Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan

Vidi Hadyarti, Moh. Zaki Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh harga secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada LBB Star Home Private Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada LBB Star Home Private Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada LBB Star Home Private Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Berdasarkan uji t diketahui t hitung variabel harga sebesar 1,3032 dan t hitung variabel kualitas pelayanan sebesar 2,266 sedangkan dari hasil uji F diketahui bahwa F hitung sebesar 4,640. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hal tersebut menunjukkan bahwa: (1) Harga tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan di LBB Star Home Private Blitar. (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan di LBB Star Home Private Blitar. (3) Harga dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di LBB Star Home Private Blitar.

Keywords


Pengaruh Harga; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan

References


Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2014. Manajemen Pemasaran. Depok: PTRaja Grafindo Persada.

AkbarK. 2019. Analisis Pengaruh Harga, Brand Image, dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone atau Smartphone Samsung Jenis Android. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Diponegoro: Semarang.

Arikunto,Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Dewi, Dian Ayunita N.N. 2018. Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Researchgate.

Ferdiansyah, Mochamad Ivan. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Lembaga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Cabang Jember. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Jember: Jember.

Gofur, Abdul. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. Vol.4 No.1Hal.37-44.

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: UnitomoPress.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller. 2016. Manajemen Pemasaran: EdisiBahasa Indonesia. Jakarta: PTIndeks.

Kao, et al. 2015. Effect of Service Quality on Customer Loyalty- A Case ofTaiwanese Watson’s Personal Care Stores. Universal Journal ofManagement.Vol.3 No.5 hal. 187-197.

Lailia, Nimas. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Servis Bengkel AHASS 0002 Semarang Honda Center. Diponegoro Journal of Social and Politic. Hal.1-8.

Peningkatan Kinerja Pemasaran pada Industri Rumahan Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Jurnal Management IKM, Vol 11 No 2. 141-150.

Arief, Mohammad. 2017. Development strategy for SMEs in Madura Island based on environmental analysis. International Business Management, 11(12).

Kuncoro M., 2010, Ekonomika Pembangunan: Masalah, Kebijakan, dan Politik (Edisi.5), Jakar-ta: Penerbit Erlangga.

Dokumen resmi pemerintah Undang-undang Republik Indonesia. Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor Tahun 1992 tentang Perbankan. 1998 diper-banyak oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pratama, Yoga Andy. 2021. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan TerhadapKepuasan Pelanggan di PT Selo Agung Prima. Skripsi. Tidak diterbitkan.FakultasEkonomi. UniversitasIslam Balitar:Blitar.

Priyastama, Romie. 2017. Buku Sakti Kuasai SPSS. Bantul: PT Anak Hebat Indonesia.

Putri, Irmawati Harjani. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap KepuasanSiswa di Lembaga Pendidikan Primagama Gading Serpong. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Rambat, Lupiyoadi dan Hamdani. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa: Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Riana, Ayu Akir. 2012. Pengaruh Faktor Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kursus Privat (Studi Pada Siswa SMA Kemala Bhayangkari ISurabaya). Jurnal Fakultas Ekonomi UNESA. Vol. 1 No.1 Hal. 0-216.

Said, Miah dan Muhammad Yusuf Saleh. 2019. Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV Sah Media.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumolang, Herling Junior W, dkk. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Amarise Cake Tondano. Productivity Journal. Vol. 2 Nomor 7.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran: Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: PenerbitAndi.

Widyastuti, Anastasia Sofie. 2020. Pengaruh Kompetensi Tutor, Harga dan Prestasi Belajar siswa Terhadap Loyalitas Pelanggan Lembaga Bimbingan Belajar dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bina Manajemen.Vol.8 No.2 Hal. 78-89.




DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v8i2.17716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eco-Entrepreneur



 

slot777

slot gacor hari ini

amacelectricalcontracting.com

slot gacor

https://agen228.com/

Slot88

toto slot

toto togel

choicehomecontractors.com

toto 4d

Sabung Ayam

toto slot

toto slot

Sabung Ayam

slot thailand

ceri123

mamen4d

ak4d

fyp805

https://pdips.uniramalang.ac.id/ situs toto toto slot

situs toto

slot thailand

pin4d

ace777

toto 4d

slot777

slot dana

slot gacor

daya4d

daya4d

daya4d

situs slot gacor resmi

situs toto slot gacor depo dana 10k

scatter hitam

slot777

slot88

hakata136

slot dana

kakek188

nenek188

ini777

viva138

https://aimmslhr.edu.pk/

https://avenuemall.pk/

https://zoom.thestraightchoice.org/

slot gacor

vega168

slot777

slot gacor

viva138

viva138

wak89 link

toto slot

slot maxwin

slot online thailand

demo slot

situs toto

bantogel

ajo89

ajo89

toto slot

situs toto

iso777

SLOT777

situs toto

bantogel

situs gacor

situs togel

situs togel

zonatoto

situs slot online

demo mahjong

zonatoto

gatotkaca123

mainaja

klik555

mainaja

situs slot online mudah menang di indonesia

BIROTOTO

COLOKTOTO

laetoto

Slot server thailand

zonatoto

slot resmi

tunai777

agen bola

Slot online

slot online

sakti123.net

situs toto

situs toto

situs toto