ANALISIS PERILAKU KONSUMSI DALAM ISLAM

Aldila Septiana

Abstract


Abstract: This paper discusses the growing consumption behavior in the life of our society today? How suggestion in Islam about consumer behavior? As well as, how the analysis of consumer behavior in Islam. Based on the results of the analysis presented in this paper, it can be concluded, as follows: 1) In essence, man is homo economicus which is a human figure that is rational and berkebebasan in determining the options that exist to achieve certain goals, 2) Prompts in Islam about consumer behavior that maximizes maslahah. Maslahah is the nature of the goods and services or capabilities that support elements and the basic purpose of human life on this earth, and 3) the consumption behavior in Islam is not only for the material but also include social consumption formed in zakat and alms. In addition, the term “Maslahah”. Consumers who feel maslahah and love will still be willing to do an activity even though the physical benefits of these activities for itself no longer exists.

Keywords: Consumption Behavior, Islam, Maslahah


Abstrak: Tulisan ini membahas tentang perilaku konsumsi yang berkembang di dalam kehidupan masyarakat kita saat? Bagaimana anjuran dalam Islam tentang perilaku konsumsi? Serta, bagaimana analisis perilaku konsumsi dalam Islam. Berdasarkan hasil analisis yang telah dipaparkan dalam tulisan ini, maka dapat diperoleh kesimpulan, yaitu sebagai berikut: 1) Pada hakikatnya manusia adalah homo economicus yang merupakan sosok manusia yang rasional dan berkebebasan dalam menentukan pilihan-pilihan yang ada untuk mencapai tujuan tertentu, 2) Anjuran dalam Islam tentang perilaku konsumsi yaitu memaksimalkan maslahah. Maslahah adalah sifat atau kemampuan barang dan jasa yang mendukung elemen-elemen dan tujuan dasar dari kehidupan manusia di muka bumi ini, serta 3) Perilaku konsumsi dalam Islam tidak hanya untuk materi saja tetapi juga termasuk konsumsi sosial yang terbentuk dalam zakat dan sedekah. Selain itu, mengenal istilah “Maslahah”. Konsumen yang merasakan adanya maslahah dan menyukainya akan tetap rela melakukan suatu kegiatan meski manfaat fisik dari kegiatan tersebut bagi dirinya sudah tidak ada.

Kata Kunci: Perilaku Konsumsi, Islam, Maslahah

 


References


Ahmed K. 1950. Economic Development in an Islamic Framework, Studies in Islamic Economies, ed. K Ahmed, Leicester.

Bahri S. Andi. 2014. Hunafa: Jurnal Studia Islamika. Volume 11, Nomor 2: Etika Konsumsi dalam Perspektif Ekonomi Islam. Parepare: STAIN Parepare.

Basyir, Ahmad Asyhar. 1985. Garis-garis Besar Ekonomi Islam. Yogyakarta: BPFE.

Case, K.E. & R.C. Fair. 2007. Prinsip-prinsip Ekonomi (Wibi Hardani & Devri Barnadi, Ed.) (Jilid 1 Edisi 8). Jakarta: Erlangga.

Choudhury, Mashudul ‘Alarn. 1986. Contributions to Islamic Economic Theory. London: Mac Millan.

Engel, J.F, R.D. Blackwell, & P.W. Miniard. 1995. Perilaku Konsumen (Jilid 1 dan 2 Edisi Keenam). Tangerang: Binarupa Aksara.

Haryono, A. 2008. Pengaruh Sistem Pembelajaran dan Status Sosial Ekonomi terhadap Economic Literacy Siswa SMA di Kota Malang. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPs-UM.

Kahf, Monzer. 1999. Ekonomi Islam Telaah Analitik atas Persoalan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karim, Adiwarman A. 2000. Islamic Microeconomics: 1st edition. Jakarta: Muamalat Institute.

Kotler, P. & G. Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 12 Jilid 1 dan 2).

Kemneterian Agama. 2010. Al-Qur’an al-Karim dan Terjemahnya. Bandung: PT. Sygma Examedia Arkanleema.

Machasin. 2003. Islam Teologi Aplikatif, Cet. Ke-1. Yogyakarta: Pustaka Alief.

Mahmud, Ahmad Shaikh. 1968. Economics of Islam. Lahore: Ashraf Publication.

Malhotra, N.K. 2010. Marketing Research: An Applied Orientation (Sixth Edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Mannan, MA. 1998. Teori dan Praktek Ekonomi Islam. Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf.

Miller, R. LeRoy. & A.D. Stafford. 2010. Economic Education for Consumers (4e). USA: South-Western Cengage Learning.

Mufraini, M. Arif. 2006. Akuntansi dan Manajemen Zakat-Mengomunikasikan Kesadaran dan Membangun Jaringan. Cet. Ke-1. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Qardhawi, Yusuf. 1422 H/ 2001 M. Dawr al-Qiyam wa al-Akhlaq fi al-Iqtisad al-Islami, diterjemahkan oleh Zainal Arifin dan dahlia Husim, Norma dan Etika Ekonomi Islam, Cet. Ke-4. Jakarta: Gema Insani Press.

Rahman, Alfazur. 1975. Economic Doctrines of Islam. Lahore: Islamic Publications.

Sarwono. 2009. Jurnal Inovasi Pertanian. Volume 8, Nomor 1: Analisis Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam. Bogor: Innofarm.

Septiana, Aldila. 2013. Pengaruh Economics Literacy terhadap Perilaku Konsumsi yang Dimediasi oleh Nilai-Nilai Budaya Lokal dan Promosi pada Siswa SMA Negeri Se Kota Pamekasan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs-UM.

Septiana, Aldila. 2015. Modul Pengantar Ilmu Ekonomi. Bangkalan: UTM Press.

Septiana, Aldila. 2015. Analisis Perilaku Konsumen: Teori & Praktik dalam Bidang Pemasaran. Bangkalan: UTM Press.

Setiadi, N.J. 2008. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Siddiqi, Muhammad Nejatullah. 1972. Some Aspects of the Islamic Economy. Delhi: Markazi Maktaba Islami.

Soeharno. 2009. Teori Ekonomi Mikro. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Suprapti, Ni W.S. 2010. Perilaku Konsumen: Pemahaman Dasar dan Aplikasinya dalam Strategi Pemasaran. Denpasar-Bali: Udayana University Press.

Walstad, W. & Rebeck, K. 1998.“How Does Economic Education Impact Economic Literacy?” The Region, (June): 18-21. (Online), (http:// www.ase.tufts.edu), diakses 19 November 2014.

Yusanto. Ismail. 1999. Islam Ideologi. Bangil: Al –Izzah.




DOI: https://doi.org/10.21107/dinar.v2i1.2688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Aldila Septiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Dinar Indexed by:

          

Creative Commons License

Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.