PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN

Nirma Kurriwati

Abstract


Kualitas produk merupakan hal yang penting yang harus diusahakan oleh setiap perusahaan jika ingin yang dihasilkan dapat bersaing di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Semakin bertambah dewasanya pikiran konsumen dalam mempertimbangkan kualitas suatu produk yang dipilihnya, sehingga menuntut perusahaan untuk selalu memperbaiki kualitas produk mereka. Tingkat kepuasan pelanggan sangat bergantung pada mutu suatu produk. Tingkat kualitas yang tinggi akan menghasilkan kepuasan pelanggan yang tinggi. Dengan menjaga kepuasan konsumen akan meningkatkan kelangsungan hubungan dengan konsumen lama dan terus membina konsumen baru. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya terhadap loyalitas konsumen.Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban responden konsumen shampo clear di Surabaya (Kecamatan Gubeng) sebanyak 100 responden. Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur atau path analisys dengan menggunakan software AMOS. Hasil yang diperoleh bahwa kualitas  berpengaruh terhadap kepuasan dan selanjutnya kepuasan tersebut berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.


Keywords


kualitas; kepuasan; loyalitas

References


Alma, Buchari. 2004 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: ALVABETA.

Arikunto, Suhasimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cooper, Donald R and William Emory, Business Research Methods. Sixth editions, Edisi Indonesia, Penerbit: Erlangga, Jakarta, 1999.

Rismiati, E. Catur dan Bondan Suratno. 2001. Pemasaran Barang dan Jasa. Jakarta: Kanisius.

Ferdinand, Augusty. 2002. Structural Ecuation Model Dalam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ferrinadewi, Erna dan Didit Darmawan. 2004. Perilaku Konsumen: Analisis Model Keputusan. Yogyakarta: Atmajaya Press.

Ghozali, Imam. 2008. Model Persamaan Struktural Konsep & Aplikasi Dengan Program AMOS 16.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. 1991. Customer Loyalty: How To earn It, How To Keep It. New York: Simon and Schuster, Inc.

Heyzon dan Wenny Marlina. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesetiaan terhadap Merek Pasta Gigi Pepsodent di Surabaya. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi Vertura Vol. 6. No. 1, April, Hal 98-114

Idriantono, Nur dan Bambang Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Prentice Hall.

____________. 2004. Manajemen Pemasaran, jilid 2 edisi kesebelas. Jakarta: PT. Indeks.

____________. dan Gary Armstrong. 2000. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta:

Indeks.

Lele, Miliand M dan Jagdish N. Shet.1996. Pelanggan Kunci Keberhasilan. Jakarta: Mitra Utama.

McCarty, E. Jerome dan William D. Perrealt. 1993. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mowen, John. dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen, jilid 2, Edisi kelima. Jakarta:Erlangga.

Nazir, M. 2005. Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Peter, Paul J dan Jerry C. 1999.Olson, Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi keempat, Jakarta: Erlangga.

Samuel, Hatane dan Fudjiawati. 2005. Pengaruh Kepuasan Terhadap Kesetiaan Merek (Studi Kasus Restoran The Prime & Stick Ribs Surabaya, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 7, No.1, Maret Hal 74-82.

Santoso Singgih, 2007. Structural Equation Modeling. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Stanton j. William, Fundamental of Marketing, Ninth Edition, Penerbit: Mc Graw hill Inc, 1991.

Sugiyono, 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Suprapto, J. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Swastha, Basu. 2002. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi dua. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Jogjakarta: Andi.

____________ dan Anastasia Diana. 2000. Total Quality Management. Edisi Revisi. Jogjakarta: Andi.

Umar Husen. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.

Zeithaml, Valerie A. and Marry Jo Bitner. 2000. Service Marketing: Integating Curtomer Focus Across The Firm. Irwin Mc Graw Hill.

www.swa.co.id

www.unileverindonesia.co.id




DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v1i1.994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Eco-Entrepreneur



 

slot777

slot gacor hari ini

amacelectricalcontracting.com

slot gacor

https://agen228.com/

Slot88

toto slot

toto togel

choicehomecontractors.com

toto 4d

Sabung Ayam

toto slot

toto slot

Sabung Ayam

slot thailand

ceri123

mamen4d

ak4d

fyp805

https://pdips.uniramalang.ac.id/ situs toto toto slot

situs toto

slot thailand

pin4d

ace777

toto 4d

slot777

slot dana

slot gacor

daya4d

daya4d

daya4d

situs slot gacor resmi

situs toto slot gacor depo dana 10k

scatter hitam

slot777

slot88

hakata136

slot dana

kakek188

nenek188

ini777

viva138

https://aimmslhr.edu.pk/

https://avenuemall.pk/

https://zoom.thestraightchoice.org/

slot gacor

vega168

slot777

slot gacor

viva138

viva138

wak89 link

toto slot

slot maxwin

slot online thailand

demo slot

situs toto

bantogel

ajo89

ajo89

toto slot

situs toto

iso777

SLOT777

situs toto

bantogel

situs gacor

situs togel

situs togel

zonatoto

situs slot online

demo mahjong

zonatoto

gatotkaca123

mainaja

klik555

mainaja

situs slot online mudah menang di indonesia

BIROTOTO

COLOKTOTO

laetoto

Slot server thailand

zonatoto