Konsep Maslahah (Utility) dalam al-Qur’an Surat al-Baqarah ayat 168 dan Surat al-A’raf ayat 31

Firman Setiawan

Abstract


Abstrak
Salah satu kelemahan teori ekonomi konvensional adalah tidak dijadikannya moral sebagai variabel yang dapat mempengaruhi perilaku para pelaku ekonomi, termasuk dalam masalah konsumsi yang dikenal dengan teori utility.
Teori utility menjelaskan bagaimana sikap rasional seorang konsumen dalam memenuhi kebutuhannya dan bagaimana seorang konsumen memaksimalkan utility yang diperoleh. Akan tetapi teori utility belum dapat menyentuh prinsip dan tujuan yang paling mendasar dari seorang konsumen muslim, yaitu memenuhi kebutuhannya yang bersifat material dan non-material untuk mencapai falah. Dampak yang dirasakan sebagai akibat dari terpenuhinya kebutuhan ini dalam suatu kegiatan konsumsi disebut sebagai maslahah.
Al-Qur’an dalam surat al-Baqarah ayat 168 dan surat al-A’raf ayat 31 menjelaskan bahwa maslahah dalam konsumsi bisa dicapai dengan memenuhi dua hal, pertama mengonsumsi makanan yang halal dan t}ayyib (bermanfaat), dan kedua, menghindari perilaku isra>f (berlebihan).
Ketika dua hal ini dipenuhi, maka konsumen akan mendapatkan maslahah yang maksimal, yang itu artinya bahwa tidak hanya kebutuhan materialnya saja yang diperoleh tetapi juga kebutuhan spiritualnya yang akan mengantarkannya pada kebahagiaan di dunia dan kemuliaan yang abadi di kehidupan akhirat.

Kata kunci : maslahah, utility, t}ayyib, isra>f.


References


Al Arif, M Nur Rianto dan Amalia, Euis. Teori Mikroekonomi Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group, 2014.

al-Alu>si>, Shiha>b al-Di>n Mah}mu>d bin Abdilla>h al-H}usayni. Ru>h} al-Ma’a>ni> fi> tafsir> al-Qur’a>n al-‘Az}i>m wa al-Sab’ al-Matha>ni>, juz 2. T.tp : Mawqi’ al-Tafa>air, t.th.

__________________________. Ru>h} al-Ma’a>ni> fi> tafsir>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m wa al-Sab’ al-Matha>ni>, juz 6. t.tp : Mawqi’ al-Tafa>air, t.th.

al-Bayd}a>wi>, Na>s}ir al-Di>n Abu> Sa’i>d ‘Abdillah bin ‘Umar bin Muh}ammad al-Shi>ra>zi>. Anwa>r al-Tanzi>l wa Asra>r al-Ta’wi>l al-Ma’ru>f bi Tafsi>r al-Bayd}a>wi>, juz 2. t.tp. : Mawqi’ al-Tafa>si>r, t.th.

Bin Ah}mad, Abu> al-Qa>sim Mah}mu>d bin ‘Umar. al-Kashsha>f, juz 2. t.tp.: mawqi’ al-Tafa>si>r, t.th.

al-Damshiqi>, Abu> al-Fada>’ isma>’i>l bin ‘Umar bin Kathi>r al-Qurshi>. Tafsir>r al-Qur’a>n al-‘Adhi>m, juz 1. t.tp.: Da>r T}ayyibah li al-Nashr wa al-Tawzi>’, 1999.

____________________________, Tafsir>r al-Qur’a>n al-‘Adhi>m, juz 3. t.tp.: Da>r T}ayyibah li al-Nashr wa al-Tawzi>’, 1999.

al-H}asan, ‘Ala>u al-Di>n ‘Ali> Muh}ammad bin Ibra>hi>m bin ‘Umar al-Shayhi> Abu>. Luba>b al-Ta’wi>l fi> Ma’a>ni> al-Tanzi>l, juz 3. t.tp.: Mawqi’ al-Tafa>si>r, t.th.

al-Ma>liki>, Muh}ammad bin Muh}ammad Ibn ‘Arafah al-Warghimi> al-Tu>nisi>. Tafsi>r Ibnu ‘Arafah. t.tp.: Mawqi’ al-tafa>si>r, t.th.

Munawwir, Ahmad Warson. Kamus al-Munawwir. Surabaya : Pustaka Progressif, 1997.

al-Nu’ma>ni>, Abu> H}afs} Sira>j al-Di>n ‘Umar bin ‘Ali> bin ‘Adil al-H}anbali>al-Damshiqi.> Tafsi>r al-Luba>b fi> ‘Ulu>m al-Kita>b, juz 2. t.tp.: Mawqi’ al-Tafa>si>r, t.th.

____________________________. Tafsi>r al-Luba>b fi> ‘Ulu>m al-Kita>b, juz 7. t.tp.: mawqi’ al-Tafa>si>r, t.th.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Ekonomi Islam. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2013.

Rasul, Agung Abdul, dkk. Ekonomi Mikro (Jakarta : Penerbit Mitra Wacana Media, 2013), 93. Lihat juga Sadono Sukirno, Ekonomi Mikro Teori Pengantar. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2009.

Rozalinda. Ekonomi Islam Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2014.

al-Sa’di>, ‘Abdurrah}ma>n bin Na>s}ir bin ‘Abdilla>h. Taysi>r al-Kari>m al-Rah}ma>n fi> Tafsi>r Kala>m al-Manna>n. t.tp.: Muassisah al-Risa>lah, 2000.

Semaoen, Iksan. Mikroekonomi. Malang : Universitas Brawijaya Press, 2011.

T}ant}a>wi>, Muh}ammad Sayyid. Tafsi>r al-Wasi>t}. t.tp.: Mawqi’ al-Tafa>si>r, t.th.

al-Tha’a>labi, Abu> Zayd ‘Abdurrah}ma>n bin Muh}ammad bin Makhlu>f >. al-Jawa>hir al-H}asa>n fi> Tafsi>r al-Qur’a>n, juz 1. t.tp.: Mawqi’ al-Tafa>sir, t.th.




DOI: https://doi.org/10.21107/dinar.v1i2.2725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Firman Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Dinar Indexed by:

          

Creative Commons License

Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.