Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Perekonomian Di Indonesia: Studi Teoritik Dan Empirik

Lailatul Qadariyah, Arif Rachman Eka Permata

Abstract


Tujuan paper ini dibuat untuk mengetahui peran lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) di Indonesia secara teoritik dan empirik. Penggunaan kajian penelitian sebelumnya serta pengambilan teori dari berbagai referensi menjadikan penelitian ini menarik untuk disusun. Untuk metode penelitian, pendekatan kualitatif diskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan kajian kepustakaan. Studi analisis sumber bukti baik kualitatifdan  studi komparasi hasil penelitian terdahulu serta artikel-artikel di media masa yang terkait dengan pembahasan. Dari data-data yang diperoleh kemudian disusun berdasarkan aturan dan analisis yang sesuai dengan kaidah penulisan sehingga mempermudah pembahasan masalah-masalah yang ada. metode analisis data yaitu teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil paper ini ialah secara  teoritis peran LKMS bertindak sebagai lemba keuangan dan lembaga sosial yang mampu memberdayakan masyarakat kecil dan mengatasi masalah sosial ekonomi. Dalam praktek empirisnya peran LKMS sudah maksimal memposisikan diri sebagai lembaga keuangan dan sosial. Namun masih banyak kendala-kendala yang melingkupinya seperti kurang SDM, informasi, dan kepercayaan masyarakat, serta perkembangan lembaga keuangan lain yang semakin modern.


References


Andriani.Baitul Maal wat Tamwil ; Konsep dan Mekanisme di Indonesia. Jurnal Empirisma, Volume 14 Nomer 2, STAIN Kediri 2005

Bank Indonesia , Sumber: Statistik Perbankan Indonesia, September 2011

Bukhari, Imam .Sahih al-Bukhari, Kitab Diyat, No. 45.

Efendi,Jaenal. Mengembangkan Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Jurnal Iqtisodia, Jurnal Ekonomi Islam Republika, IPB Bogor, 2010.

Forum on Religion and Public Life, The Future of the Global Muslim Population, October 2010.

Huda, Nurul, M. Heykal. Lembaga Keuangan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Kencana Pranada Media Grup.2010.

Hamdan, “Baitulmal wattamwil dan BPR”, Makalah yang disampaikan pada

Dilkat III Program PPC Terpadu Angkatan VI Peradilan Agama Seluruh Indonesia di

Pusdiklat Balitbang Diklat Kumdil MA-RI Megamendung – Bogor tanggal 31 Agustus 2012

Iska, Syukri.Sistem Perbankan Syariah di Indonesia. Yogyakarta: Fajar Media Press, 2012.

Jenita,Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah DalamPemberdayaan Ekonomi Masyarakat KecilMenengah, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2010.

Mardani, Hukum Ekonomi Syariah di Indonesia, Bandung: Refika Aditama, 2011.

Muhammad. Lembaga-Lembaga Keuangan Umat Kontemporer. UII Press: Yogyakarta. 2002.

Sumanto, Agus Edi, Ernawan Priarto, Muhammad Zamachsyari, Pudiarto Trihadi, Rahmaji Asmuri, Rikza Maulan. Solusi Berasuransi: Lebih Indah Dengan Syariah. Penerbit Salamadani. 2009.

Usman, Syaikhu. Keuangan Mikro untuk Masyarakat Miskin: Pengalaman Nusa Tenggara Timur. Jakarta: Semeru. 2004.




DOI: https://doi.org/10.21107/dinar.v4i1.5062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lailatul Qadariyah, Arif Rachman Eka Permata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Dinar Indexed by:

          

Creative Commons License

Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.