Perencanaan Penguatan Usaha Mikro Batik Di Desa Tanjung Bumi Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan

Cahya Dewi, Eni Sri Rahayuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyusun perencanaan penguatan usaha mikro batik di desa tanjung bumi kecamatan tanjung bumi kabupaten bangkalan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.  Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats). Hasil penelitian menunjunkan bahwa kondisi usaha mikro batik di Kecamatan Tanjung Bumi mempunyai 6 aspek kekuatan, 6 aspek kelemahan, 6 aspek peluang, 7 aspek kelemahan. Terdapat beberapa strategi yang relevan dengan kondisi sekarang. Adapun alternatif strategi yang dapat digunakan untuk menyusun Perencanaan Penguatan Usaha Mikro Batik di Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan selama pandemi antara lain Memanfaatkan pasar sebagai tempat distribusi, promosi batik secara langsung, Memanfaatkan media sosial (whatsapp, instagram, facebook, twitter) untuk memasarkan batik secara online, Memanfaatkan dukungan pemerintah dalam bentuk pelatihan pemasaran online secara rutin, Pengrajin berpartisipasi dalam pameran untuk mempromosikan batik dengan tujuan meningkatkan penjualan dan memperluas pangsa pasar, Memanfaatkan dukungan pemerintah dalam bentuk pelatihan untuk mengembangkan SDM pembatik, Menjalin kerjasama antara pengusaha batik dengan supplier bahan baku pembuatan batik untuk memperoleh bahan baku yang berkualitas dan mengantisipasi kenaikan bahan baku, Memanfaatkan dukungan pemerintah dalam bentuk pelatihan untuk memahami pembuatan pembukuan agar dapat mengelola keuangan dengan baik.

 

Kata Kunci: Perencanaan, Usaha Mikro Batik, Analisis SWOT

References


Alyas. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus Pada Usaha Roti Maros Di Kabupaten Maros). Sosiohumaniora, 19(2), 114–120.

Djauhari, S. A. D. P., Natadjaja, L., & Febriani, R. (2019). Perancangan Kemasan Produk Batik Lokal Tanjung Bumi Toko Merdeka Marlena Dan Promosinya. Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Dan Desain.

Elvin, Kalista, E., & Dkk. (2019). Penggunaan Digital Marketing Sosial Media Pada Batik SR Batam.

Erliyana. (2021). Analisis Pengelolaan Keuangan Pada Usaha Batik Al- Hadad Jambi Seberang Kecamatan Pelayangan Kota Jambi.

Fadiah, H., Setiawan, Muhamad Rivandi, & Setiawan, I. (2021). Peran Pemeritah Desa Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Pelaku Usaha Rumahan Melalui Pemanfaatan Media Sosial Didesa Manjalling Kecamatan Bajeng Barat, Kabupaten Gowa. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintah, Vol.3, No., 63–77.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. Https://Doi.Org/10.21831/Hum.V21i1.38075

Faisal, F. A. (2020). Analisis Biaya Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Produk Liquid Hero 57 Study Kasus Pada Cv. Cloud Heaven Makassar.

Faradisa, A. (2021). Strategi Pengembangan Umkm Batik Tulis (Kasus, Studi Batik, Kampung Kecamatan, Kemplong Kabupaten, Wiradesa).

Fikri, M. F. (2018). Analisis Jaringan Perdagangan Batik Di Pasar Klewer. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Firdaus, R. (2021). Strategi Bertahan Dan Promosi UMKM Dimasa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pada Batik Melayu Pinang Sirih Kota Pangkalpinang). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen.

Hidayat, A. (2013). Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor – Faktor Produksi Pada Usaha Kecil Dan Menengah Batik Di Kelurahan Kauman.

Indriyatni, L. (2013). Analisis Faktor Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro Dan Kecil. 5(1), 54–70.

Khoiroh, S. M. (2017). Optimalisasi Pengembangan Kampung Industri Batik Tulis Daerah Berdasarkan Mapping Value Chain. 8–9.

Kurniasih, R. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Produk Batik Tulis Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi (JEBA), Vol 20.

Kurniawan, K. R. (2014). Nalisis Strategi Pemasaran Batik Al-Warits Bangkalan Madura. Manajemen.

Kurniawan, T. Agus. (2005). Evaluasi Persediaan Bahan Baku Kain Sutera Tipe 58 (Pada PT. Batik Hadi Surakarta). Sebelas Maret Surakarta.

Kusnadi, Y. Dan M. (2016). Pengaruh Keterimaan Aplikasi Pendaftaran Online Terhadap Jumlah Pendaftar Di Sekolah Dasar Negeri Jakarta. Jurnal Paradigma, XVIII(2), 89–101.

Https://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Paradigma/Article/Download/1183/96

Majir, A. (2021). Pendidikan Kewirausahaan Teori Dan Praktik. CV Budi Utama.

Merauje, D. (2017). Mengembangkan Ekonomi Lokal (N. D. Retnandari (Ed.)). Pustaka Pelajar.

Miati, I. (2020). Kualitas Produk Pada Industri Batik Gendhies Kota Banjar Product Quality In Batik Gendhies Industry In Banjar City. Jurnal Penelitian Ilmu Administrasi Niaga.

Murdiyanto, D. E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya.

