Implementasi Strategi Concierge Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Hotel Shangri-La
Abstract
Di industri perhotelan Front Office Departemen sangat berperan penting dalam menunjang kelancaran operasional hotel, front office merupakan cerminanan terbentuknya citra baik atau buruknya hotel dimata para tamu melalui pelayanan yang diberikan. Sebagai salah satu divisi yang ada di front office, concierge memiliki tanggung jawab terhadap pelayanan kepada tamu mulai pada saat tamu datang hingga keberangkatan tamu dari Hotel. Untuk menunjang keberhasilan dalam melayani tamu tersebut, diperlukan adanya standar pelayanan atau SOP dan strategi-strategi yang harus dilakukan oleh ConciergeSection sebagai upaya untuk memastikan kepuasan tamu di Hotel Shangril-La Surabaya, karena kepuasan tamu merupakan tolak ukur dari keberhasilan kualitas pelayanan yang diberikan suatu hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi concierge dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan pada Hotel Shangri-La Surabaya sehingga akan berpengaruh terhadap kepuasan tamu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara analisis data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi secara langsung, wawancara kepada staffconcierge Hotel Shangri-La Surabaya, dan dokumentasi. Hasil dari penilitian menunjukan bahwa usaha concierge dalam meningkatkan kualitas pelyanan di Shangri-La Hotel Surabaya sudah cukup baik dengan menjalankan tugas sesuai prosedur kemudian strategi yang dilakukan oleh ConciergeSection Hotel Shangril-La Surabaya sudah memenuhi kualitas pelayanan pada tamu dengan mengimplementasikan indikator-indikator kepuasan tamu.
Keywords
Pelayanan; Kepuasan Tamu; Kualitas Pelayanan; Strategi, Implementasi Concierge Section
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v8i2.17696
Refbacks
- There are currently no refbacks.