PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENGUKURAN KINERJA PADA BADAN USAHA BERBENTUK RUMAH SAKIT (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Daerah Syarifah Ambami Rato Ebu Kabupaten Bangkalan )

Rona Alfiani Ramadhani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk : menggambarkan sistem
pengukuran kinerja yang selama ini diterapkan pada Rumah Sakit
Umum Daerah Syarifah Ambami Rato Ebu ; menggambarkan
penggunaan Balanced Scorecard terhadap pengukuran kinerja Rumah
Sakit Umum Daerah Syarifah Ambami Rato Ebu ; mengevaluasi sampai
sejauh mana penerapan Balanced Scorecard sebagai alat analisis yang
komprehensif dan koheren pada Rumah Sakit Umum Daerah Syarifah
Ambami Rato Ebu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif komparatif. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi
dan wawancara serta penelitian kepustakaan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Pengukuran kinerja yang
selama ini diterapkan di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu adalah
dengan menggunakan Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah
(LAKIP). Namun pengukuran kinerja dengan menggunakan metode
Balanced Scorecard lebih komprehensif, akurat, dan terukur, (2)
pengukuran kinerja melalui perspektif keuangan menunjukkan kondisi
yang sudah meningkat dan telah berhasil meningkatkan pendapatan
operasional rumah sakit meskipun belum berhasil menekan biaya
operasional, (3) pada perspektif pelanggan, RSUD Syarifah Ambami
Rato Ebu telah melaksanakan 3 kebijakan pengobatan pasien dengan
baik dan bertambahnya jumlah pasien, (4) pada perspektif proses bisnis
internal secara umum memperlihatkan bahwa kinerja pelayanan
terhadap pasien semakin baik serta telah melaksanakan inovasi dan
memberikan layanan purna jual yang memadai dan memuaskan
pelanggan, (5) pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan terlihat
peningkatan dalam usaha rumah sakit menciptakan SDM yang
kompeten dan memperhatikan kepuasan karyawan, dan (6) keempat
perspektif pada rerangka Balanced Scorecard RSUD Syarifah Ambami
Rato Ebu memiliki keterkaitan antara yang satu dengan yang lain dengan
menambahkan perspektif yang kelima, yaitu SPI untuk pendekatan
baru instalasi pemerintah yang lebih berfokus pada pelanggan

Keywords


perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan

References


Arens, Alvin and James K. Loebbecke. 2000. Auditing an Integrated, 8

th

Edition.

New Jersey : Prentice-Hall International.

Bastian, Indra dan Gatot Soepriyanto. 2003. Sistem Akuntansi Sektor Publik : Konsep

Untuk Pemerintah Daerah. Jakarta : Salemba Empat.

BPPK RI (Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan RI). 2008. Perwujudan

Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui Akuntansi Sektor Publik.

Http://www.bppk.depkeu.go.id/jurnal-akuntansi-pemerintah/

perwujudan-transparansi-dan-akuntabilitas-publik-melalui-akuntansi-sektor-publik.html, diakses 10 Juni 2009.

Brigham, Eugene F dan Joel. F. Houston. 2001. Manajemen Keuangan. Jakarta :

Erlangga.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk

Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta : BPFE.

Kaplan, Robert. S dan David P. Norton. 2000. Balanced Scorecard : Menerapkan

Strategi Menjadi Aksi. Jakarta : Erlangga.

Mahmudi. 2007. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Andi.

Martono dan Agus Harjito. 2004. Manajemen Keuangan. Yogyakarta : Ekonisia.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. 2001. Balanced Scorecard : Alat Manajemen Kontemporer Untuk Pelipatganda

Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta : Salemba Empat.

Prasetyono dan Nurul Kompyurini. 2007. Analisis Kinerja Rumah Sakit Daerah

Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Berdasarkan Komitmen Organisasi,

Pengendalian Intern dan Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate

Governance (GCG). Simposium Nasional Akuntansi X.

Prihandini, Septiana dan Toto Sugiharto. 2006. Penilaian Kinerja Perusahaan

Dengan Metode Kartu Skor Keseimbangan Pada PT Sariwangi A.E.A. Majalah

Ekonomi dan Komputer, No. 2 : 83-96.

Srimindarti, Cecilia. 2004. Balanced Scorecard Sebagai Alternatif Untuk Mengukur

Kinerja. Http://www.google.go.id/idtesis:balanced-scorecard-sebagai-alternatif.html, diakses 12 Maret 2009.

Zelman, William N, George H. Pink and Catherine B. Matthias. 2003. Use of the

Balanced Scorecard in Health Care. Journal of Health Care Finance, Vol. 29.

No. 4 : 1-16.

Http://www.google.go.id/rumah-sakit.html, diakses 12 Maret 2009.




DOI: https://doi.org/10.21107/infestasi.v5i1.1164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Rona Alfiani Ramadhani

Creative Commons License

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.