Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota Produk Tabungan Umum Syariah Di Ksps Bmt Ugt Sidogiri Capem Banyuputih Situbondo

Ahmadi Alsyaf

Abstract


Kualitas pelayanan dapat diartikan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta ketepatan penyampaiannya dalam mengimbangi harapan pelanggan. Pelayanan yang baik dan optimal akan berdampak pada loyalitas anggota untuk selalu konsisten tidak beralih ke lembaga keuangan lain, anggota akan selalu menggunakan produk atau jasanya dan pada nantinya akan merekomendasikan kepada orang lain. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini berfokus pada permasalahan tentang: 1) Pengaruh kualitas pelayanan yang signifikan secara simultan terhadap loyalitas anggota produk tabungan umum syariah di KSPS BMT UGT Sidogiri Capem Banyuputih Situbondo. 2) Pengaruh kualitas pelayanan yang signifikan secara parsial terhadap loyalitas anggota produk tabungan umum syariah di KSPS BMT UGT Sidogiri Capem Banyuputih Situbondo. 3) Sub variabel apakah dari kualitas pelayanan yang mempunyai besaran pengaruh dominan terhadap loyalitas anggota produk tabungan umum syariah di KSPS BMT UGT Sidogiri Capem Banyuputih Situbondo.


Full Text:

PDF

References


Adam, Muhammad. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta, 2015.

Andreas, Caesar. ”Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening”, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol.5, No. 5, Mei, 2016.

Arzena, Deby Meigy. “Pengaruh Kepuasan atas Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Mandiri Tbk Cabang Muaro Padang”, Jurnal Manajemen, Vol. 2, No. 2, 2013.

Asnawi, Nur, dan Masyhuri, Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN-Malang Press, 2009.

Azizah, Hilyatul. “Pengaruh Kualitas Layanan, Citra, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah”, Management Analysis Journal (2), 2012.

Cokrohadisumarto, Widiyanto bin Mislan, dkk. BMT: Praktik dan Kasus. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Irianto, Agus. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Prenada Media, 2004.

Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan & Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press, 2008.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran jilid 1, ed-13. Jakarta: Erlangga, t.th.

Kurniawan, Robert, dan Budi Yuniarto. Analisis Regresi: Dasar dan Penerapannya dengan R. Jakarta: Kencana, 2016.

Kurniawati, Kezia, dan Kartika Imasari Tjiptodjojo. “Peranan Kepuasan dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Manfaat Atribut Produk Simpati)”, Jurnal Manajemen, Vol. 14, NO. 2, Mei, 2015

Lumempow, Natalia Ribka, dkk. “Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Mandiri Tbk Cabang Bahu Mall Manado”, Jurnal EMBA, Vol. 3, No. 3, September, 2015.

Mardalis, Ahmad. “Meraih Loyalitas Pelanggan”, BENEFIT, Vol. 9, No. 2, Desember, 2005.

Maswar,dkk. Teknik Analisis Korelasi dan Regresi untuk Penelitian Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis Dilengkapi dengan Penggunaan SPSS 23 dan Eviews 8.1. Surabaya: Pustaka Radja, 2017.

Merdian, Wili Andri. “Analisis Pengaruh Kulitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan”. Skripsi - USD, Yogyakarta, 2007.

Murti, Sally Garar. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah (Survei pada nasabah PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Pasuruan)”, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 5, No. 1, 2013.

Naisaburi (An), Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyairi. Shohih Muslim, juz 2. t.t: Darul Fikr, t.th.

Nawawi. Metode Penelitian Hukum Islam. Malang: Genius Media, 2014.

Rafidah. “Kualitas Pelayanan Islami pada Perbankan Syariah”, Dosen Ekonomi Islam,Vol.10, No.2, Desember, 2014.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

RI, Departemen Agama. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit J-ART, 2008.

Shaefah, Milkhahtus. “Pengaruh Keakraban dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Produk Simpanan Idul Fitri (Studi Kasus di BMT Matra Pekalongan Tahun 2013-2015)”. Skripsi – STAIN Pekalongan, Pekalongan, 2016.

Silalahi, Ulber. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama, 2012.

Soemitra, Andri. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana, 2009. 33.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Suherly. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah di Bank BNI Syariah Cabang Cirebon”. Skripsi - IAIN Syekh Nurjati, Cirebon, 2013.

Supranto, J. Statistik Teori dan Aplikasi. Edisi Keenam. Jakarta : Erlangga, 2001.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran ed-4. Yogyakarta: Andi, 2015.

Wijayanto, Kusuma. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank”, Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Vol. 17, No. 1, Juni, 2015.

Wulandari, Nur, Mudiantono. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Kopikita Semarang)”, Diponegoro Journal Of Management, Vol. 2, No.2, 2013.




DOI: https://doi.org/10.21107/dinar.v6i2.6424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ahmadi Alsyaf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Dinar Indexed by:

         

Creative Commons License

Dinar : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.