Membangun Resiliensi Dan Inovasi Produk Bagi Kelompok Home Industry Petis Ikan Tongkol Dalam Mempertahankan Usaha Di Era Gempuran Fast Food

Suhaimi Suhaimi, Hajjatul Mabbruroh, Moh. Syarif, Siti Qomariyah, Abd. Salim

Abstract


Home industry membawa pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat Kegiatan produksi yang berfokus dirumah-rumah masyarakat ini memiiki pengaruh besar terhadap masyarakat sekitar dengan terbukanya lapangan pekerjaan baik untuk saudara ataupun masyarakat sektar. Membangun resiliensi merupakan sebuah strategi yang sangat peting dan praktis sehingga bisa membantu menghadapi kesulitan dan tekanan yang tidak bisa dihindari dalam berwirausaha. Pendorong utama seseorang mengambil keputusan dalam pembelian adalah faktor inovasi yang di lakukan oleh perusahaan. Metode yang digunakan adalah motode kualitatif, Dengan pendekatan deskriptif fenomenologi sehingga makna dari pengalaman hidup seseorang dapat diketahui. subjek penelitian mampu mengatasi kondisi terpuruk karena kegagalan bisnis. Setiap subjek memiliki aspek tujuh relisiensi yang telah di bahas sebelumnya. Factor relisiensi didukung dengan keinginan untuk berinovasi. Inovasi yang dilakukan tidak hanya berupa inovasi kemasan produk, varian rasa tetapi juga inovasi pemasaran sehingga bisa menjangkau konsumen dari berbagai kalangan dan lapisan masyarakat

References


Alfiya, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga.

Mardhotillah, R. R., Karya, D. F., & Rosyad, M. A. (2021). The Influence Of Price, Product Quality And Brand Image On Purchase Decisions (Study At Nahdlatul Ulama University Students Of Surabaya UsingInk Brand Helmet). Procedia Business and Financial Technology, 1(Iconbmt), 23–25. https://doi.org/10.47494/pbft.2021.1.11

McCubbin, L. (2001). Challenges to The Definition of Resilience. Paper Presented at The Annual Meeting of The American Psychological Association in San Francisco.

Pidgeon, A. M., Rowe, N. F., Stapleton, P., Magyar, H. B., & Lo, B. C. Y. (2014). Examining Characteristics of Resilience Among University Students: An International Study. Open Journal of Social Sciences, 2, 14–22.

Raco, Josef R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Reivich, K., & Shatter, A. (2002) The Resilienscefactor: 7 Essential Skills For Overcoming Life’s Inevitable Obstacles. Broadway Books

Saryono, (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta, Bandung.

Tumbel, A. L., Djemly, W. (2021) Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina PT. Wahana Wirawan Manado. 9(1) 1036-1046

Wagnild, G.M., & Young, H, M. (1993). Development and Psychometric Evaluation of The Resilience Scale. Journal of Nursing Measurement, 1 (2), 165 – 178




DOI: https://doi.org/10.21107/bep.v5i2.28759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Buletin Ekonomika Pembangunan  © 2019 - Journal of Economic & Development Studies | Development Economics Program - Faculty of Economics and Bussiness, Trunojoyo University
   DESKRIPSI GAMBAR