PENGARUH BAURAN PEMASARAN NIU GREEN TEA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

Anita Yusica BR Sinuraya, Mokh. Rum, Amanatuz Zuhriyah

Abstract


Perusahaan menggunakan bauran pemasaran melalui empat elemen yaitu product, price, place dan promotion untuk merumuskan strategi-strategi pemasaran dalam usahanya mencapai keuntungan yang diinginkan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap pembelian minuman teh Niu Green Tea oleh mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Sampel yang diambil sebanyak 200 responden sesuai pendapat Ferdinand, 2005 bahwa sampel minimal yaitu lima dikali jumlah indikator penelitian. Data didapatkan melalui pembagian kuesioner melalui google form dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dilihat pada nilai koefisien regresi pada persamaan Y=2.147+0.096X1+0.308X2+0.227X3+0.311X4 diketahui bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman teh Niu Green Tea oleh mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura adalah variabel promosi.


Keywords


Bauran pemasaran, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Ayuwardani, Rizky Primadita. 2018. Pengaruh Informasi Keuangan Dan Non Keuangan Terhadap Underpricing Harga Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering (Studi Empiris Perusahaan Go Publik Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Jurnal Nominal (7)1

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. 2018. Statistik Teh Indonesia 2018. Jakarta : Badan Pusat Statistik

Chandra, Gregorius. 2001. Strategi Dan Program Pemasaran. Yogyakarta. ANDI Yogyakarta

Dewi et al. 2017. Peran Promotional Mix Sebagai Variabel Moderasi Orientasi Pelanggan Dan Orientasi Pesaing Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Empiris Pada UKM Rumah Makan Di Kabupaten Sragen). Jurnal Bidang Ilmu Ekonomi 12(2). Dewi, Olivia . Eddy Madiono. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Chang Tea Di Surabaya. Jurnal AGORA 6(2)

Djazari et al. 2013. Pengaruh Sikap Menghindari Risiko Sharing Dan Knowledge Self-Efficacy Terhadap Informal Khowledge Sharing Pada Mahasiswa Fise UNY. Jurnal Nominal 2(2)

Hanif, Inne. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum Pada Mahasiswa UN PGRI Kediri (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen UN PGRI Kediri). SimkiEconomic 2(3)

Haryanto, Aris Tri. Septiana Novita Dewi. 2016. Pengaruh Kepuasan Konsumen Sebagai Mediator Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rumah Makan Pondok Padi Organik Di Sragen). Journal of Economic education 5(2)ISSN 2502-4485

Haslinda. Jamaluddin. 2016. Pengaruh Perencanaan Anggaran Dan Evaluasi Anggaran Terhadap Kinerja Organisasi Dengan Standar Biaya Sebagai Variabel Moderating Pada Pemerintahan Daerah Kabupaten Wajo. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban 2(1)

Helmi, Tedi et al. 2016. Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Izin Trayek Oleh DLLAJ Kabupaten Bogor. Jurnal GOVERNANSI 2(1) ISSN: 24423971

Ihsannudin. 2015. Metode Kuantitatif Bisnis-1. Universitas Trunojoyo Madura. Bangkalan

Manurung, Henry Togar dan A. Mulyo Harianto. 2015. Analisis Pengaruh ROE, EPS, NPM Dan MVA Terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Go Public Sektor Food Dan Beverages Di Bei Tahun 2009-2013). Diponegoro Journal Of Management 4(4)

Mulyadi. 2020. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan [Embelian PT Sinar Pertaman Indah. Jurnal Khazanah Ilmu Berazam 3(2) ISSN 2621-9441

Mutmainnah. 2020. Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Sarana Multigriya Lestari. Jurnal Ilmiah Feasible: Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi 2(1) ISSN: 2656-1964

Oktavita, Riska et al. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survai pada Mahasiswa yang Mengkonsumsi Teh Botol Sosro Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrai Bisnis 3(2)

Pane, Dewi. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro (Studi Kasus Konsumen Alfamart Cabang Ayahanda) . Jurnal Manajemen Tools 9(1)Juni ISSN: 2088-3145

Prabowo et al. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarka Metode Webqual 4.0 Pada Website Hotel 88. Jurnal Sistem Informasi Dan Komunikasi Akuntansi 5(1)

Rahayu, Siti Kurnia et al. 2016. Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young Enterpreneur Academy Indonesia Bandung. Jurnal Riset Akuntansi 8(2) ISSN: 2086-0447

Rahmania, Yulita. Ismiyati. 2018. Pengaruh Efikasi Diri, Komunikasi Interpersonal Guru Dan Media Pembelajaran Terhadap Perilaku Belajar. Economic Education Analysis Journal 7(3)

Sangadji, Suwandi S et al. 2019. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sagu Rasa Pada Gabungan Kelompok Tani Tagafura Di Kelurahan Jaya Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan 13(2) ISSN 1978-2586

Santoso, Singgih. Hardo Caesar. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Beli Minuman Berkarbonasi Big Cola. Jurnal JRMB 8(1)

Sartika, et al. 2013. Analisis Ekuitas Merek Minuman Teh Hijau Dalam Kemasan Siap Minum Nu Green Tea Terhadap Frestea Green Dan Joytea Green Di Kota Bengkulu. AGRISEP 13(1)

Sekartiningsih, Yuni. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Gloo Tea . Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 7(12)

Selang, Christian. 2013. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA 71 1(3)

Suhartanto,Dwi. 2014. Metode Riset Bisnis. Bandung. Alfabeta

Thabit et al. 2018. The Evaluation Mix Elements. Internastional Journal Of Social Sciences & Educational Studies 4(4




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i3.9762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License