handayani, T. (2021). Pendampingan Penggunaan Aplikasi Digital QRIS Sebagai Alat Pembayaran Pada UMKM. Community Development Journal, 2(3), 811-816.




DOI: https://doi.org/10.21107/infestasi.v19i1.19695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 InFestasi

Creative Commons License

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.