Analisis Program One Village One Product (Ovop) Terhadap Pengembangan Jiwa Wirausaha Pengusaha Alas Kaki Di Kota Mojokerto
Abstract
This study aims to determine the effect of internal and external factors on the implementation of the One Village One Product (OVOP) program on the development of entrepreneurial soul both partially and simultaneously. This study used a quantitative approach to the method of data collection using a questionnaire. The sampling technique used is proportional sampling, with the total number of samples used are 39 respondents. Whereas the data analysis technique used is using multiple linear regression which is processed using SPSS 21 software. In this study, it was found that the influence of internal and external factors on the implementation of the One Village One Product (OVOP) program on the development of the entrepreneurial soul of the craftsman was positive and significant. Likewise, the influence of internal and external factors on the implementation of the One Village One Product (OVOP) program simultaneously had a positive and significant effect on the development of the entrepreneurial soul of the craftsman. These positive and significant influences indicate that the higher the internal and external factors can increase the development of the entrepreneurial soul of the craftsman Footwear in Mojokerto City.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan faktor eksternal pada pelaksanaan program One Village One Product (OVOP) terhadap pengembangan jiwa wirausaha pengusaha alas kaki di Kota Mojokerto baik secara parsial maupun simultan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah propotional sampling, dengan jumlah jumlah sampel yang digunakan sebanyak 39 responden. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan regresi linier berganda yang diolah menggunakan software SPSS 21. Pada penelitian ini ditemukan bahwa pengaruh faktor internal dan faktor eksternal pada pelaksanaan program One Village One Product (OVOP) terhadap pengembangan jiwa wirausaha pengusaha adalah positif dan signifikan. Begitu juga, pengaruh faktor internal dan faktor eksternal pada pelaksanaan program One Village One Product (OVOP) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan jiwa wirausaha pengusaha alas kaki di Kota Mojokerto. Pengaruh positif dan signifikan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi faktor internal dan faktor eksternal dapat meningkatkan pengembangan jiwa wirausaha pengusaha Alas Kaki di Kota Mojokerto.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 78/M-IND/PER/9/2007 tentang “Peningkatan Efektifitas Pengembangan Industri Kecil dan Menengah melalui Pendekatan Satu Desa Satu Produk (One Village One Product-OVOP) di Sentra.
Sega, Ndione Joseph & Suzuki Kanichiro. 2018 .The OVOP as a Tool to Develop Small and Medium-Sized Enterprises: Insightsfrom OVOP Enterpreneurial Experiencein Senegal. International Journal of Education and Research. Vol.6 No.3 (March2018)
Farah, Balqish. 2015. Pengaruh Jiwa Kewirausahaan terhadap Keberhasilan Usaha Distro di Kota Bandung (Study pada Distro yang terdaftar di Kick di Kota Bandung). Bandung.
Widiyatnoto, Erfikas. 2013. Pengaruh Jiwa Kewirausahaan dan Budaya Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMKN 1 Wonosari dan SMKN 2 Wonosari di Kabupaten Gunungkidul. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta
Safrudiansyah, Andi. 2016. Prosedur Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Oleh CENDI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta.
Nurbudiyani, Iin. 2015. Manajemen Pengembangan Kewirausahaan (Entrepreneurship) Siswa SMKN 2 Palangkaraya. Palangkaraya: Jurnal Pendidikan Vol 10 No 1
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian kualitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v7i2.12806
Refbacks
- There are currently no refbacks.