ANALISIS PENGARUH SUKU BUNGA, JUMLAH UANG BEREDAR DAN NILAI TUKAR TERHADAP INFLASI DI INDONESIA PERIODE 2011-2019

Elisa Kartika Chandra, Diah Wahyuningsih

Abstract


Inflasi merupakan salah satu efek dari krisis ekonomi yang melanda suatu negara. Inflasi merupakan kenaikan harga yang terjadi secara terus menerus selama periode waktu tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh suku bunga, jumlah uang beredar dan nilai tukar terhadap inflasi di Indonesia periode 2011-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data bulanan. Metode yang digunakan adalah regresi linier berganda, Ordinary Least Square (OLS). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa suku bunga berpengaruh positif dan signifikan terhadap inflasi, jumlah uang beredar berpengaruh negatif dan signifikan tehadap inflasi, sementara nilai tukar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inflasi di Indonesia. Peningkatan jumlah uang beredar seharusnya sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat dan disesuaikan dengan sasaran inflasi dari Bank Indonesia. Inflasi dapat ditekan dengan tingkat suku bunga yang tinggi sehingga masyarakat akan lebih cenderung menyimpan uangnya di bank.
Kata kunci : suku bunga, jumlah uang beredar, nilai tukar, inflasi.


References


Bank Indonesia. (2020, Juni). Data Inflasi. Diambil kembali dari Bank Indonesia: https://www.bi.go.id/id/moneter/inflasi/data/Default.aspx

Bank Indonesia. (2020, Juni). Penjelasan BI 7-Day Repo Rate. Diambil kembali dari Bank Indonesia: https://www.bi.go.id/id/moneter/bi-7day-RR/penjelasan/Contents/Default.aspx

Boediono. (1994). Ekonomi Makro. Dalam Pengantar Ilmu Ekonomi No.2, Edisi ke-4. Yogyakarta: BPFE.

Gujarati, Damodar. (1995). Basic Econometrics, Fourth Edition.

Hudaya, A. (2011). Analisis Kurs, Jumlah Uang Beredar Dan Suku Bunga SBI Terhadap Inflasi Di Indonesia Periode 2001-2010. Skripsi.

International Monetary Fund. (2020, Mei). Exchange Rate incl. Effective Ex. Rates. Diambil kembali dari International Monetary Fund: https://data.imf.org/regular.aspx?key=61545850

International Monetary Fund. (2020, Juni). Survey Based on Standardized Report Forms (SRFs) by Country. Diambil kembali dari International Monetary Fund: https://data.imf.org/regular.aspx?key=61545858

Kurniasari, D. R. (2011). Analisis Pengaruh Investasi, Inflasi, Nilai Tukar Rupiah Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Skripsi.

Langi, Theodores Manuela, Vecky Masinambow, Hanly Siwu. (2014). Analisis Pengaruh Suku Bunga BI, Jumlah Uang Beredar dan Tingkat Kurs Terhadap Tingkat Inflasi di Indonesia. Jurnla Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 14 No.2.

Larasati, D. M., & Amri. (2017). Pengaruh Tingkat Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia Dan Nilai Tukar Terhadap Inflasi Di Indonesia. Jurnla Ilmiah Mahasiswa.

Mahendra, A. (2016). Analisis Pengaruh Jumlah Uang Beredar, Suku Bunga SBI Dan Nilai Tukar Terhadap Inflasi Di Indonesia. JRAK-Vol.2 No.1.

Mankiw, N. Gregory. (2006). Makro Ekonomi Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Manurung, Rahardja. (2004). Uang, Perbankan, dan Ekonomi Moneter. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Mishkin, Frederic. S. (2008). Ekonomi Uang, Perbankan dan Pasar Keuangan, Edisi delapan Columbia University. Jakarta: Salemba Empat.

Nanga, Muana. (2001). Makro ekonomi Teori, Masalah, dan Kebijakan Edisi Perdana. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Perlambang, H. (2010). Analisis Pengaruh Jumlah Uang Beredar, Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia Dan Suku Bunga Kredit Investasi Terhadap Inflasi Di Indonesia. Media Ekonomi.

Pohan Aulia. (2008). Kerangka Kebijakan Moneter dan Implementasinya di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafika Persada.

Putri, Veny K. (2017). Analisis Pengaruh Jumlah Uang Beredar, Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia Dan Suku Bunga Kredit Investasi Terhadap Inflasi Di Indonesia. JOM Fekon.

Suhesti Ningsih, LMS Kristiyanti. (2018). Analisis Pengaruh Jumlah Uang Beredar, Suku Bunga, dan Nilai Tukar Terhadap Inflasi Di Indonesia Periode 2014-2016. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Vol. 20, No.2.

Yodiatmaja, B. (2012). Hubungan Antara BI Rate dan Inflasi Pendekatan Kausalitas Toda-Yamamoto. Journal of Economics and Policy, 117-229.




DOI: https://doi.org/10.21107/bep.v2i1.13848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Buletin Ekonomika Pembangunan  © 2019 - Journal of Economic & Development Studies | Development Economics Program - Faculty of Economics and Bussiness, Trunojoyo University
   DESKRIPSI GAMBAR