Potensi Pengembangan Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat (Studi Objek: Wisata Pantai Biru Desa Telaga Biru Kecamatan Tanjung Bumi)

Khoirun Nisya, Zakik Zakik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah wisata Pantai Biru sudah termasuk dalam kriteria wisata halal dan untuk mengetahui dampak dari adanya Wisata Pantai Biru terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Telaga Biru, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan dengan metode peneltian kualitatif. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim tertinggi di dunia. Hal tersebut menjadikan Indonesia mengembangkan konsep wisata halal. Dalam mempersiapkan wisata halal di Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata menunjuk beberapa provinsi sebagai destinasi wisata halal. Salah satunya adalah Jawa Timur. Pulau Madura terletak di sebelah timur laut Jawa Timur memiliki potensi besar dalam pengembangan objek wisata. Salah satu wisata  yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah Wisata Pantai Biru. Pantai Biru memiliki konsep wisata halal walaupun belum memiliki sertifikasi wisata halal secara resmi. Sebagian besar wisata tersebut telah memenuhi kriteria wisata halal. Dampak dari adanya wisata Pantai Biru diantaranya adalah membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat Desa Telaga Biru, serta pada setiap keluarga di desa tersebut berhak mendapatkan sembako setiap bulannya, selain itu anak-anak berprestasi di sekolah Madrasah juga mendapatkan tunjangan pendidikan berupa sejumlah uang, serta mengurangi pengangguran yang ada di Desa Telaga Biru.

 

Kata Kunci : wisata halal, pantai, ekonomi, masyarakat.

References


Adinugraha, Hendri Hermawan, Mila Sartika, and Ana Kadarningsih. 2018. “Desa Wisata Halal : Konsep Dan Implementasinya Di Indonesia.” Human Falah 5(1):29–48.

Anon. 2020. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Indonesia.

Arida, Agustina, Zakiah, and Julaini. 2015. “Analisis Permintaan Dan Penawaran Tenaga Kerja Pada Sektor Pertanian Di Provinsi Aceh.” Agrisep 16(1):66–78.

Basuki, Agus Tri, and Adilah Awanis. 2014. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Industri Kecil Di Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2009-2014.” Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Budiawan, Amin. 2012. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil Pengolahan Ikan Di Kabupaten Demak.” Universitas Negeri Semarang.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikatif, Ekonomi,Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Edisi Kedu. Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP.

Dumairy. 1996. Perekonomian Indonesia. edited by Y. Sumiharti. Yogyakarta: Erlangga.

Fatwa Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia nomor 108/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah.

Gustina, Yenida, and Novadilastri. 2019. “Potensi Wisata Halal Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.” Jurnal Ilmiah Poli Bisnis 11(2):121–32.

Nasik, Khoirun. 2019. “Membaca Hambatan Implementasi Pariwisata Halal Bangkalan.” Dinar: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam 6(2):11–21.

Prasetiyo, Yoko, and Ane Permatasari. 2020. “Kelayakan Upah Minimum Provinsi (UMP) Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidup Layak Pekerja Tahun 2019 Yoko Prasetiyo 1 , Ane Permatasari 2 1.” Jurnal Pemerintahan Dan Kebijakan 2(1):41–52. doi: https://doi.org/10.18196/jpk.v2i1.12545.

Rahardjo, Mudjia. 2010. “Jenis Dan Metode Penelitian Kualitatif.” GEMA. Retrieved May 22, 2022 (https://www.uin-malang.ac.id/r/100601/jenis-dan-metode-penelitian-kualitatif.html#:~:text=Setidaknya ada delapan jenis penelitian,studi sejarah (historical research).).

Samsuduha. 2020. “Wisata Halal Sebagai Implementasi Konsep Ekonomi Syariah.” Journal of Islamic Law 1:20–30.

Saputri, Inten Eqa. 2020. “Analisis Potensi Pengembangan Wisata Halal Sebagai Lapangan Kerja Baru Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat (Studi Objek Wisata Pantai Seruni Bantaeng).” Universitas Muhammadiyah Makassar.

Saroji, Romi Putra. 2018. “Dampak Industri Pariwisata Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam ( Studi Pada Hotel , Biro Perjalanan Wisata , Kuliner Dan Objek Wisata Kabupaten Lombok Barat ).” Al-Tijary 4(1):61–70.

Suparmoko, M. 2011. Teori Ekonomi Mikro. Edisi pert. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Sutono, Anang, R. Wisnu Rahtomo, Sumaryadi, Hafizuddin Ahmad, Bagus Moeshari, Rizanto Binol, and Faisal Fahdian Puksi. 2019. Panduan Penyelenggaraan Pariwisata Halal. Jakarta: Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata.

Yuliani. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Tenaga Kerja Di Kota Samarinda.” Journal of Chemical Information and Modeling 12(3):135–48.




DOI: https://doi.org/10.21107/bep.v3i1.18508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Buletin Ekonomika Pembangunan  © 2019 - Journal of Economic & Development Studies | Development Economics Program - Faculty of Economics and Bussiness, Trunojoyo University
   DESKRIPSI GAMBAR