Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan

Vidi Hadyarti, Moh. Zaki Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh harga secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada LBB Star Home Private Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada LBB Star Home Private Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada LBB Star Home Private Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Berdasarkan uji t diketahui t hitung variabel harga sebesar 1,3032 dan t hitung variabel kualitas pelayanan sebesar 2,266 sedangkan dari hasil uji F diketahui bahwa F hitung sebesar 4,640. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hal tersebut menunjukkan bahwa: (1) Harga tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan di LBB Star Home Private Blitar. (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan di LBB Star Home Private Blitar. (3) Harga dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di LBB Star Home Private Blitar.

Keywords


Pengaruh Harga; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan

References


Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2014. Manajemen Pemasaran. Depok: PTRaja Grafindo Persada.

AkbarK. 2019. Analisis Pengaruh Harga, Brand Image, dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone atau Smartphone Samsung Jenis Android. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Diponegoro: Semarang.

Arikunto,Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Dewi, Dian Ayunita N.N. 2018. Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Researchgate.

Ferdiansyah, Mochamad Ivan. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Lembaga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Cabang Jember. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Jember: Jember.

Gofur, Abdul. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. Vol.4 No.1Hal.37-44.

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: UnitomoPress.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller. 2016. Manajemen Pemasaran: EdisiBahasa Indonesia. Jakarta: PTIndeks.

Kao, et al. 2015. Effect of Service Quality on Customer Loyalty- A Case ofTaiwanese Watson’s Personal Care Stores. Universal Journal ofManagement.Vol.3 No.5 hal. 187-197.

Lailia, Nimas. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Servis Bengkel AHASS 0002 Semarang Honda Center. Diponegoro Journal of Social and Politic. Hal.1-8.

Peningkatan Kinerja Pemasaran pada Industri Rumahan Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Jurnal Management IKM, Vol 11 No 2. 141-150.

Arief, Mohammad. 2017. Development strategy for SMEs in Madura Island based on environmental analysis. International Business Management, 11(12).

Kuncoro M., 2010, Ekonomika Pembangunan: Masalah, Kebijakan, dan Politik (Edisi.5), Jakar-ta: Penerbit Erlangga.

Dokumen resmi pemerintah Undang-undang Republik Indonesia. Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor Tahun 1992 tentang Perbankan. 1998 diper-banyak oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pratama, Yoga Andy. 2021. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan TerhadapKepuasan Pelanggan di PT Selo Agung Prima. Skripsi. Tidak diterbitkan.FakultasEkonomi. UniversitasIslam Balitar:Blitar.

Priyastama, Romie. 2017. Buku Sakti Kuasai SPSS. Bantul: PT Anak Hebat Indonesia.

Putri, Irmawati Harjani. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap KepuasanSiswa di Lembaga Pendidikan Primagama Gading Serpong. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Rambat, Lupiyoadi dan Hamdani. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa: Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Riana, Ayu Akir. 2012. Pengaruh Faktor Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kursus Privat (Studi Pada Siswa SMA Kemala Bhayangkari ISurabaya). Jurnal Fakultas Ekonomi UNESA. Vol. 1 No.1 Hal. 0-216.

Said, Miah dan Muhammad Yusuf Saleh. 2019. Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV Sah Media.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumolang, Herling Junior W, dkk. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Amarise Cake Tondano. Productivity Journal. Vol. 2 Nomor 7.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran: Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: PenerbitAndi.

Widyastuti, Anastasia Sofie. 2020. Pengaruh Kompetensi Tutor, Harga dan Prestasi Belajar siswa Terhadap Loyalitas Pelanggan Lembaga Bimbingan Belajar dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bina Manajemen.Vol.8 No.2 Hal. 78-89.




DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v8i2.17716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.