Potret Pelaporan SPT Tahunan melalui E-Filing pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
This study aims to describe and explore the annual SPT reporting service for individual taxpayers through e-filing at KPP Pratama Bangkalan with tax volunteers during the Covid-19 pandemic, as well as public responses in this case individual taxpayers regarding SPT reporting services. Annual individual taxpayers through e-filing at KPP Pratama Bangkalan during the Covid-19 pandemic. The method in this research is qualitative with a case study approach. The results of the study indicate that the preparation and implementation of the annual tax return reporting service through e-filing during the covid-19 pandemic has gone very well. Annual SPT reporting services during the pandemic are carried out through virtual Integrated Service Places (TPT). Various preparations for the implementation of SPT reporting services have been carried out, both by KPP Pratama Bangkalan and tax volunteers. In the process of SPT reporting services, they still face various obstacles. Various efforts have been made, so that this virtual TPT service can run optimally. In addition, the response of taxpayers to KPP services is that it has been going well. Taxpayers who report their Annual SPT are served as much as possible even though they are virtual.
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk menggambarkan serta mengeksplorasi tentang pelayanan pelaporan SPT Tahunan wajib pajak orang pribadi melalui e-filing pada KPP Pratama Bangkalan bersama relawan pajak di masa pandemi Covid-19, serta tanggapan masyarakat dalam hal ini wajib pajak orang pribadi mengenai pelayanan pelaporan SPT Tahunan wajib pajak orang pribadi melalui e-filing pada KPP Pratama Bangkalan di masa pandemi Covid-19. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan hingga pelaksanaan pelayanan pelaporan SPT Tahunan wajib pajak melalui e-filing di masa pandemi covid-19 sudah berjalan sangat baik. Pelayanan pelaporan SPT Tahunan pada masa pandemi dilaksanakan melalui Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) virtual. Berbagai persiapan untuk pelaksanaan pelayanan pelaporan SPT telah dilakukan, baik oleh KPP Pratama Bangkalan maupun relawan pajak. Dalam proses pelayanan pelaporan SPT, masih menghadapi berbagai hambatan. Berbagai upaya telah dilakukan, agar pelayanan TPT virtual ini dapat berjalan maksimal. Selain itu, tanggapan wajib pajak terhadap pelayanan KPP yaitu sudah berjalan baik. Wajib pajak yang melaporkan SPT Tahunan dilayani semaksimal mungkin walaupun secara virual.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Artawan, I. G. P. (2020). The Effect of Service Quality to Build Taxpayer Trust and Satisfaction on Increasing Taxpayer Compliance in Gianyar Regency. International Journal of Contemporary Research and Review, 11(09), 21868–21883. https://doi.org/10.15520/ijcrr.v11i09.842
Agustiningsih W, & Isroah. (2016). Pengaruh Penerapan E-Filing, Tingkat Pemahaman Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di KPP Pratama Yogyakarta. Jurnal Nominal, Vol. 5 No 2, DOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v5i2.11729
Covid19.go.id. 9 Februari 2021. Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. https://covid19.go.id/p/masyarakat-umum/pemberlakuan-pembatasan-kegiatan-masyarakat-ppkm-berbasis-mikro-9-22-februari-2021. Diakses pada 23 April 2021.
Creswell, Jhon W. 2014. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustala Belajar.
Darmayasa I. N, Wibawa B. P, & Nurhayanti K. (2020). E-Filling dan Relawan Pajak Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Kajian Akuntansi, Vol. 4 No. 2, 208-227. DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jka.v4i2.3949
DDTC. 2020. Apa itu Kepatuhan Pajak?. https://news.ddtc.co.id/apa-itu-kepatuhan-pajak-19757. Diakses pada 10 Agustus 2021.
DJP (Direkrtorat Jenderal Pajak). 2020. Laporan Kinerja Direktorat Jenderal Pajak 2020. https://www.pajak.go.id/sites/default/files/2021-02/LAKIN%20DJP%202020.pdf. Diakses pada 30 April 2021.
DJP (Direktorat Jenderal Pajak). 2020. Saluran Komunikasi Pelayanan SPT Tahunan di Lingkungan Kanwil Suluttenggomalut. https://www.pajak.go.id/id/siaran-pers/saluran-komunikasi-pelayanan-spt-tahunan-di-lingkungan-kanwil-suluttenggomalut. Diakses pada 10 Juni 2021.
DJP (Direkrtorat Jenderal Pajak). 2021. Terima Kasih Relawan Pajak, Ini Harapan Kedepan. https://www.pajak.go.id/id/artikel/terima-kasih-relawan-pajak-ini-harapan-ke-depan. Diakses pada 05 Mei 2021.
Dwianika A, Nurhidayah F, Azizah N. N. (2018). Relawan Pajak: Tidak Hanya Sekedar Mengerti Pajak (Motivasi Layanan dan Implikasinya pada Kepuasan WPOP/UMKM). Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Sembadha 2018, Vol. 1 Edisi 1
Dwianika, A., & Sofia, I. P. (2019). Relawan Pajak: Bagaimana Pelatihan Pajak Mempengaruhi Kepuasan Wajib Pajak Pada Masyarakat Urban? (Studi Pada Tax Centre Universitas Pembangunan Jaya). Keberlanjutan, 4(2), 1176. Https://Doi.Org/10.32493/Keberlanju tan.V4i2.Y2019.P1176-1191
Edukasi pajak.go.id. 2020. Nota Dinas Relawan Pajak. http://edukasi.pajak.go.id/images/relawan_pajak/ND_RELAWAN_2020.pdf. Diakses pada 10 Agustus 2021
Kemenkeu.go.id. 2020. Penerimaan Pajak Capai Rp1.019,56 Triliun atau 85,65% dari Target. https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/penerimaan-pajak-capai-rp1019-56-triliun-atau-85-65-dari-target/. Diakses pada 30 April 2021.
Suartana, I Wayan, 2010. Akuntansi Keprilakuan Teori dan Implementasi, Cetakan Pertama, Andi Offset, Denpasar.
Susmita P. R & Supadmi N.L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak, dan Penerapan E-Filing pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi, Vol. 14 No. 2
Syakura, M. A., & Baridwan, Z. (2014). Determinan Perencanaan Pajak dan Perilaku Kepatuhan Wajib Pajak Badan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 5(2), 185–201. https://doi.org/10.18202/jamal.2014.08.5017
Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).
Weiner, B. (2010). Attribution Theory. The Corsini Encyclopedia of Psychology, December. DOI: https://doi.org/10.1002/97804704792 16.corpsy0098
Yasa I N. P, Artini Ni M. A. S. P, Astari L. M, & Sari Ni P. P. (2021). Mengungkap Persepsi Wajib Pajak Atas Pendampingan Relawan Pajak. Jurnal Akuntansi Bisnis, Vol. 14 No. 1, 73-81. DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jab.v14i1.2453
DOI: https://doi.org/10.21107/infestasi.v17i2.11517
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Khy'sh Nusri Leapatra Chamalinda, Fariyana Kusumawati
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.