Analisis Pengaruh Biaya Transaksi Terhadap Keuntungan Industri Bordir Di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan

Aisyah Sukma Wardani, Titov Chuk’s Mayvani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh biaya transaksi berupa atribut perilaku dari aktor, struktur tata kelola, atribut transaksi, dan biaya produksi terhadap keuntungan industri bordir di Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini mengambil data dari 30 responden yang menjadi pelaku usaha bordir di Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui wawancara langsung kepada responden yaitu para pelaku usaha bordir di Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan dengan metode simple random sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 30 responden dengan menggunakan metode deep interview pada setiap kegiatan wawancara dengan pelaku usaha. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi variabel Atribut perilaku dari aktor, struktur tata kelola, atribut transaksi, dan variabel biaya produksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X1 (atribut perilaku aktor) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keuntungan usaha bordir. Variabel X2 (struktur tata kelola) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keuntungan usaha bordir. Variabel X3 (biaya resiko) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keuntungan industri bordir. Variabel X4 (biaya pelaksanaan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keuntungan industri bordir.

Kata Kunci: usaha bordir, biaya transaksi, keuntungan usaha.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik (BPS) Kecamatan Bangil Dalam Angka Tahun 2020. Determinan, O. D. A. N., & Transaksi, B. (n.d.). Urgensi Biaya Transaksi dalam

Desain Kelembagaan.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasuruan Tahun 2019. (Determinan & Transaksi, n.d.; Ekonomi & Surabaya, 2007; Iii, Umum, &

Penelitian, n.d.; No Title, n.d., No Title, 2011)

Dwimahendrawan, Andiras. 2013. Biaya Transaksi Pada Proses Pembelian Bahan Baku Industri Batik Di Kabupaten Bangkalan. Tesis. Universitas Jember.

Ekonomi, F., & Surabaya, K. K. (2007). Analisa Pengaruh Industri Kecil Bordir Terhadap Kabupaten Pasuruan Kuswati Dan Hendry Cahyono. 1–17.

(Determinan & Transaksi, n.d.; Ekonomi & Surabaya, 2007; Iii, Umum, & Penelitian, n.d.; No Title, n.d., No Title, 2011)

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro Semarang.

Hardiyanti, Sultan & Dwi Rachmina. 2015. Pengaruh Biaya Transaksi Terhadap Keuntungan Usaha Tani Kedelai Di Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Institut Pertanian Bogor.

Rejekiningsih, Tri Wahyu. 2004. Mengukur Besarnya Peranan Industri Kecil dalam Perekonomian di Propinsi Jawa Tengah (online) Vol. 1, No 2, 2013. Setiawan, Ahmad Hendra. 2010. Analisis penyerapan tenaga kerja pada sektor usaha kecil dan menengah (UKM) di kota Semarang (online) Vol. 3, No1, 2013.

Suerna. 2012. Analisis penyerapan Tenaga Kerja pada Industri Kecil di Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan (Studi Kasus Industri Kecil pengolahan Kapur).

Sukwika, Tatan. 2018. Analisis Aktor Dalam Perumusan Model Kelembagaan Pengembangan Hutan Rakyat Di Kabupaten Bogor. Journal Of Regional And Rural Development Planning.

Yustika, Ahmad Erani. 2012. Ekonomi Kelembagaan : Paradigma, Teori, dan Kebijakan. Jakarta. Erlangga

Assyifa, N. (2019). Analisis Biaya Transaksi Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Kopi Roastery (Studi pada UMKM Kopi Roastery di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2).

Dwimahendrawan, A. (2013). Biaya Transaksi pada Proses Pembelian Bahan Baku Industri Batik di Kabupaten Bangkalan.

Yasin, M. Z., & Yanuarisma, I. (2016). Sinergi industri dan UMKM berbasis kelembagaan dalam meningkatkan daya saing industri nasional: Skema implementasi dan transmisi. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 1(2), 2085-461.

Maryati, R., Harahap, A., & Taryono, T. (2015). Analisis Produksi Industri Furniture Dari Kayu Di Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Yustika, A. Erani, 2013. Ekonomi Kelembagaan: paradigma, teori, dan kelembagaan. Erlangga, Jakarta

https://prasetya.ub.ac.id/berita/Ahmad-Erani-Yustika-Ekonomi-Kelembagaan- 7608-id.html

https://docplayer.info/29867820-Bab-iii-landasan-teori-kuesioner-wawancara- tidak-akan-teratur-bagian-pengolahan-data-menggunakan.html

Ubaidillah, A., Mulyani, S., & Effendi, D. E. (2015). Makna Keuntungan Bagi Pedagang Kaki Lima (Studi pada Pedagang Kaki Lima di Bangsri Jepara). Journal of Accounting and Investment,14(1), 65-77

http://sappilpil.blogspot.com/2015/12/transaction-cost.html. https://feb.ugm.ac.id/id/penelitian/artikel-dosen/829-mengenal-lebih-dekat-teori-

ekonomi-kelembagaan-baru-new-institutional-economic

Zamrowi, M Taufik. 2007. Analisis Penyerapan Tenaga Kerja pada Industri Kecil (Studi di Industri Kecil Mebel di Kota Semarang). Tesis yang dipublikasikan. Semarang: UNDIP Semarang. 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Buletin Ekonomika Pembangunan  © 2019 - Journal of Economic & Development Studies | Development Economics Program - Faculty of Economics and Bussiness, Trunojoyo University
   DESKRIPSI GAMBAR