Model Pembiayaan Syariah Untuk Sektor Pertanian

Zubaidah Nasution

Abstract


ABSTRAK

Sektor pertanian memiliki peran yang sangat strategis bagi pembangunan internasional . Salah satu masalah utama dalam pembangunan pertanian adalah kelemahan dukungan modal. Syariah bank, memiliki potensi yang signifikan untuk pembiayaan pertanian karena bisnis ini intinya adalah  sebagai lembaga intermediasi keuangan. Namun, fakta menunjukkan bahwa pembiayaan perbankan syariah untuk sektor pertanian masih terbatas yaitu kurang dari 4%. Karya ilmiah  ini bertujuan untuk meninjau potensi bank syariah dan memeriksa pembiayaan untuk dukungan modal dalam sektor pertanian. Metode yang digunakan dalam makalah ini adalah korelasional dan deskriptif kualitatif, dengan data sekunder. Temuan penelitian ini akan mencerminkan gambaran yang benar dari pembiayaan sektor pertanian dengan merumuskan skema pembiayaan alternatif sesuai dengan karakteristik pertanian berdasarkan perspektif syariah. Mungkin akan bermanfaat bagi bank syariah yang ada untuk meningkatkan kinerja mereka dalam pembiayaan pertanian.

Kata kunci: Pertanian, Pembiayaan, perbankan Islam

ABSTRACT

Agriculture sector has a very strategic role international development. One of the main problems in agriculture development is the weaknesses of capital support. Shariah banks, have a significant potential for agricultural financing because of core business as the financial intermediary institution. However, the facts showed that Shariah banking financing to agriculture sector is still limited that it less than 4 %.  This paper aims to review potential of Shariah banks and examines financing for capital support in agriculture sector. The method which are used in this paper are correlational and descriptive qualitative, with secondary data. The findings of this study will reflect the true picture of financing agriculture sector with formulating an alternative financing scheme in accordance with the characteristics of agriculture based on Shariah perspective. It might be beneficial for the existing Islamic banks to enhanced their performance in agricultural financing.

Keywords: Agriculture, Financing, Islamic banking


References


Ashari. “Peran Perbankan Nasional dalam pembiayaan Sektor Pertanian di Indonesia. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian”, Forum Penelitian Agro Ekonomi,Volume 27 No 1, Juli 2009, h. 25

Ashari, Saptana.”Prospek Pembiayaan Syariah Untuk Sektor Pertanian”, Forum Penelitian Agro Ekonomi, Volume 23 No 2, Desember, 2005. Bogor, h. 145-146

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (2011), Produk Domestik Bruto,

Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia (2012), Statistik Perbankan Syariah,

Fajarningtyas,Wirjodirdjo dkk, “Pemodelan Sistem Pembiayaan Di Bank Syari’ah Dengan Pendekatan Metodologi Sistem Dinamik : Studi Kasus Pembiayaan Pada Usaha Sapi Perah Dan Perkebunan Tebu”, ITS Undergraduate Paper 2007, h. 11-12

Haykal, Huda, Lembaga Keuangan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis, Jakarta: Kencana, 2010.

Karim, Adiwarman, Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan, Jakarta: Raja Grafindo Persada , 2004.

Sudaryanto, Iqbal. “Kebijakan Paradigma Pembangunan dan Kebijaksanaan Pengembangan Agroindustri”, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian, 2008.

Sutawi. “Pembiayaan Syariah pada Usaha Mikro, Kecil, Menengah Sektor Agribisnis dengan Pola Kemitraan”, Jurnal Keuangan dan Perbankan Vol.12, No. 3, September 2008, h. 447-458.

Sugiono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) ; Alfabeta. Bandung




DOI: https://doi.org/10.21107/dinar.v3i2.2701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Zubaidah Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Dinar Indexed by:

          

Creative Commons License

Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.