Struktur, Perilaku, Kinerja Pasar Industri Pengrajin Keris (Studi Kasus Desa Aeng Tong Tong Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep)

Luky Nurfadhilah, Eni Sri Rahayuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur pasar pada usaha pengrajin keris di Desa Aeng Tong Tong Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data. Dan penarikan kesimpulan. Teknik yang digunakan untuk teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci yaitu pengrajin keris di Desa Aeng Tong Tong dan informan pendukung yaitu pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa industri pengrajin keris di Desa Aeng Tong Tong mendekati struktur pasar persaingan monopolistik. Hal tersebut didukung dengan karakteristik yang ada pada industri pengrajin keris yaitu pasar terdapat banyak produsen yang menghasilkan produk sejenis yaitu keris, perusahaan dapat mempengaruhi harga, sifat dari produk  yang dijual berbeda corak, perusahaan relatif mudah untuk keluar masuk pasar, pembeli mempunyai pemahaman yang kurang sempurna terhadap produk yang ada di pasar, promosi yang penting perlu di lakukan oleh pengrajin keris di Desa Aeng Tong Tong agar dapat menarik minat konsumen. Perilaku pasar di industri pengrajin keris terkait dengan strategi promosi atau iklan dengan cara promosi memberikan diskon, iklan dari mulut ke mulut serta media sosial, sedangkan strategi harga menggunakan metode cost plus princing. Kinerja pasar di industri pengrajin keris cukup baik terlihat dari penggunaan teknologi dalam proses produksi.

Kata Kunci: Stuktur Pasar, Industri, Pengrajin Keris.


Full Text:

PDF

References


Profil Desa Aeng Tong Tong Tahun 2018.

, Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 Tentang Perindustrian.

Abdurachmat, I dan Maryani E. 1997. Geografi Ekonomi. Bandung: Jurusan Pendidikan Geografi FPIPS IKIP Bandung.

Amaliawiati, Lia., & Asfia Murni. 2012. Ekonomika Mikro. Edisi Revisi. Bandung: PT Refika Aditama.

Arsyad, Lincolin., & Kusuma, S.E. 2014. Ekonomika Industri: Pendekatan

Struktur, Perilaku dan Kinerja. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Bogdan, Robert dan Steven Taylor. 1992. Pengantar Metode Kualitatif.

Surabaya: Usaha Nasional.

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Group. Meutia, Diah. 2016. Analisis Struktur Pasar Industri Pengolahan Aspal di Sukawesi Tenggara. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Naylah, Maal. 2010. Pengaruh Struktur Pasar Terhadap Kinerja Industri Perbankan Indonesia. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Oktarini, Septi. 2017. Struktur dan Perilaku Pasar Industri Kuliner Kategori Warung Makan di Kelurahan Kampung Baru Unila Kota Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukirno, Sadono. 2006. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukirno, Sadono. 2013. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Jakarta:

Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Buletin Ekonomika Pembangunan  © 2019 - Journal of Economic & Development Studies | Development Economics Program - Faculty of Economics and Bussiness, Trunojoyo University
   DESKRIPSI GAMBAR