ANALISIS KOMPARASI STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM MEBEL SKALA MIKRO DENGAN SKALA KECIL/MENENGAH (STUDI KASUS PADA UMKM MEBEL DI DESA WRINGINPITU, KECAMATAN MOJOWARNO, KABUPATEN JOMBANG)

Fita Yatimatul Khoiroh, Kurniyati Indahsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi strategi pengembangan usaha mebel skala mikro dengan skala kecil/menengah di Desa Wringinpitu, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan analisis pengelompokkan strategi teridentifikasi sesuai dengan konsep pada analisis SWOT dan analisis Komparatif untuk mengkomparasikan strategi. Data yang digunakan berupa data primer hasil wawancara dan dokumentasi terhadap 10 pelaku usaha mebel skala mikro dan 10 pelaku usaha mebel skala kecil/menengah yang dipilih secara purposive. Uji validitas data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan strategi antara pengusaha mebel skala mikro dengan skala kecil/menengah. Strategi pengembangan yang dilakukan oleh pengusaha mebel skala mikro cenderung pada strategi bertahan yaitu meminimalkan kelemahan untuk mencegah ancaman yang dilakukan dengan mengembangkan mebel secara mandiri tanpa mengharap bantuan dari pemerintah setempat. Sementara itu, strategi pengembangan yang dilakukan oleh pengusaha skala kecil/menengah cenderung pada strategi meminimalkan kelemahan untuk memanfaatkan peluang dengan melakukan pinjaman ke Bank ketika terjadi keterbatasan modal dalam proses produksi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21107/bep.v1i1.11560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Buletin Ekonomika Pembangunan  © 2019 - Journal of Economic & Development Studies | Development Economics Program - Faculty of Economics and Bussiness, Trunojoyo University
   DESKRIPSI GAMBAR