DIGITALISASI KULINER DAN WISATA HALAL DAERAH JOMBANG MELALUI APLIKASI “JOMBANG HALAL TOURISM”

Wiwit Denny Fitriana

Sari


Jombang merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang terletak di antara jalur utama yang menghubungkan Surabaya dengan Madiun. Jombang memiliki daerah wisata alami maupun wisata religi. Diantaranya wisata edukasi sejarah, spot selfie kekinian, hingga tempat wisata di Jombang yang tersembunyi dan belum banyak dikenal orang. Ada banyak destinasi wisata di Jombang yang menyajikan pemandangan alam yang luar biasa. mulai dari air terjun, gua, waduk, hingga wisata pegunungan tersedia di Jombang. Selain itu, Jombang dikenal sebagai “Kota Santri” Jombang memiliki cukup banyak pesantrenseperti Pesantren Darul Ulum, Pesantren Tebuireng, Pesantren Tambak Beras, Denanyar dan masih banyak lainnya. Jombang memiliki makanan khas seperti nasi kikil, kolak ketan durian, dan makanan alami yang berciri khas dan bercita rasa lokal Jombang, Potensi kuliner dan wisata ini perlu dikembangkan lebih luas dan menggunakan aplikasi “Jombang Halal Tourism” yang berisikan informasi mengenai fasilitas, harga dan info mengenai wisata yang syariah. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan nilai Pariwisata Jombang


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Hasanuddin Z., 2007, Penentuan Posisi Dengan GPS dan Aplikasinya, Jakarta: Pradnya Paramita.

Alim, Haidar Tsany, dkk. 2015. “Analisis Potensi Pariwisata Syariah dengan

Mengoptimalkan Industri Kreatif di Jawa Tengah dan Yogyakarta”.

Artikel. dikutip dari http://eprints.undip.ac.id/45828/1/Artikel.pdf.

Adrian Nuradiansyah, Indra Budi, 2015 Development of Geospatial Dashboard with Analytic Hierarchy Processing for the Expansion of Branch Office Location. Conference IWOST-2 Germany

Andriani, Dini, dkk. 2015. Laporan Akhir Kajian Pengembangan Wisata

Syariah., Jakarta: Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan

Kepariwisataan.

Suherlan, Ade. 2015. “Persepsi Masyarakat Jakarta Terhadap Islamic Tourism” dalam The Journal of Tauhidinomics. Vol. 1. No. 1.

Chookaew, Sureerat, et all. 2015. “Increasing Halal Tourism Potential atAndaman Gulf in Thailand for Muslim Country”. dalam Journal ofEconomics, Business and Management. Vol. 3. No. 7.

Jaelani, Aan. 2017. “Halal tourism industry in Indonesia: Potential and Prospects”. dalam Munich Personal RePEc Archive. Paper No. 76237.

Hidayat, Asep Syarifuddin dan Mustolih Siradj. 2015. “Sertifikasi Halal dan Sertifikasi Non Halal pada Produk Pangan Industri”. dalam Jurnal

Ahkam. Vol. XV. No. 2.

Kemenparekraf. 2013. Indonesia as Moslem Friendly Destination. Jakarta: Kementrian dan Ekonomi Kreatif.

Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia No. 2 Tahun 2014tentang Pedoman Penyelenggaraan Usaha Hotel Syariah.

Widagdyo, Kurniawan Gilang. 2015. “Analisis Pasar Pariwisata Halal Indonesia”.dalam The Journal of Tauhidinomics. Vol. 1. No. 1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.