PENERAPAN ETIKA BISNIS DAN STRATEGI MANAJEMEN SAAT PANDEMI COVID-19 BAGI UMKM

Mohammad Haidar Ali

Abstract


UMKM sendiri di hadapkan pada permasalahan dimana penurunan bahan baku, penjualan, hambatan produksi maupun distribusi, kesulitan permodalan, dan kurang nya pengetahuan tekhnologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonfirmasi teori 5P dari Henri Mirtberg yaitu : Plan, Ploy, Pattern, Position, Perspective sebagai strategi setelah pendemi berlangsung. Dan juga mengenai etika bisnis yang di terapkan di tengah pendemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan wawancara melalui telephone/email, responden pada penelitian ini 18 orang yang sebagai pelaku bisnis di sektor UMKM. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Strategi yang di terapkan dengan pengimplementasian 5 P yaitu plan, ploy, pola, position, perspective sebagai upaya untuk mencapai keefektifan dan keefisien an suatu bisnis, dan juga tuntutan memiliki management knowledge atau pengetahuan manajemen untutk meningkatkan kinerja suatu bisnis.Penerapan Etika Bisnis dan strategi bisnis dilakukan demi terwujudnya keberlanjutan suatu usaha di masa pendemi global yang berlangsung dan juga ketika pendemi telah selesai demi penguatan manajemen bisnis.

Keywords


Etika Bisnis, Strategi Bisnis, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Data Sebaran 8 Juni 2020. (2020). https://covid19.go.id/.

Haa, S. Tong. et al.. (2016). Relationship between Knowledge Management and Organizational Performance: A Test on SMEs in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences 224 ( 2016 ) 184 – 189.

Jayanih, Dwi Hadya. (2020). Pemerintah Beri Stimulus, Berapa Jumlah UMKM di Indonesia?. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/04/08/pemerintah-beri-stimulus-berapa-jumlah-umkm-di-indonesia.

Keraf, A Sonny. 1998. Etika Bisnis (Tuntutan Dan Relevansinya). Kanisius, Yogyakarta.

Lund Pedersen, C.. Ritter, T. (2020). Preparing Your Business for a Post-pendemi World. https://hbr.org/2020/04/preparing-your-business-for-a-post-pandemic-world

Mintzberg, Henry. et al.. 1995. Strategy Proses. Prentice Hall. New Jesey.

Oktafia, R.. Hidayat, AR. (2018). Penguatan Kapasitas Pelaku Bisnis Mikro Melalui Penataan Pengelolaan Keuangan Usaha: Pandangan Islam. Jurnal Masharif al syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Vol. 3 No. 2.

Prastiyanti, Dinda P.. Yulianto. (2019). Media Promosi Pada Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, Volume 2, No. 2, October 2019.

Shahzad, A.. Chin, HK. (2020). Malaysian SMEs Performance and the use of E- Commerce: A Multi-Group Analysis of Click-and-Mortar and Pure-Play E-Retailers. Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences 2020, Vol. 14 (1), 01-33.

Sumiati, Rofiq, A.. Pramono, S. (2019). The Role of Strategic Planning and Flexibility in Shaping SMEs Market Orientation in Turbulence Business Environment. European Research Studies Journal Volume XXII, Issue 1, 2019 pp. 221-236

Tambunan, Tulus T.H.. (2009). UMKM di Indonesia. Ghalia Indonesia: Bogor.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor tahun 2008 tentang UMKM, Bab IV pasal 6.

Velasquez, Manuel G. (2005). Etika Bisnis, konsep dan kasus – edisi 5. Diterjemahkan: Ana Purwaningsih, Kurniato dan Totok Budisantoso. ANDI, Yogyakarta

Wahyuni, Endang D.. Wibawani, S. (2020). Pemberdayaan Pengurus Aisyiyah dengan Penguatan Manajemen Bisnis. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, vol 1 no 1, p. 13-17. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/janayu.




DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v6i1.8834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.