Peranan Pembiayaan BSI KUR Mikro Dalam Peningkatkan Kesejahteraan Umkm (Studi Kasus BSI Lamongan Wahidin)

Dita Mylinda Agustina, Widita Kurniasari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan dari Bank Syariah Indonesia dalam peningkatan kesejahteraan UMKM. Penelitian ini dilaksanakan di Bank Syariah Indonesia Lamongan Wahidin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Bank Syariah Indonesia Lamongan Wahidin berperan penting dalam peningkatan kesejahteraan UMKM dengan cara memberikan bantuan modal untuk usaha nasabah, selain itu pihak nasabah juga memberikan masukan serta rekomendasi untuk usaha nasabah. Bank Syariah Indonesia juga memberikan memberikan pengawasan agar pembiyaan dapat sesuai dengan apa yang diinginkan nasabah. Hal ini yang menjadi penyebab keberhasilan BSI dalam upayanya meningkatkan kesejahteraan UMKM, ditandai dengan pendapatan nasabah yang meningkat setelah mendapat pembiayaan BSI KUR Mikro

 

Kata Kunci: Peranan, Pembiayaan, BSI KUR Mikro, Pendapatan.

References


Al-Jambi, A. M. D. K. (2016). Hidup Berkah Tanpa Riba. Jakarta: Iluvia Publishing.

Antonio, M. S. (2001). Islamic Banking, Bank Syariah: Dari Teori

Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Ati, D. M., Nopitasari, F., Pepi., Yunus, F., & Setiawan, A. (2021). Pembiayan KUR BSI Untuk Perkembangan UMKM di Desa Embong Ijuk Kabupaten Kepahiyang. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam, vol. 4, no. 2. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/jamekis/article/view/3120.

Bismala, L.(2016). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Enterpreneur dan Enterpreneurship, Vol. 5, No. 1.

Cupian., & Febriandani. D. (2019). Analisis Efektifitas Pembiayaan Mikro Syariah Terhadap Pemberdayaan Usaha Mikro di Kabupaten Garut. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan, vol. 15, no. 2. http://journal.feb.unpad.ac.id/index.php/jebt/article/view/511.

Fathurrahman, A., & Fadila, J. (2019). Peranan Perbankan Syariah Terhadap Pengembangan Modal Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, vol. 5, no.1. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/altijary/article/view/1783.

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Studi Kasus (single case, instrumental case, multicase & multisite). Malang : Literasi Nusantara.

Hariyanto, M. (2009). Moral Hazard dalam Transaksi Ekonomi : Perspektif Alquran dan Hadist.https://muhsinhar.staff.umy.ac.id/?=203.

Harrel, A., & Harrison, P.D. (1994). An Incentive to Shirk, Privately Held Information, and Managers’ Project Evaluation Decisions. Accounting, Organizations and Society. Vol. 19, No. 7.

Ikatan Bankir Indonesia. (2016). Memahami Bank Syariah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Ismail.(2010). Manajemen Perbankan: Dari Teori Menuju Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kara, M. (2013). Kontribusi Pembiayaan Perbankan Syariah Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Makassar. Jurnal Ilmu Syariah dan Hukum. Vol. 47, No. 1.

Karim, A. A. (2004). Bank Islam: Analisis Fiqh dan Keuntungan. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Kasmir.(2015). Bank dan lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Maulidin, M. S. (2020). Analisa Manajemen Resiko Untuk Mengurangi Moral Hazard Nasabah Pembiayaan Murabahah BRI Syariah Pare. Jurnal Pemikiran dan Hukum Islam, Vol. 6, No. 2

Mayumi, M. A., & Rustariyuni, S. D. (2015). Peranan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Kinerja UMKM di Kabupaten Jembrana. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan UNUD, vol. 4, no. 12. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/download/17033/11267.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Muharrami, R. S., Arifin, M. R., & Nur, M. A. (2019). Peranan Bank Wakaf Mikro Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Pada Lingkungan Pesantren. Jurnal Of Finance and Islamic Banking, vol. 2, no.1. https://scholar.archive.org/work/hxooabbvbrdu3bsljofmet2y6a/access/wayback/http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/jfib/article/download/1806/pdf.

Muttaqin, H. M., Kasim. A.M., & Devi, A. (2020). Peranan Perbankan Syariah Dalam Mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Masa Pandemi Covid-19 : Studi Riset di BSI KC Ahmad Yani Kota Bogor. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, vol. 3, no. 1. http://www.journal.laaroiba.ac.id/index.php/elmal/article/view/393.

Prasetya, R. A. Y., & Herianingrum, S. (2016). Peranan Baitul Maal Wa Tamwil Meningkatkan Usaha Mikro Melalui Pembiayaan Mudharabah. Jurnal Syari’ah, vol. 2, no. 2. https://ojs.unida.ac.id/JSEI/article/view/286.

Prihatini, D. (2020). Pengaruh Adverse Selection, Negative Framing dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Eskalasi Komitmen (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak). Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Tanjungpura Pontianak. Vol. 10, No. 1.

Ramdhansyah. (2013). Pengembangan Model Pendanaan Umkm Berdasarkan Persepsi Umkm. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Vol. 5, No. 1.

Ramdhansyah.(2013). Pengembangan Model Pendanaan Umkm Berdasarkan Persepsi Umkm. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Vol. 5, No. 1.

Riawan., & Kusnawan, W. (2018). Pengaruh Modal Sendiri dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) terhadap Pendapatan Usaha (Studi Pada UMKM di Desa Platihan Kidul Kec. Siman). Jurnal Akuntansi dan Pajak, vol. 9, no. 7. http://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jap/article/view/158/pdf.

Saragih, I. P., & Nasution, S. H. (2014). Analisis Pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Pendapatan Pengusaha UMKM Kabupaten Toba Samosir (Studi Kasus: PT. Bank Sumut Cabang Balige). Jurnal Ekonomi dan Keuangan, vol. 3, no. 6. https://www.neliti.com/publications/14854/nalisis-pengaruh-modal-sendiri-dan-modal-pinjaman-kredit-usaha-rakyat-kur-terhad.

Wahyuningsih, S. (2009). Peranan UMKM dalam Perekonomian Indonesia. Vol. 5, No. 1.

Wiryanto, W. (2012). Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah di Kota Banjarbaru Dalam Rangka Millenium Development Goals. Makalah (sub Tema MDGS dan Pemberdayaan SME) dalam rangka Seminar Nasional Demokrasi dan Masyarakat Madani. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik




DOI: https://doi.org/10.21107/bep.v4i1.20035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Buletin Ekonomika Pembangunan  © 2019 - Journal of Economic & Development Studies | Development Economics Program - Faculty of Economics and Bussiness, Trunojoyo University
   DESKRIPSI GAMBAR