Pengembangan Pariwisata Berbasis Industri Kreatif Batik di Bangkalan Jawa Timur

Habibatul Islamia, Widita Kurniasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang tepat dalam mengembangkan pariwisata berbasis industri kreatif batik di Desa Telaga Biru berdasarkan teori pembangunan ekonomi. Desa Telaga Biru memiliki potensi yang besar namun belum di kembangkan secara optimal maka diperlukan strategi yang diperoleh dari analisis faktor internal dan eksternal untuk mengembangkan potensi desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat studi kasus dan menggunakan analisis SWOT. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, studi dokumen, serta kuesioner. Data diolah dengan cara mereduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan pariwisata berbasis industri kreatif batik di Desa Telaga Biru masih belum optimal. Dari hasil perhitungan faktor internal dan faktor eksternal diperoleh strategi SO, strategi WO, strategi ST, dan strategi WT. Penentuan posisi strategi dilakukan dengan memadukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Posisi strategi pengembangan pariwisata berbasis industri batik di Desa Telaga Biru yang diperoleh berada pada kuadran SO (Strenght-Opportunity). Strategi SO berarti memanfaatkan kekuatan dan menangkap peluang yang ada dengan sebaik-baiknya.

 

Kata kunci: Pariwisata, industri kreatif, batik, strategi, SWOT


References


Cemporaningsih, E., Raharjana, D. T., & Damanik, J. (2020). Ekonomi kreatif sebagai poros pengembangan pariwisata di Kecamatan Kledung dan Bansari, Kabupaten Temanggung. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(2), 106–125. https://doi.org/10.22146/jnp.60401

Hakim, M. R., & Kholidah, N. (2019). Hak merek sebagai jaminan gadai untuk permodalan umkm industri kreatif kerajinan batik. Pena Justisia: Media Komunikasi Dan Kajian Hukum, 18(2), 79–87. https://doi.org/10.31941/pj.v18i2.1092

Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. (2019). Pengembangan wisata perdesaan & wisata perkotaan. Kementerian Pariwisata. www.kemenpar.go.id

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2013). Industri Kreatif Bakal. https://kemenperin.go.id/artikel/5749/IndustriKreatif-Bakal (28

Kostopoulou, S. (2013) On the Revitalized Waterfront: Creative Milieu for Creative Tourism. Sustainability, 5, 4578-4593. https://doi.org/10.3390/su5114578

Latifah, & Damayanti, M. (2016). Pariwisata kreatif berbasis industri batik sebagai upaya pengembangan ekonomi lokal Kota Pekalongan. Tataloka, 18(1), 11–26. https://doi.org/10.14710/tataloka.18.1.12-28

Ningsih, C. (2014). Sinergitas industri kreatif berbasis pariwisata dengan strategi pembangunan industri nasional menuju globalisasi. Manajemen Resort & Leisure, 11(28), 59–64.

Nusraningrum, D., Mekar, T. M., & Gunawan, J. (2021). Analisis Pengaruh Pemasaran Hijau Terhadap Citra Merek dan keputusan Pembelian Aqua dan Le Minerale. Bisma: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 15(3), 182–190. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/bisma.v15i3.24353

Ohridska-Olson, R. V, & Ivanov, S. H. (2010). Creative tourism business model and its application in Bulgaria. … Tourism Forum’Cultural Tourism …. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?Abstract_id=1690425

Sari, N. R., Rahayu, P., & Rini, E. F. (2021). Potensi dan masalah desa wisata batik: studi kasus Desa Girilayu, Kabupaten Karanganyar. Desa-Kota, 3(1), 77–91. https://doi.org/10.20961/desa-kota.v3i1.34437.77-91

Simarmata, H. M., & Panjaitan, N. J. (2019). Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Ekonomi Kreatif dalam Peningkatan Perekonomian Masyarakat Kabupaten Toba Samosir. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK&BI), 2(2), 189–201. https://doi.org/https://doi.org/10.37600/ekbi.v2i2.103

Suharwati, S. I. (2019). Pengembangan industri batik tulis sebagai potensi daerah (studi kasus di Desa Klampar Kabupaten Pamekasan). J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 6(1), 13. https://doi.org/10.18860/jpips.v6i1.7822

UNESCO. (2006). Towards Sustainable Strategies for Creative Tourism. Retrieved from Santa Fe.

Wibowo, S., Rusmana, O., Zuhelfa, & Muslim, S. (2017). Pengembangan ekonomi melalui sektor pariwisata. Jurnal Kepariwisataan, 1(2), 93–99. https://doi.org/10.34013/jk.v1i2.13




DOI: https://doi.org/10.21107/bep.v5i1.25800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Buletin Ekonomika Pembangunan  © 2019 - Journal of Economic & Development Studies | Development Economics Program - Faculty of Economics and Bussiness, Trunojoyo University
   DESKRIPSI GAMBAR