Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di De Classe Gelato and Coffee Kota Blitar

Cema Fani Kine Bimasyah, Redy Khoirianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen De Classe Gelato and Coffee Kota Blitar dan mendapatkan sampel sebanyak 222 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling menggunakan rumus slovin. Proses pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jawaban yang diukur dengan skala likert. Sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dan uji F dan uji Koefisien determinasi. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan masing-masing berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di De Classe Gelato and Coffee Kota Blitar.


Keywords


manajemen; marketing

References


Aisyah, N. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Produk Indomie (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Bekasi). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 3(2).

Bailia, J. F., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada warung-warung makan lamongan di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).

Gunawan, W. T. (2013). Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Texas Chicken Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 61-72.

Haryanto, R. A. (2013). Strategi promosi, kualitas produk, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada restoran McDonald’s manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Imron, I. (2019). Analisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode kuantitatif pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19-28.

Kotler, Keller.(2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Keller.(2016). Marketing Management 15e Global Edition. England. Pearson Education Limited.

Kotler, Philip & Gerry Armstrong. (2014). Principle Of Markeing. 15th edition new. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2015). Manajemen Pemasaran. Ed, 13 Jilid 2, Jakarta: Erlangga.

Lasander, C. (2013). Citra merek, kualitas produk, dan promosi pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen pada makanan tradisional. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Lumintang, G., & Rotinsulu, J. J. (2015). Analisis Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Holland Bakery Boulevard Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(1).

Masloman, M., Lumanauw, B., & Trang, I. (2015). Kualitas Pelayanan Dan Servicescape Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kentucky Fried Chicken Multimart Ranotana Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(4).

Nasution, S. M. A., & Nasution, A. E. (2021, October). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional, Biaya Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Jasa Gojek Di Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1, pp. 142-155).

Prasetio, A. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen. Management Analysis Journal, 1(1).

Putri, Y. M., Utomo, H., & Mar'ati, F. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Harga Dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Di Grand Wahid Hotel Salatiga. Among Makarti, 14(1).

Ramadhan, D., & Mahargiono, P. B. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Store Atmosphere Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Tepi Barat Rumah Kopi Rungkut Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(6).

Runtunuwu, J. G., Oroh, S., & Taroreh, R. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna café dan resto Cabana Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).

Sugiyono. (2016). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Windarti, T., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen produk donat madu (studi pada konsumen CV. Donat Madu Cihanjuang–Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University).




DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v8i2.17833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.