ANALISIS POTENSI, PREFERENSI DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP BANK SYARIAH DI KABUPATEN PAMEKASAN
Abstract
Bank syariah di Indonesia saat ini mengalami
perkembangan yang cukup pesat. Hal ini terjadi karena adanya
perubahan regulasi yang semakin mempermudah pendirian dan
beroperasinya bank syariah. Selain itu, masyarakat Indonesia yang
sebagian besar beragama Islam dimungkinkan bisa menjadi potensi
besar bagi perkembangan bank syariah, salah satunya di wilayah
kabupaten Pamekasan-Madura yang memiliki adat keislaman kuat.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat potensi, preferensi dan perilaku
masyarakat Pamekasan terhadap bank syariah. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa masyarakat Pamekasan memiliki potensi yang
cukup besar untuk perkembangan bank syariah yang bisa dijelaskan
melalui faktor demografi dan ekonomi. Prefferensi memperlihatkan
bahwa masyarakat Pamekasan memilki sikap menerima prinsip dan
produk syariah yang ditunjukkan oleh pengaruh variabel independen
sistem sosial (X
2), kompatibilitas (X
3), Kompleksitas (X
4
), dan Persepsi
(X
6
). Sedangkan perilaku masyarakat Pamekasan menunjukkan
bahwa mereka berminat untuk menabung dan mendapatkan
pembiayaan dari bank syariah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Al-Qur’an dan Terjemahnya
Ali, Zainuddin. 2008. Hukum Perbankan Syariah. Jakarta: Sinar Grafika.
Bank Indonesia. 2000. Potensi, Preferensi dan Perilaku Masyarakat terhadap Bank
Syariah di Jawa Barat, Jakarta.
_____________. 2000. Potensi, Preferensi dan Perilaku Masyarakat terhadap Bank
Syariah di Wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta, Jakarta.
_____________. 2000. Potensi, Preferensi dan Perilaku Masyarakat terhadap Bank
Syariah Study padaWilayah Propinsi Jawa Timur, Jakarta.
_____________. 2002. Cetak Biru Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia,
Jakarta.
_____________. 2004. Potensi, Preferensi dan Perilaku Masyarakat terhadap Bank
Syariah di Sumatera Selatan, Jakarta.
_____________. 2004. Potensi, Preferensi dan Perilaku Masyarakat terhadap Bank
Syariah di Kalimantan Selatan, Jakarta.
_____________. 2004. Cetak Biru Pengembangan Perbankan Syariah, Modul yang
disampaikan dalam Pelatihan Perbankan Syariah di Malang, 21-24
September 2004.
_____________. 2008. Kebijakan Pengembangan Perbankan Syariah. Makalah yang
disampaikan dalam Festival Ekonomi Syariahdi Universitas Gajah Mada,
Jogjakarta 9-12 Februari 2008
Direktorat Perbankan Syariah. 2004. Ketentuan Bank Indonesia untuk Perbankan
Syariah. Modul yang disampaikan dalam Pelatihan Perbankan Syariah
di Malang, 21-23 September 2004.
Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.
Semarang: BP Universitas Diponegoro.
Harahap, Sofyan S. 2008. Peranan Bank Syariah dalam Mendorong Sektor Riil.
Muamalah Jurnal Ekonomi Syariah, Vol.5. Februari: 47-64.
Harahap, Sofyan S, Wiroso dan Muhammad Yusuf. 2006. Akuntansi Perbankan
Syariah. Edisi revisi. Jakarta: LPFE-Usakti
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis untuk
Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Karim, Adi Warman Azwar. 2008. Perbankan Syariah Tahun 2008. Muamalah
Jurnal Ekonomi Syariah. Vol 5, Februari 2008. Shariah Economic Forum
UGM.
Kotler, Philip. 1997. Marketing Management: Analysis, Planing, Implementation, and
Control. Ninth Edition. New York: McGraw-Hill Int. Edition.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. Jakarta:
Prenhallindo.
Mowen, John C dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen Jilid 1. jakarta:
Erlangga.
Muflih, Muhammad, 2006. Perilaku Konsumen dalam perspektif Ilmu Ekonomi
Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Nasution, 2000. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara
Oktarina. 2006. SPSS 13.0 untuk Orang Awam. Palembang: Maxicom
Peter, I Paul dan Jerry C Olson. 1999. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan
Strategi Pemasaran.Edisi 4. alih bahasa oleh Damos sihombing. Jakarta:
Erlangga.
Prasetijo, Ristiyanti dan John J.O.I Ihalauw. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: ANDI.
Rifai, Mien Ahmad. 2007. Manusia Madura: Pembawaan, Perilaku, Etos Kerja,
Penampilan, dan Pandangan Hidupnya seperti Diceritakan Peribahasanya.
Yogyakarta: Pilar Media.
Slamet, Eddy Juwono. 1999. Madura Masa Lalu, Kini dan Masa yang Akan Datang,
makalah yang disampaikan dalam Seminar Nasional Teknik Elektro
ITS tanggal 27 MAret 1999.
Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama.
Wibisana, M. Yusuf, Iwan Triyuwono, Nurkholis, A. Erani Yustika. 1999. Studi
Pendahuluan POersepsi Masyarakat tentang Bank Perkreditan Rakyat
Syariah. Malang: Centre for Business & Islamic Economics Studies –
Faculty of Economics Brawijaya University dan Bank Indonesia Jakarta.
Wiyata, Abdul Latief. 2000. Madura Jangan Dipandang Sebelah Mata, Kompas:
Kamis 9 November 2000.
Wulandari, Suci. 2003. “Memajukan Bank Syariah dengan Kommunikasi Pemasaran
Terpadu”. Perbankan Syariah Masa Derpan. Jakarta: Senayan Abadi
Publishing
DOI: https://doi.org/10.21107/infestasi.v4i1.1166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Atina Maskurotin, M. Nizarul Alim, Muhammad Syam Kusufi
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.