Optimalisasi Sektor Pertanian Di Provinsi Jawa Tengah Untuk Pemberdayaan Petani Melalui Aplikasi Halal Tani

Naufal Haidar Farras, Muhammad Rizki F, Aulia Ramadhan

Abstract


Sektor pertanian memiliki kontribusi terhadap pembangunan, salah satunya di Provinsi Jawa Tengah. Provinsi di pulau jawa yang mempunyai kontribusi sektor pertanian paling tinggi terhadap PDRB yaitu sebesar. Dengan data tersebut, seharusnya petani dapat hidup sejahtera. Namun kenyataannya petani di Jawa Tengah memiliki kualitas hidup yang jauh dari kata layak, diantaranya pendapatan dan produktivitas yang rendah, kesulitan dalam pengajuan kredit, pendidikan rendah serta sistem irigasi yang belum optimal. Selain itu, nilai tukar petani pada Januari 2018 sebesar 103,00. Turun sebesar 0,48 dari bulan Desember 2017 yaitu sebesar 103,47.

Fokus penelitian ini adalah bagaiamana mengoptimalkan potensi sektor pertanian di Jawa Tengah dengan program pemberdayaaan sumberdaya yang ada melalui aplikasi Halal Tani berbasis financial technology (fintech).

Penulisan karya ilmiah ini dilakukan dengan studi literatur yang mendalam, yakni dengan menggunakan penulisan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dengan metode kepustakaan, dokumenter, intuitif subjektif. Proses analisis data yang dilakukan dalam penulisan ini terjadi secara bolak balik dan berinteraktif, yang terdiri dari: pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan analisis dan Pembahasan.

Hasil penelitian ini adalah bahwa dengan adanya program pemberdayaan bagi pelaku pertanian melalui Halal Tani, dapat meningkatkan taraf hidup petani, produktivitas meningkat, serta mudah mengajukan kredit usaha tani.


Keywords


Pertanian, Pemberdayaan, Fintech, Halal Tani

Full Text:

PDF

References


Agustono. (2013). Analisis sektor pertanian ditinjau dari peran terhadap pertumbuhan dan stabilitas produk domestik regional bruto di provinsi jawa tengah. Sepa, 9, 283–296.

Bank Indonesia. 2016. Financial Technology (FinTech): Analisa Peluang Indonesia dalam Era Ekonomi Digital dari Aspek Infrastruktur, Teknologi, SDM, dan Regulasi Penyelenggara dan Pendukung Jasa Sistem Pembayaran. Dipresentasikan dalam Temu Ilmiah Nasional Peneliti, Bogor 28 Juli 2016.

Danu, A. E. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Yogyakarta: Calpulis.

Farid, E. (2000). Membebaskan Yang Tertindas, penj. Watung A. Budiman. Bandung: Mizan.

Kementan RI. (2014). Rencana Strategis Kementerian Pertanian Pertanian Tahun 2015 - 2019. In Kementerian Pertanian RI. https://doi.org/351.077 Ind r

Lexy, M. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Qaradhawi Yusuf. (2002). Teologi Kemiskinan, penj. A. Maimun Syamsuddin dan A. Wahid Hasan. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Suwanti, & Gunanto, E. Y. A. (2013). Analisis pengaruh pengeluaran pemerintah untuk sektor pertanian terhadap pdrb sektor pertanian 35 kabupaten/kota di provinsi jawa tengah tahun 2007-2010. Diponegoro journal of economics, 2(4), 1–10. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jme

Tamyawan, S. (2012). Analisis Potensi Sektor Pertanian Kabupaten Dan Kota Di Provinsi Jawa Tengah (Analisis Data Pdrb Provinsi Jawa Tengah Tahun 2004 – 2008). UNS (Sebelas Maret University).




DOI: https://doi.org/10.21107/dinar.v7i1.6466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Naufal Haidar Farras, Muhammad Rizki F, Aulia Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Dinar Indexed by:

         

Creative Commons License

Dinar : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.