Etika Bisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam: Tinjauan Teoritik Dan Empiris Di Indonesia
Abstract
Tujuan paper ini dibuat untuk mengetahui etika bisnis dalam perspektif ekonomi islam secara teoritik dan empiris. Penggunaan kajian penelitian sebelumnya serta pengambilan teori dari berbagai referensi menjadikan penelitian ini menarik untuk disusun. Untuk metode penelitian, pendekatan kualitatif kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Metode yang digunakan kajian kepustakaan. Studi analisis sumber bukti baik kualitatifdan studi komparasi hasil penelitian terdahulu serta artikel-artikel di media masa yang terkait dengan pembahasan. Dari data-data yang diperoleh kemudian disusun berdasarkan aturan dan analisis yang sesuai dengan kaidah penulisan sehingga mempermudah pembahasan masalah-masalah yang ada. metode analisis data yaitu teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil paper ini ialah Secara teoritis konsep etika dalam bisnis secara perspektif ekonomi islam jika dilihat memiliki karakteristik yang kuat dan positif jika dilakukan, selain itu tuntunan yang diberikan untuk menjadi seorang pengusaha yang baik sudah jelas adanya dan bersumber langsung dari Al-Qur;an dan Al-Hadist. Dalam praktek empirisnya beberapa penelitian tentang penerapan etika bisnis dalam bisnis sudah sesuai dan baik, dampaknya terhadap usahanya pun baik. jadi etika bisnis islam sudah teruji dan membawa kemaslahatan jika diterapkan dengan baik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agoes, Sukrisno dkk, Etika Bisnis dan Profesi Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya, (Jakarta: Salemba Empat, 2014).
Agoes, Sukrisno, EtikaBisnisdanProfesiedisirevisi, (Jakarta: SalembaEmpat, 2011).
Alma, Buchari, Priansa, Manajemen Bisnis Syariah Edisi I, (Bandung: Alfabeta, 2009).
Antonio, Syafi’i, Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik, (Gema Insani Press, Jakarta, 2001).
Arifin, Johan, Etika Bisnis Islami, ( Semarang: Walisongo Press, 2009).
Ascarya, Akad Dan Produk Bank Syariah: Konsep dan Prakteknya di Beberapa Negara, ( Jakarta: Bank Indonesia ,2006).
Badroen, Faisal, EtikaBisnisDalam Islam EdisiPertama, (Jakarta: Kencana, 2006).
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Jakarta: Mahkota Surabaya,1989)
Djakfar, Muhammad, Etika Bisnis dalam Perspektif Islam, (Malang: UIN-Malang Press, 2007).
Fairuzah Aisyah, Ly, Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Usaha Bisnis Busana Muslim ( Studi pada CV. Azka Syahrani Collection), skripsi, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2011.
Forum on Religion and Public Life, The Future of the Global Muslim Population, October 2010.
Fifien, Dinda, “Analisis PenerapanKonsepBisnisSyariahPadaMuslimah Beauty Garden Spa Surabaya”skripsi, PTA.UTM : Universitas Trunojoyo Madura, 2015.
Jurnal Ekonomi Islam: ISLAMICA, Vol. 6, No. 2. Abdul Ghofur Noor, Kebijakan Distribusi Ekonomi Islam Dalam Membangun Keadilan Ekonomi Indonesia,(Lampung: Islamika, 2012).
Kartajaya, Hermawan dkk , (Syariah Marketing, Bandung:Mizan, 2006)
Mardani, Hukum Ekonomi Syariah di Indonesia, Bandung: Refika Aditama, 2011.
Mardani, HukumBisnisSyariahedisipertama, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2014).
Muhammad, EtikaBisnisIslami, (Yogyakarta, AkademiManajemen Perusahaan YKPN, 2002).
Nur Fajrina, Dyas, Analisis Penerapan Bisnis Berbasis Syari’ah Pada Wirausaha Muslim (Study Pada Wirausaha
Muslim Di Perumahan Kaliwungu Indahkendal), skripsi, Semarang : Universitas Islam Negri Walisongo, 2015.
Rahman, Afzalur, Ecnomic Doktrines of Islam, terj. Soeroyo et al. (Yogyakarta: Dhana Bakti Wakaf, 1995)
Rivai,Veithzal, Islamic business and economic ethics, (Jakarta: BumiAksara, 2012)
DOI: https://doi.org/10.21107/dinar.v4i1.5063
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Dahruji Dahruji, Arif Rachman Eka Permata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Dinar Indexed by:
Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.