Analis Pengaruh Faktor Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura)
Abstract
Analisis Pengaruh Faktor Efikasi Diri Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Berwirausaha Studi Pada Mahasiswa Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. RM. Mochammad Wispandono, S.E., MS.,Penelitian ini dilatarbelakangi maraknya sarjana yang mencari kerja dan kurang nya minat menjadi seorang wirausaha untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah efikasi diri, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan sebagai variabel independen dan minat mahasiswaa berwirausaha sebagai variabel dependen. Objek yang digunakan adalah fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Trunojoyo Madura dengan populasi sebesar 2.904 mahasiswa dengan sampel menggunakan rumus slovin sebesar 97 mahasiswa dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah(a) Faktor Efikasi diri menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji t adalah thitung (2,849) > ttabel (1,66105) dengan nilai signifikan 0,005 < 0,05. Dengan demikian secara parsial faktor Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabe l Minat mahasiswa berwirausaha (b) Faktor Lingkungan Keluarga menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji t adalah thitung (4,406) > ttabel (1,66105) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dengan demikian secara parsial faktor Lingkungan keluarga berpengaruh po sitif dan signifikan terhadap variabel Minat mahasiswa berwirausaha (c) Faktor Pendidikan Kewirausahaan menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji t adalah thitung (2,908) > ttabel (1,6610) dengan nilai signifikan 0,005 < 0,05. Dengan demikian secara parsial Faktor Pendidiikan Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Minat mahasiswa berwirausaha (d) Hasil perhitungan SPSS 20 menunjukkan bahwa Fhitung (173,256) > Ftabel (3,09). Dengan demikian atau secara simultan variabel independent terhadap variabel dependen (Minat mahasiswa berwirausaha) (e) dari ketiga faktor nilai tertinggi adalah faktor Lingkungan keluarga sebesar 0,458 dengan nilai signifikan sebesar0,000 < 0,05
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Adhitama, Paulus Patria. 2014. “Faktor – faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha (Studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan bisnis undip, Semarang)”. (Skripsi dipublikasikan). Semarang: Universitas Diponegoro.
Al ayyubi, W. U. 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Melalui
Efikasi Diri Mahasiswa Universitas Swasta Di Jember(Doctoral dissertation).
Azzam, Hamza. 2016. Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha. Jember: jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.
Alma, Buchari. (2011). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.
Budy, D. A. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Kewirausahaan Terhadap Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Universitas 17
Agustus 1945 Jakarta. Journal
For Business And
Entrepreneurship, 1(1).
Dorry Yadewani, dkk. 2017. Pengaruh E – commerce terhadap minat berwirausaha (Study pada AMIK Jayanusa Padang). Vol. 1 No. 1 (2017) 64 – 69
Eka Aprilianty. (2012).Pengaruh kepribadian wirausaha, pendidikan kewirausahaan, dan lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor
, November 2012, hal 311-324.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hendryadi, dan Suryani. 2015. Metode Riset kuantitatif. Jakarta : Prenadamedia Group
Idrus, M. 2009. Metodologi Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta : PT. Gelora Akasara Pratama
Iftikhar, Dala Noor. (2017). “Pengaruh persepsi Jaminan Produk dan Kualitas Informasi terhadap Kepercayaan kepada perusahaan dan implikasi minat beli di E – Commerce (Studi di Bukalapak.com)”. Skripsi.
Semarang: Universitas Diponogoro (Skripsi dipublikasikan).
Jogiyanto. 2008. Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE
Javadi, M. H. J. dkk, 2012. An analysis of factors affecting on online shopping behavior, international journal of marketing studies; Vol.
, No. 5; 2012.
Kasali, Renald dkk, 2010, “Modul Kewirausahaan untuk Program Strata 1”, Bank Mandiri dan Yayasan Rumah Perubahan: Jakarta.
Kerlinger, 2006. Asas – Asas Penelitian Behaviour, Edisi 3, Cetakan 7. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada.
Lunenburg, Fred C. 2011. Self-Efficacy In The Workplace: Implications For Motivation And Performance. International Journal Of Management, Business, And Administration Volume 14, Number 1, 2011.
Mahesa, Adithya Dion. 2012. Analisis faktor – faktor motivasi yang mempengaruhi minat berwirausaha. Skripsi. Semarang: Universitas Diponogoro.
