Syariah Marketing

Dony Burhan Noor Hasan

Abstract


Sebagian besar konsep marketing konvensional yang berkembang selama ini masih berbasis pada paradigma peningkatan kuantitas penjualan sebesar-besarnya, tanpa mempertimbangkan apakah proses marketing tersebut dapat memenuhi harapan konsumen atau hanya menguntungkan penjual saja. Hal ini barangkali terjadi karena ilmu marketing sendiri lahir dari ilmu periklanan (advertising). Terlihat dari banyaknya iklan-iklan dan testimoni palsu dari beberapa produsen, baik penyedia barang maupun jasa.
Dalam perspektif islam, ini tentu saja menyalahi Syariah. Sebab yang demikian hanya akan menguntungkan satu pihak yang dalam hal penjual (produsen) dan merugikan yang lain, yaitu konsumen.
Maka dari permasalahan di atas, islam telah memberikan solusi bagaimana kemudian proses marketing dapat dilakukan secara adil, tetapi tentu tidak mengabaikan tujuan-tujuan dari merketing untuk meningkatkan profit. Marketing dalam islam memiliki empat karakteristik, yaitu : rabbaniyah, akhlaqiyah, waqi’iyah, dan insaniyah.
Jika proses marketing dilakukan dengan menggunakan empat karakter tersebut, maka tujuan marketing yang sesungguhnya akan dicapai. Karena pada dasarnya, marketing merupakan sebuah proses untuk memahami dan memberikan yang terbaik apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen. Jika kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dengan barang/jasa yang tepat dan cara-cara yang tepat pula (tidak menyalahi etika), maka konsumen akan mendapatkan kepuasan yang maksimal. Ketika konsumen mendpatkan kepuasan yang maksimal, maka mereka akan menaikkan konsumsinya yang pada gilirannya akan meningkatkan penjualan.
Kata kunci : marketing, Syariah.


References


Abd al-Ba>qi>, Muhammad Fu’a>d, Mu’jam al-Mufahras li Alfa>dh al-Qur’a>n, (Jakarta: Maktabah Dahla>n, t. Th.)

As}faha>ni> (al), Al-Ra>ghib, Mufrada>t Alfa>z} al-Qur’a>n, (Beirut: Da>r al-Sha>miyah, 2002)

Gymanstiar, KH. Abdullah, Meraih Baning Hati dengan Manajemen Qalbu, (Jakarta: Gema Insani, 2002).

http://id/wikipedia.org/wiki/korupsi

http://solusi-pemasaran-online.blogspot.com/2013/07/apa-tujuan-marketing.html

Ibn al-Kathi>r, Abu> al-Fida> al-Ha>fiz}, Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m, (Beirut: Da>r al-Fikr, 1994) Abu> al-Fida> al-Ha>fiz} Ibn al-Kathi>r, Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m, (Beirut: Da>r al-Fikr, 1994)

Kertajaya et.al., Hermawan, MarkPlus on Strategy, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2002)

Kertajaya, Hermawan dan Sula, Muhammad, Syariah Marketing, (Jakarta: PT Pustaka Mizan, 2006)

Kompas, Senin, 13 Agustus 2012.

Kotler, Philip, Marketing Management, (USA: Prentice Hall Publishing, 1997)

Qard}a>wi> (al), Yusuf, al-Madkhal li Dira>sah al-Shari>’ah al-Isla>miyah, (Kairo: Maktabah, 1990)

Qut}b, Sayyid, Fi> Z{ila>l al-Qur’a>n. (Kairo: Da>r al-Shuru>q, 1996)

Shihab, M. Quraish, Tafsir al-Misbah, (Jakarta: Lentera hati, 2000)




DOI: https://doi.org/10.21107/dinar.v1i2.2726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Dony Burhan Noor Hasan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Dinar Indexed by:

          

Creative Commons License

Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.