EKSTERNALITAS KEGIATAN PRODUKSI COKLAT DI KECAMATAN MANYAR

Moch Faisal Azmi, Bondan Satriawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui eksternalitas yang dirasakan masyarakat Kecamatan Manyar akibat kegiatan produksi coklat dalam eksternalitas produksi coklat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa studi kasus dan life history dari berbagai informan. Hasil analisis menunjukkan bahwa eksternalitas positif yang dirasakan masyarakat yaitu adanya penyerapan tenaga kerja, perbaikan infrastruktur dan bantuan sosial untuk masyarakat yang terdampak sedangkan eksternalitas negatif yang dirasakan masyarakat diantaranya bau limbah pabrik, polusi udara, dan dampak bagi kesehatan masyarakat. Serta peran PT. Jebe Koko dalam melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR) dan menciptakan mekanisme dalam penyelesaian pengaduan masyarakat sehingga hubungan sosial antara perusahaan dengan masyarakat bisa terjalin.
Kata Kunci: Eksternalitas, Produksi, CSR, Corporate


References


Alam, Syamsul. (2017). Analisis Komparatif Dampak Eksternalitas Positif danNegatif pada PT. Semen Tonasa. Skripsi. Fakultas Ekonomi UniversitasHasanuddin.

Familoni,K.A.(2004).TheRoleOfEconomicandSocialInfrastructureinEconomicDevelopment:A GlobalView.

Hyman, D.N. (1999). Public Finance: A Contemporary Application of Theory toPolicy.sixth edition.NewYork:PenerbitTheDrisden Press.

Irawan,M. Suparmoko. (2002). EkonomikaPembagunan. Edisi keenam.

Yogyakarta:BPFE.Halaman33.

Jaya,Askar.(2004).KonsepPembangunanBerkelanjutan(SustainableDevelopment).PengantarFalsafahSainsIPB.Halaman 1-2.

Poerwandari, E. Kristi. (2009). Pendekatan Kualitatif. Cetakan Ketiga.

Depok:LembagaPengembanganSaranaPengukurandanPendidikanPsikologiFakultas Psikologi UI.

Prasetya, Ferry. (2012). Bagian V: Teori Eksternalitas. Ilmu Ekonomi FakultasEkonomidan BisnisUniversitasBrawijaya.Halaman 6-11.

Sastrawijaya,Tresna.(2009).PencemaranLingkungan.PenerbitPT.RinekaCipta,Jakarta.Halaman188.

Wadhikh, M. Khusnul. (2019). Analisa Postur Kerja Operator Rework denganMetode Pendekatan Owas dan Rula di PT. Jebe Koko Indonesia. Gresik:Universitas Muhammadiyah Gresik.Halaman1-6.




DOI: https://doi.org/10.21107/bep.v2i1.13850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Buletin Ekonomika Pembangunan  © 2019 - Journal of Economic & Development Studies | Development Economics Program - Faculty of Economics and Bussiness, Trunojoyo University
   DESKRIPSI GAMBAR