Mambu, Christie Natalia. 2019. The Influence Of Enterpreneur Knowledge, Family Experience With Business, Enterpreneunrial Education On The Interest Of Student Enterpreneurship In Ukm Universitas Sam Ratulangi. Faculty of economics and business, Internasional Business Administratio, Managemant Departement Sam Ratulangi Universty. Jurnal EMBA. Vol. 7
No. 1 Januari 2019 451 – 460.
Mustofa, Muchammad Arif. 2014.
Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy, Dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Skripsi, Sleman: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurrus Sofi, Rois Arifin dan A agus Priyono. 2017. Pengaruh E – Commerce Strategy, service performance dan kepuasan sebagai moderating variable terhadap loyalitas nasabah bank BRI Unisma Malang. E – jurnal. Universitas Malang.
Nugraha, Prayudi Sulistya. 2018.
Pengaruh Ekspetasi Pendapatan, Efikasi Diri dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Ogundele , O. J. K, dkk. 2012.
Entrepreneurship Training And Education As Strategic Tools For Poverty Alleviation In Nigeria. American International Journal of Contemporary Researc. Vol. 2
No. 1; January 2012
Padmawati, Mira Yuliana. 2017. Pengaruh Ekspektasi Pendapatan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Skripsi, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Peppy, P.S. 2017. Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Motivasi, Pendidikan Kewirausahaan, Dan Norma Subjektif Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2013-2014). Doctoral Dissertation. Fakultas Ekonomi.
Prihantoro, W. S. G. (2015). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluargaterhadap Sikap Mental Kewirausahaan Siswa Smk Negeri 1 Demak (Studi Pada Siswa Kelas Xi Pemasarantahun Ajaran
/2015) (Doctoral
Dissertation, Universitas Negeri
Semarang).
Ridwan, dan Kuncoro. 2011. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis jalur). Bandung
: Alfabeta
Rohayati, E. S., & Afriza, E. F. (2019).
Penguatan Niat Berwirausaha:
Pemberian Pendidikan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Mahasiswa. Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(1).
Safitri, Tria Yulius, dkk. 2018. “Analisis faktor – faktor yang memotivasi wanita berwirausaha melalui bisnis online
(Studi pada mahasiswi sekolah bisnis di Bandung): Bandung
Sari, Novita. "Analisis Pengaruh Kepribadian, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaanterhadap Minat Berwirausaha: Studi Kasus Pada Siswa/I Smk Purnama 1
Jambi." Jurnal Ekonologi Ilmu
Manajemen 5.1 (2018): 293-298.
Sintya, N. M. (2019). Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas Mahasaraswati Denpasar. Jsam (Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen), 1(1), 337-380.
Siswadi, Yudi. "Analysis Of Internal Factors, External Factors And Entrepreneurship Learning That Affect Student Interest In Entrepreneurship." Journal Of Management And Business 13.01 (2013).
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Siswadi, Yudi. 2013. Analisis faktor internal, faktor eksternal dan pembelajaran kewirausahaan yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwirausaha. Jurnal Manajemen & Bisnis, Vol
No. 01 April 2013 Issn 1693-
Setiawan, Deden. 2016. Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Doctoral Dissertation. Fakultas Ekonomi.
Setiyaningsih, Dewi. 2017. Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Pemanfaatan Business Center Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xi Jurusan Tata Niaga Smk Negeri 1 Bawang Banjarnegara. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Suhartini, Yati. 2011. Analisis faktor – faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwiraswasta ( Studi pada mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta.
Trihudiyatmanto, M. 2019. Membangun minat berwirausaha mahasiswa dengan pengaruh faktor E – commerce, pengetahuan kewirausahan dan gender. Jurnal PPKM, Vol. 6, No. 2, 93 – 103.
Wang. Clement K. dkk. 2014.
Enterpreneur interest of university student in Singapore. Centre for Entrepreneurship, National University of Singapore, Singapore 118412.
Widiyaningsih, Ari. 2015. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program (Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UNY), Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Yusuf, S. (2012). Perkembangan peserta didik, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zimmerer, Thomas W., dkk. (2010).
Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat.
DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v7i1.11541
Refbacks
- There are currently no refbacks.