PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN
Abstract
Kualitas produk merupakan hal yang penting yang harus diusahakan oleh setiap perusahaan jika ingin yang dihasilkan dapat bersaing di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Semakin bertambah dewasanya pikiran konsumen dalam mempertimbangkan kualitas suatu produk yang dipilihnya, sehingga menuntut perusahaan untuk selalu memperbaiki kualitas produk mereka. Tingkat kepuasan pelanggan sangat bergantung pada mutu suatu produk. Tingkat kualitas yang tinggi akan menghasilkan kepuasan pelanggan yang tinggi. Dengan menjaga kepuasan konsumen akan meningkatkan kelangsungan hubungan dengan konsumen lama dan terus membina konsumen baru. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya terhadap loyalitas konsumen.Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban responden konsumen shampo clear di Surabaya (Kecamatan Gubeng) sebanyak 100 responden. Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur atau path analisys dengan menggunakan software AMOS. Hasil yang diperoleh bahwa kualitas berpengaruh terhadap kepuasan dan selanjutnya kepuasan tersebut berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alma, Buchari. 2004 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: ALVABETA.
Arikunto, Suhasimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Cooper, Donald R and William Emory, Business Research Methods. Sixth editions, Edisi Indonesia, Penerbit: Erlangga, Jakarta, 1999.
Rismiati, E. Catur dan Bondan Suratno. 2001. Pemasaran Barang dan Jasa. Jakarta: Kanisius.
Ferdinand, Augusty. 2002. Structural Ecuation Model Dalam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ferrinadewi, Erna dan Didit Darmawan. 2004. Perilaku Konsumen: Analisis Model Keputusan. Yogyakarta: Atmajaya Press.
Ghozali, Imam. 2008. Model Persamaan Struktural Konsep & Aplikasi Dengan Program AMOS 16.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, Jill. 1991. Customer Loyalty: How To earn It, How To Keep It. New York: Simon and Schuster, Inc.
Heyzon dan Wenny Marlina. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesetiaan terhadap Merek Pasta Gigi Pepsodent di Surabaya. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi Vertura Vol. 6. No. 1, April, Hal 98-114
Idriantono, Nur dan Bambang Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Prentice Hall.
____________. 2004. Manajemen Pemasaran, jilid 2 edisi kesebelas. Jakarta: PT. Indeks.
____________. dan Gary Armstrong. 2000. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta:
Indeks.
Lele, Miliand M dan Jagdish N. Shet.1996. Pelanggan Kunci Keberhasilan. Jakarta: Mitra Utama.
McCarty, E. Jerome dan William D. Perrealt. 1993. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Mowen, John. dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen, jilid 2, Edisi kelima. Jakarta:Erlangga.
Nazir, M. 2005. Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Peter, Paul J dan Jerry C. 1999.Olson, Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi keempat, Jakarta: Erlangga.
Samuel, Hatane dan Fudjiawati. 2005. Pengaruh Kepuasan Terhadap Kesetiaan Merek (Studi Kasus Restoran The Prime & Stick Ribs Surabaya, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 7, No.1, Maret Hal 74-82.
Santoso Singgih, 2007. Structural Equation Modeling. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Stanton j. William, Fundamental of Marketing, Ninth Edition, Penerbit: Mc Graw hill Inc, 1991.
Sugiyono, 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
Suprapto, J. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Swastha, Basu. 2002. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi dua. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Jogjakarta: Andi.
____________ dan Anastasia Diana. 2000. Total Quality Management. Edisi Revisi. Jogjakarta: Andi.
Umar Husen. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.
Zeithaml, Valerie A. and Marry Jo Bitner. 2000. Service Marketing: Integating Curtomer Focus Across The Firm. Irwin Mc Graw Hill.
www.swa.co.id
www.unileverindonesia.co.id
DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v1i1.994
Refbacks
- There are currently no refbacks.