Analisis Pengambilan Keputusan Dalam Produksi Ikan Asap (Studi Fenomenologi Pada Pelaku Usaha Perempuan Di Desa Dermolo, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah)

Fransiska Mawardani, Bondan Satriawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami pola pengambilan keputusan dalam produksi ikan asap yang dilakukan oleh pengusaha perempuan di Desa Dermolo yang merupakan penghasil ikan asap terbesar di Kabupaten Jepara. Produksi ikan asap juga merupakan salah satu ciri kegiatan ekonomi utama Desa Dermolo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi yang merupakan bagian dari metode penelitian kualitatif. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, lokasi penelitian ini berada di Desa Dermolo, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara. Dalam studi ini, teknik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan validasi data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keputusan perempuan pengusaha dalam memproduksi ikan asap sepenuhnya merupakan pilihan independen perempuan pengusaha. Hal ini karena dalam produksi ikan asap para perempuan pengusaha tersebut memiliki kedudukan sebagai pemilik usaha dan bebas menentukan segala keputusan yang berkaitan dengan produksi tersebut. Para pengusaha perempuan juga memutuskan untuk menggunakan teknik pemasaran tradisional, yaitu pemasaran dari mulut ke mulut dan dipasarkan oleh pedagang sayur keliling desa.

 

Kata Kunci : Pengambilan Keputusan, Pengusaha Perempuan, Produksi, Ikan Asap, Fenomonologi, Desa Dermolo.

References


Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Koontz, Harold., O Donnel, Cyril. 2013. Manajemen Dasar. Edisi Revisi, Cetakan Ke Tujuh.

Bumi Aksara, Jakarta.

Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nilakusmawati, D., & Susilawati, M. (2012). STUDI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WANITA BEKERJA DI KOTA DENPASAR. PIRAMIDA, . Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/piramida/article/view/6986

Permata, R. R., & Ramli, T. S. (2019). Pentingnya Merek Bagi Pelaku Usaha Mikro , Kecil dan Menengah Di Jawa Barat. 10(April), 34–39.

Pristiana U, Kusumaningtyas A, Mujannah S. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan wanita berwirausaha di Kota Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis. Vol.12 No.1. 2012.

Puspitawati, H. (2012). Gender dan keluarga: konsep dan realita di Indonesia. PT IPB Press.

Putri. Pratiwi. 2018. Penerapan Siap Dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa Secara Elektronik Untuk Mewujudkan Good Governance Di Pemerintah Kabupaten Buleleng. Jurnal Ilmiah Akutansi dan Humanika. Vol.8. No. 3.

Seputra, Y. A., & Sutrisno, D. J. (2016). Pengantar Ekonomi Mikro. Ekuilibria.

Robbins, S.P. and Coulter, M. (2002) Management. 7th Edition, Prentice Hall, New Jersey.




DOI: https://doi.org/10.21107/bep.v3i1.18506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Buletin Ekonomika Pembangunan  © 2019 - Journal of Economic & Development Studies | Development Economics Program - Faculty of Economics and Bussiness, Trunojoyo University
   DESKRIPSI GAMBAR