Tinjauan Perilaku Konsumtif Masyarakat Pesisir Dalam Islam (Studi Kasus pada Masyarakat Pesisir Desa Bandaran, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan)
Abstract
Fokus penelitian ini mengangkat permasalahan bagaimana perilaku konsumtif dalam tinjauan Islam dan cara memaknai kata maslahah dalam perilaku konsumsi masyarakat pesisir di Desa Bandaran, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan?
Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dimana peneliti mengidentifikasi hakikat pengalaman manusia tentang suatu fenomena. Peneliti memilih jenis penelitian fenomenologi karena ingin memahami dan mengungkapkan fenomena perilaku konsumsi masyarakat pesisir di Desa Bandaran, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan yang terjadi di lapangan secara alami, utuh, dan akurat sehingga penelitian ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumsi masyarakat pesisir dengan mayoritas bekerja sebagai nelayan, mereka mencari nafkah pagi, siang, sore dan bahkan malam. Sekalipun mereka memiliki semangat dalam urusan ekonomi dan konsumsinya. Perilaku konsumtif masyarakat pesisir dalam tinjauan Islam, dalam satu sisi, pelestarian seperti ini sangat perlu dilestarikan karena ikut mennyumbangkan warisan budaya tetap terjaga, serta turut menjaga ukhuwah islamiah karena mampu menghadirkan banyak orang dalam tahlilan ini. Serta dalam memaknai kata “Maslahah” pada perilaku konsumsinya sangat peduli antar sesama dan menjunjung kemaslahatan dalam melakukan kegiatan konsumsinya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmed K, Economic Development in an Islamic Framework, Studies in Islamic Economies, ed. K Ahmed, Leicester, 1950.
Basyir, Ahmad Asyhar, Garis-garis Besar Ekonomi Islam. Yogyakarta: BPFE, 1985.
Case, K.E. & R.C. Fair, Prinsip-prinsip Ekonomi (Wibi Hardani & Devri Barnadi, Ed.) (Jilid 1 Edisi 8). Jakarta: Erlangga, 2007.
Engel, J.F, R.D. Blackwell, & P.W. Miniard, Perilaku Konsumen (Jilid 1 dan 2 Edisi Keenam). Tangerang: Binarupa Aksara, 1995.
Karim, Adiwarman A, Islamic Microeconomics: 1stedition. Jakarta: Muamalat Institute, 2000.
Kotler, P. & G. Armstrong, Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 12 Jilid 1 dan 2). Jakarta: Erlangga, 2008.
Machasin, Islam Teologi Aplikatif, Cet. Ke-1. Yogyakarta: Pustaka Alief, 2003.
Malhotra, N.K, Marketing Research: An Applied Orientation (Sixth Edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall, 2010.
Miller, R. LeRoy. & A.D. Stafford, Economic Education for Consumers (4e). USA: South-Western Cengage Learning, 2010.
Qardhawi, Yusuf, Dawr al-Qiyam wa al-Akhlaq fi al-Iqtisad al-Islami, diterjemahkan oleh Zainal Arifin dan dahlia Husim, Norma dan Etika Ekonomi Islam, Cet. Ke-4. Jakarta: Gema Insani Press, 1422 H/ 2001 M.
Rahman, Alfazur, Economic Doctrines of Islam. Lahore: Islamic Publications, 1975.
Septiana, Aldila, Pengaruh Economics Literacy terhadap Perilaku Konsumsi yang Dimediasi oleh Nilai-Nilai Budaya Lokal dan Promosi pada Siswa SMA Negeri Se Kota Pamekasan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs-UM, 2013.
Septiana, Aldila, Modul Pengantar Ilmu Ekonomi. Bangkalan: UTM Press, 2015.
Septiana, Aldila, Analisis Perilaku Konsumen: Teori & Praktik dalam Bidang Pemasaran. Bangkalan: UTM Press, 2015.
Setiadi, N.J, Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana, 2008.
Siddiqi, Muhammad Nejatullah, Some Aspects of the Islamic Economy. Delhi: Markazi Maktaba Islami, 1972.
Soeharno, Teori Ekonomi Mikro. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2009.
Suprapti, Ni W.S, Perilaku Konsumen: Pemahaman Dasar dan Aplikasinya dalam Strategi Pemasaran. Denpasar-Bali: Udayana University Press, 2010.
DOI: https://doi.org/10.21107/dinar.v5i1.4639
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Aldila Septiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Dinar Indexed by:
Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.