Http://Www.Academia.Edu/Download/35360663/Metode_Penelitian_Kualitaif.Docx

Muslim. (2016). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, Dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Wahana, 1(10), 77–85. Https://Journal.Unpak.Ac.Id/Index.Php/Wahana/Article/View/654

Najmisalam, M. Kaffin, Prananingtyas, P., & Mahmudah, S. (2016). Analisis Hukum Bentuk Kerjasama Pengusaha Batik Dikota Pekalongan. Diponegoro Law Journal, Volume 5, 1–11.

Nurhakiki, R. (2021). Analisis Pendapatan Pengrajin Batik Dua Serangkai Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Dimasa Covid-19 Didesa Mendalo Barat.

Oktavian, Mochamad Lucky, & Widodo. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pelatihan Membatik Membatik Dalam Menunjung Pendapatan Keluarga Didesa Kludan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, Volume 4, 92–101.

P.Silitonga, F. M. R. (2017). Strategi Pengembangan Umkm Batik Tulis (Studi Kasus Batik Tulis Di Desa Gulurejo Dan Desa Ngentakrejo Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo. Вестник Росздравнадзора, 6, 5–9.

Pangestu, N., & Susanto, E. H. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Mempromosikan Batik Tulis (Studi Kasus Akun Instagram @Batik Tusta). Prologia, Vol.`3, No, Hal 401-407.

Prambudy, D. E. N. (2012). Kajian Batik Tulis Surakarta Di Rumah Industri “ Retno Mulyo ” Bayat Klaten.

Prasetyo, S. A. (2016). Karakteristik Motif Batik Kendal Interpretasi Dari Wilayah Dan Letak Geografis. Jurnal Imajinasi, 10(1), 51–60. Https://Doi.Org/10.15294/Imajinasi.V10i1.8816

Qomarudin. (2011). Analisis Efisiensi Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Batik Di Desa Kauman Kota Pekalongan Dengan Metode Envelompent Analysis (DEA). 76.

Rangkuti, F. (2006). Analisvs SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Jakarta.

Risfan Munir, B. F. (2007). Pengembangan Ekonomi Lokal Partisipatif: Masalah, Kebijakan Dan Panduan Pelaksanaan Kegiatan. Local Governance Support Program(LGSP).

Rosyada, M., & Wigiawati, A. (2020). Strategi Survival Umkm Batik Tulis Pekalongan Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada “Batik Pesisir” Pekalongan). 4, 189–214.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. CV Budi Utama.

Santika, I Dewa Agung. Kartika, I. N. (2017). Pengaruh Modal , Tenaga Kerja , Dan Bahan Baku Terhadap Pendapatan Usaha Kerajinan Industri Kreatif Pengrajin. Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 1431–1458.

Sari, C. T. (2017). Pentingnya Pembukuan Sederhana Bagi Kelompok UMKM KUB Murakabi Desa Ngargoyoso. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 1, No, 17–21.

Sari, I. P., Wulandari, S., & Maya, S. (2018). Hki Pada Batik Tulis Indonesia (Studi Kasus Batik Tulis Tanjung Bumi, Madura). Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 145–158. Https://Doi.Org/10.26740/Jepk.V6n2.P145-158

Sari, R. N., & Alwiyah. (2020). No Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Batik Di Kabupaten Sumenep. Akuntansi, Volume 1,.

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53, Issue 9). Http://Repository.Iainponorogo.Ac.Id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.Pdf

Subekti, D. W., Syakir, & Mujiyono. (2019). Pengembangan Desain Motif Batik Semarang Pada Unit Usaha Batik Figa Semarang. Jornal Of Arts Education.

Sugiyono, P. D. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Suharwati, S. I. (2019). Pengembangan Industri Batik Tulis Sebagai Potensi Daerah ( Studi Kasus Di Desa Klampar Kabupaten Pamekasan). 13–21. Https://Doi.Org/10.18860/Jpips.V6i1.7822

Sukirno, S. (2013). Mikroekonomi Teori Pengantar. PT Raja Grafindo Persada.

Suliyanto, S., Novandari, W., & Setyawati, S. M. (2016). Efektifitas Pelatihan Partisipatori Industri Kreatif Batik Tulis. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(1), 139. Https://Doi.Org/10.24914/Jeb.V19i1.484

Susanti, E. A., Hanafi, I., & Adiono, R. (2013). Pengembangan Ekonomi Lokal Dalam Sektor Pertanian (Studi Pada Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(4), 31–40.

Susanto, H. A. (2015). Tingkat Efisiensi Produksi Dan Pendapatan Usaha Kecil (Studi Pengolahan Ikan Asin Di Kota Pekalongan). University Press.

Tamamudin. (2015). Promosi Industri Batik Pekalongan (Penerapan, Kemudahan, Dan Hambatan). Jurnal Hukum Islam, Volume 13, Hal 99-107.

Tamtomo, H., & Sandria, W. (2021). Kajian Peningkatan Sumber Daya Manusia Bidang Pemasaran Batik Jambi (Studi Kasus: Pengrajin Batik Jambi CV. Kreasi Batik Asmah). Manajemen Dan Sains.

Wanty, E. E. (2006). Analisis Produksi Batik Cap Dari UKM Batik Kota Pekalongan (Studi Pada Sentra Batik Kota Pekalongan-Jawa Tengah).




DOI: https://doi.org/10.21107/bep.v3i2.18400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Buletin Ekonomika Pembangunan  © 2019 - Journal of Economic & Development Studies | Development Economics Program - Faculty of Economics and Bussiness, Trunojoyo University
   DESKRIPSI GAMBAR